Cara mengatasi bug, ngelag, dan force close pada aplikasi Infinite Design

Cara mengatasi bug, ngelag, dan force close pada aplikasi Infinite Design Android.


Tentunya sudah tidak heran lagi untuk para pengguna aplikasi Infinite design mengalami permasalahan-permasalahan pada aplikasi infinite design. Permasalahan tersebut biasanya berpariasi  seperti mengalami bug ketika kita sedang membuat projek yang tiba-tiba berantakan, ngelag yang membuat kamu pusing, dan force close yang membuat projek kamu hilang secara tiba-tiba jika belum disave sebelumnya.

Maka dari itu hari ini saya akan memaparkan beberapa cara/tips supaya kamu lebih enak menggunakan aplikasi infinite design  dan tahu mencegah adanya permasalahan seperti diatas.
Dan tips-tips berikut terbukti work dan ampuh mencegah adanya permasalahan diatas. Karena saya sendiri yang sering menerapkannya ketika saya menggunakan aplikasi infinite design. Lalu apa sajakah tips-tips yang sering saya terapkan? Yuk simak berikut ini.

1. Hubungken setiap ujung titik kordinat untuk mencegah bug

Titik kordinat yang saya maksud adalah ketika kita menggunakan tool pena. Ketika kita membuat suatu objek menggunakan tool pena, maka akan tampil titik kordinat yang membuat garis membentuk suatu objek. Sehingga untuk mencegah bug kita harus menghubungkan setiap ujung titik koordinatnya. Jika tidak, maka biasanya akan terjadi bug. Sehingga objek yang telah kita buat dengan tool pena akan acak-acakan atau berubah bentuk. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan simak gambar dibawah ini ya.

tips mengatasi bug


2. Jangan terlalu banyak titik koordinat ketika menggunakan tool Pena dan brush Tappered

Jika kamu biasanya membuat vector dengan menggunakan line art. Biasanya akan terjadi lag atau patah-patah ketika membuat garis yang berlika-liku dengan menggunakan tool pena dan brush tappered. Apalagi jika kita mengedit kembali garis yang telah dibuat. Sehingga untuk mencegah aplikasi menjadi lag, saya sarankan jangan membuat titik koordinat terlalu banyak.

3. Jangan tap 1x dengan 2 jari sekaligus (khusus untuk versie 3.4)

Berdasarkan pengalaman saya jika mengunakan aplikasi infinite design versie terbaru atau 3.4, sangat sering terkendala bug. Salah satunya yaitu dengan mentap 1x layar dengan 2 jari sekaligus, biasanya objek yang sedang kita buat menjadi tidak karuan. Sehingga gunakanlah aplikasi infinite design dengan sabar dan tidak terburu-buru.

4. Jangan membuat projek dengan ukuran melebihi standar untuk mencegah force close (khusu versie 3.2)

Jika kamu adalah pengguna versie 3.2, maka sudah pasti akan kesulitan dengan tampilan blue line yang terlalu besar dan menutupi gambar asli. Sehingga kita biasanya memperbesar photo asli supaya blue line nantinya tampak lebih kecil. Namun, saya sarankan jangan melebihi ukuran standar, karena biasanya akan sering terjadi force close sendiri dan aplikasi menjadi sangat berat.

Permasalahan ini biasanya muncul ketika membuat effect gradient pada suatu objek yang sangat besar dan mengcrop ukuran porojek. Sehingga saya sarankan untuk tidak melebihi ukuran standar projeknya atau kamu bisa pindah ke aplikasi inifinite design versie 3.4 yang bebas ukuran projek.

5. Hindari memori telepon terlalu penuh

Inilah salah satu penyebab yang tidak terlalu banyak orang tau,yaitu memori telepon smarthphone terlalu penuh. Sehingga biasanya ketika kita membuat sebuah projek, akan tiba-tiba leg dan lansgung force close sendiri. Ini dikarenakan kapasitas memori telepon kamu tidak terlalu mecukupi untuk menampung aplikasi infinite design yang sedang berjalan. Sehingga saya sarankan untuk melegakan kapasitas memori telepon atau menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Nah itulah mungkin beberapa cara yang sering saya lakukan supaya menghindari  adanya permasalahan-permasalahan yang akan terjadi pada saat menggunakan aplikasi infinite design. Semoga bermanfaaat.


2 Responses to "Cara mengatasi bug, ngelag, dan force close pada aplikasi Infinite Design"

  1. cara ngatasin force close di versi 3.4 pas nambah layer gmna gan? hp ane redmi 6a

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah kena fc setelah nambah layer om, tapi jika aplikasi tiba2 diem sekaligus pernah...biasanya banyak aplikasi yg sedang berjalan, sehingga aplikasi jadi berjalan lambat dan menghabiskan RAM. Coba paksa berhenti dulu aplikasi-aplikasi yg sdang berjalan bro...

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel