Tutorial Vector Aurora Amanda super halus di infinite design android

Tutorial Vector Aurora Amanda

Vector wajah biasanya ada dua jenis yaitu vector yang halus dan vector yang kasar. Dimana yang halus perpaduan shading antara dari gelap sampai terang terlihat sangat menyatu dan tidak terlalu kontras antara shading ke shading lainnya. Sedangkan vector kasar sangat terlihat perpaduan shadingnya, dari shading gelap ke terang terlihat sangat kontras. Vector kasar ini sangat enak dilihat dari jarak jauh, karena akan terlihat estetiknya dibandingkan dengan jarak dekat yang akan terlihat agak acak-acakan, sedangkan vector halus dilihat dari dekat ataupun dari jauh tetap sama saja.

Untuk membuat vector halus dan kasar biasanya tool yang umum digunakan itu berbeda. Untuk yang halus umumnya menggunakan tool Brush pada photoshop, sehingga lebih mudah untuk memadukan shadingnya. Walaupun banyak juga yang menggunakan Gradient dan memaksanya supaya terlihat lebih halus. Menggunakan gradient kita juga bisa membuat vector halus, namun tidak akan semulus dengan menggunakan tool brush pada photoshop.

Sedangkan vector kasar biasanya tidak perlu dibrush ataupun digradient, sehingga vector kasar memaksa kita untuk memadukan setiap letak shading supaya terlihat sangat sesuai. Banyak juga yang menggunakan gradient untuk memberi efffect shading yang sedikit menyatu.

Untuk membuat vector kasar kita bisa menggunakan aplikasi design mana saja karena kebutuhannya tidak terlalu banyak untuk membuatnya. Sedangkan vector halus kita membutuhkan Gradient ataupun tool Brush untuk membuat vector wajah yang super halus. 

Walaupun jika dibandingkan antara gradient dan brush, maka akan lebih bagus brush untuk membuat vector wajah yang super halus.

Namun pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial vector di infinite design lagi. Dimana tutorialnya adalah membuat vector wajah di infinite design yang hasilnya halus seperti menggunakan effect brush di photoshop. 

Bedanya disini saya hanya menggunakan tool gradient untuk membuat shading yang halus.

Dikarenakan disini hanya tutorial shdaing mukanya saja, maka untuk mata, bibir, dan lainnya saya skip. Karena sudah saya buatkan tutorial yang bisa kamu cari di daftar isi.

Untuk membuat vector wajah yang halus, pastikan kamu buat terlebih dahulu warna dasar dari wajahnya seperti berikut ini di layer baru dan simpan paling bawah.

Disini saya menggunakan model artist Aurora Amanda. Untuk mentahannya kamu bisa didownload dibawah ini supaya bisa langsung kamu praktekan dengan mengikuti tutorial ini.

DOWNLOAD

Sedangkan untuk pallet wajah dan lainnya bisa kamu cek diartikel ini.

Tutorial vector Arafah Komika

Setelah membuat warna dasarnya, sekarang kita bisa membuat shading pertamanya dengan menggunakan warna no 4 pada pallet jika dihitung dari yang paling terang. Lalu kita gunakan tool Pen dan Brush Lasso.

Saya akan menjelaskan satu persatu shading yang saya buat supaya kamu dapat lebih cepat dan mudah untuk memahaminya. Silahkan perhatikan gambar dibawah ini...


Diatas adalah 3 shading pertama yang saya buat berdasarkan area yang berbeda-beda. 

Pertama, saya buat shading pertamanya diarea mata kirinya terlebih dahulu dari alis sisi kiri ke bagian hidung tepatnya sampai area hidung yang mancung. Di area mancung hidung ini adalah bagian yang akan saya samarkan sedikit dengan effect gradient nantinya.

Kedua, saya buat dibagian sisi lainnya dan masih sama dari bagian alis sisi kanan ke bagian mancung hidung. Disini kita perlu menyesuaikan bentuknya juga dengan photo aslinya. Dan sama dibagian mancung hidungnya nanti adalah bagian akan kita gradient.

Baca Juga : Cara mengatasi bug, ngelag, dan force close pada aplikasi Infinite Design

Ketiga, saya langsung buat dibagian jidat bagian jidat sebelah kirinya. Kenapa saya membuatnya agak asal-asalan atau tidak mengikuti alur dari photo aslinya? Sehingga terlihat berlebihan terutama bagian shading menuju jidat bagian tengah?

Disini saya menginisiatifkan diri untuk membuat effect brush nantinya dengan menggunakan tool gradient, tepatnya dibagian kanannya adalah bagian yang akan saya samarkan. Sehingga diakhir nanti akan saya benturkan dengan gradient dari shading terang, dan terciptalah effect brush layaknya di photoshop. 

Pada tahap ini jangan dulu kita gradient, kita buat terlebih dahulu semua shading pertamanya.


Keempat, kita buat bagian bawah hidungnya. Dimana disini kita meliputi keseluruhan bagian  bawah hidung. Dan bagian atas shadingnya sengaja saya buat lebih atas karena akan saya samarkan dengan effect gradient nantinya.

Kelima, setelah shading bagian bawah sudah terbuat, maka selesai sudah shading pertama untuk bagian hidung, selanjutnya kita buat shading dari hidung menuju bibir. Pada shading ini saya buat meliputi dari bagian lekukan senyumannya dari atas hidung ke bagian sisi bibir kemudian menuju setengah bagian atas bibir ata tepatnya bagian bawah hidung. Kenapa saya buat menuju setengah bagian atas bibir? Karena bagian ini akan saya samarkan juga dengan menggunakan effect gradient nantinya.

Keenam, kita buat shading pertama untuk bagian sisi bibir lainnya. Kenapa saya buatnya sedikit? Ini dikarenakan ada tiga shading nantinya dan memiliki arah gradient yang berbeda dibagian ini. Dan untuk yang keenam ini kebetulan memiliki arah gradient menuju sisi tengah atas bibir. Sehingga bagian inilah yang akan saya samarkan dengna menggunakan gradient.


Ketujuh, kita buat shading yang dari bagian atas hidung menuju bagian sisi bibir bagian kanannya. Dan bagian menuju atas hidung adalah bagian yang akan saya samarkan dengan gradient nantinya,

Kedelapan, selanjutnya kita buat shading yang ketiga untuk area ini dimana yang akan saya samarkan adalah bagian yang menuju kearea bawah.

Sembilan, kita buat shading bagian bawah bibirnya dari bagian sisi kiri bibir menuju bagian sisi kanan bibirnya secara full. Dan bagian sisi bibir kanannya adalah bagian yang akan saya samarkan dengan gradient.


Sepuluh, sekarang kita kembali ke bagian area jidat. Disini silahkan membuat shading diarea jidat bagian atas dan lebihkan sedikit untuk bagian samar gradient tepatnya bagian yang menuju ke tengah jidat.

Sebelas, masih sama dengan bagian kesepuluh tadi. Kita buat shading bagian jidat sisi lainnya dan juga silahkan lebihkan sedikit pada bagian menuju jidat area tangah untuk kita samarkan dengan menggunakan effect gradient nantinya.

Dua belas, selanjutnya saya membuat shading pada area dagu ke bagian sisi jidat bagian kanan. Dimana bagian dagu menuju pipi adalah bagian yang nanti saya haluskan dengan gradient nantinya. 
Setelah bagian shading ke dua belas. Maka sekarang kita bisa masuk ke tahap gradient. Sekarang kita gradient satu persatu bagian shading yang perlu kita gradient dengan setting gradient yaitu kedua titik gradient menggunakan warna yang sama yaitu warna shading pertama dan salah satu titik gradient kita ubah opacitynya menjadi 0%. Selanjutnya silahkan kamu gradient satu persatu shading yang perlu kita gradient.
Pertama, kita gradient terlebih dahulu bagian sisi kiri jidatnya dimana titik gradient 0% kita simpan diarea shading menuju kebagian tengah jidat. Dan pastikan garis shading yang berada pada area 0% gradient tidak terlihat atau menjadi sangat samar. Sehingga terlihat seperti dibrush pada photoshop.
 
Kedua, kita gradient shading pada pada setiap sisi jidatnya dimana sisi gradient 0% berada pada posisi menuju tengah jidat.
Ketiga, selanjutnya kita gradient bagian batang hidung yang dibuat dari alis sampai sisi hidung dimana bagian paling bawah adalah bagian yang disamarkan dengan gradient 0%.
Keempat, kemudian kita gradient lagi shading bagian sisi mulut menuju bagian atas mulut dan tepat dibawah lubah hidung. Dimana sisi bagian atas dan bawah hidung adalah bagian yang kita samarkan menggunakan gradient.

Kelima, sekarang kita gradient bagian sisi mulut lainnya yaitu bagian kanan. Dibagian ini saya membuatnya terpecah-pecah sehingga kita bisa gradient satu persatu. Sehingga silahkan kamu gradient bagian sisi mulut yang bagian samarnya keatas atau menuju bagian atas mulut.
 
 
Keenam, dikarenakan shading ini tidak saya terjelaskan diatas dibagian pembuatan shading. Maka kamu harus membuat shadingnya terlebih dahulu, dimana membuatnya dari bagian atas telinga menuju dagu dan meliputi setengah pipi. Atau kamu bisa membuatnya mengikuti gambar diatas. 
 
Nah sekarang kita gradient bagian shading ini dimana bagian shading menuju pipi adalah bagian yang kita samarkan. Kenapa harus kita samarkan menuju bagian pipi? Karena disini akan tercipta tampilan bervolume/tidak rata sehingga terlihat lebih real bahwa ada pipi yang agak cabi.
 
Ketujuh, selanjutnya kita gradient lagi bagian sisi mulutnya dimana bagian samarnya adalah bagian yang menuju bawah mulut.
Delapan, selanjutnya kita gradient shading yang ada pada bagian dagu menuju sisi jidat bagian kanan dimana bagian bawah dagu atau tepatnya menuju leher adalah bagian shading yang kita samarkan dengan menggunakan gradient titik 0%.
 
Sembilan, kemudian kita gradient shading bagian bawah mulut yang kita buat dari sisi mulut kiri menuju sisi mulut kanan dimana area shading yang menuju sisi kanan adalah shading yang kita samarkan dengan menggunakan gradient.
 
Sepuluh, karena ada bagian shading yang saya lupakan yaitu bagian sisi kiri atau tepatnya dari bagian dagu menuju setengah pipi. Maka kita buat terlebih dahulu shadingnya seperti diatas. Dan bagian shading menuju sisi mulut dan hidung adalah bagian yang nanti kita gradient.

Sebelas, selanjutnya kita gradient shading yang barusan kita buat.
 
Dua belas, dikarenakan semua shading pertama sudah kita gradient. Maka selanjutnya kita bisa masuk ke tahap pembuatan shading gelap yang kedua atau warna no 5 pada pallet. Dan tentunya masih menggunakan layer yang sama dan tool yang sama.
 
Untuk shading gelap kedua yang pertama kita buat adalah shading pada area T. Sehingga silahkan kamu buat shadingnya seperti gambar diatas dimana dibagian sisi mata dan alis.
 
Tiga belas, selanjutnya kita buat shading pada area mata dan kantung mata. Pastikan shading kantung mata dan shading area mata terpisah ya. Supaya jika kita gradient bisa kita gradient satu persatu.
Empat belas, lalu kita buat shading bagian sisi-sisi jidat, disini saya satukan shadingnya karena menurut saya bagian ini tidak perlu digradient.
 
Lima belas, disini saya membuat dua shading dimana ada shading yang perlu saya gradient dan yang tidak perlu saya gradient. Shading yang akan saya gradient adalah shading yang menuju ke bagian pipi. Sedangkan yang tidak perlu digradient adalah shading yang dari telinga menuju leher. Nanti bisa kita lihat ketika tahap gradient.
 
Enam belas, kemudian kita buat shading bagian bawah hidung atau tepat area lubang hidungnya seperti gambar diatas.
Tujuh belas, selanjutnya kita pertegas lagi lekukan yang ada pada sisi bibir antar hidung dan mulutnya supaya meyakinkan gambarnya bahwa diarea ini adalah area lekukan yang membentuk senyuman.
 
Delapan belas, untuk bagian ini daya tidak membuatnya dalam 1 objek melainkan saya membuat dua shading namun sengaja saya select dua-duanya untuk mempercepat dimana yang satu adalah shading antar bibir dan sisi hidung dan yang satunya lagi adalah shading dari sisi kiri mulut ke bawas mulut. Tentunya sengaja saya membuat terpisah supaya mereka memiliki gradientnya masing-masing.
 
Sembilan belas, sekarang kita bisa langsung masuk ke tahap gradient untuk shading gelap kedua ini. Pertama yang saya gradient adalah shading bagian alis menuju sisi mata ini. Dengan settingan gradient sama seperti sebelumnya namun ubah warna gradient dengan warna shading kedua.
Dua puluh, disini kita gradient bagian kantung mata dimana posisi 0% gradientnya berada pada sisi menuju telinga.
 
Dua puluh satu, disini agak rumit. Namun akan saya coba jelaskan sedetailnya. Disini yang pertama saya gradient adalah shading bagian sisi hidung menuju bagian sisi mulut yang kanan dimana posisi 0% gradientnya berada dibagian atas atau menuju ke sisi hidung. 
 
Kemudian selanjutnya yang saya gradient adalh sisi hidung menuju sisi bibir yang satunya atau bagian kiri dengan cara yang sama dengan yang tadi dimana sisi 0% berada pada bagian atas atau menuju ke hidung.
 
Lalu selanjutnya saya gradient shading kedua yang berada pada bawah bibir dimana bagian sisi menuju ke kanan adalah bagian gradient 0%.
 
Kemudian saya gradient lagi bagian shading yang berada dibagian dagu. Karena disini ada dua shading, maka yang shading paling atas atau menuju ke pipi yang saya gradient dengan bagian menuju pipi adalah bagian gradient 0%.
 
Dua puluh dua, sekarang saya gradient bagian shading kedua yang terletak dibawah hidung menuju ke sisi hidung dimana paling atas adalah bagian gradient 0%.
Dua puluh tiga, sekarang kita bisa masuk ke bagian pembuatan shading gelap ketiga dengan menggunakan warna yang paling gelap pada pallet. Silahkan kamu buat shadingnya seperti gambar diatas dimana saya membuat shading bagian mata terlebih dahulu.
 
Dua puluh empat, selanjutnya kita buat shading dibagian area lubang hidung, bagian atas jidat, telinga, kedua sisi bibir (bagian lekukan senyuman), lalu bawah dagu atau atas leher dan bagian leher dekat baju.
 
Dua puluh lima, untuk bagian shading yang paling gelap ini yang saya gradient hanya shading bagian leher saja, dimana yang menuju ke sisi kanan adalah gradient sisi yang 0%.
Dua puluh enam, selanjutnya kita masuk ke bagian shading terang pertamanya, silahkan kamu ubah warnanya ke warna no 2 pada pallet kulit dan buatlah shading terangnya pada area seperti diatas. Untuk bagian keningnya silahkan cek langkah ke 28. Langkah ke 28 adalah shading terang bagian jidat yang sebenarnya. 
 
Dua puluh tujuh, sekarang kita bisa langsung menggradient masing-masing shading terang pertamanya. Disini semuanya saya gradient satu persatu. Untuk arahnya kamu bisa perhatikan angka 100% dan 0% dimana itu adalah posisi gradient.

Dua puluh sembilan, sekarang kita buat shading paling terangnya. Silahkan kamu gunakan warna pada pallet kulit yang paling terangnya. Kemudian silahkan buat pada posisi seperti diatas.

Tiga puluh, selanjutnya kita gradient dengan settingan seperti sebelumnya dan buat seperti diatas dimana shadingnya agak samar-samar.

Terakhir, disini saya membuat shading yang paling gelapnya lagi dengan mengubah warna shading gelap pada pallet menjadi lebih gelap kemudian buat shading paling gelapnya pada area seperti gambar ke 31 diatas. Selanjutnya silahkan kamu gradient dengan posisi 0% berada dibagian bawah. Dibuat se-sesuai mungkin.

Jika semua sudah diikuti, maka selesai sudah tahap-tahap cara saya dalam membuat shading wajahnya. Nah selanjutnya kamu bisa lanjut ke bagian pembuatan rambut dan bajunya. Berikut adalah hasil akhir dari pembuatan vector Aurora Amanda jika sudah dibuat baju dan lainnya.


Nah itulah tutorial Vector Aurora Amanda versi halus yang saya buat menggunakan aplikasi Infinite Design Android. Mohon maaf jika ada kesalahan dan jika ada beberapa hal yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Tutorial Vector Aurora Amanda super halus di infinite design android"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel