Cara tepat membuat deskripsi dan menentukan 50 keyword Shutterstock

Menentukan deskripsi dan keyword yang tepat ketika upload di shutterstock sangat berpengaruh pada penjualan gambar kita. Sama halnya dengan blog dan youtube, jika kita menentukan keyword yang tepat, maka peluang tampil di search engine lebih besar. Ini bisa dikatakan teknik SEO dalam Blog dan Youtube.

Sehingga jika kita menentukan deskripsi dan keyword yang tepat pada gambar yang kita upload di Shutterstock bisa berupa Vector ataupun gambar hasil jepretan kamera, maka besar kemungkinan juga gambar tersebut muncul ketika dicari orang dengan menggunakan keyword tertentu.

Bukan tidak mungkin juga mereka menemukan gambar yang kamu upload dan mereka membelinya dengan harga yang sudah ditentukan pihak Shutterstock. Dan kamu mendapatkan imbalan dari itu.

Jadi sangat penting untuk kita menentukan kalimat deskripsi serta 50 keyword tepat untuk meningkatkan penjualan kita.

Lalu bagaimana caranya menentukan deskripsi dan 50 keyword yang tepat untuk gambar yang diupload ke Shutterstock?

Disini saya memiliki satu cara bagaimana supaya deskripsi yang kita buat sesuai dan tentunya berpengaruh pada penjualan gambar kita. Dimana kita harus mengetahui terlebih dahulu beberapa hal berikut ini.
  • Penjelasan gambarnya
  • Fungsi dan kegunaan gambarnya
  • Jenis gambarnya
Jika kita sudah memahami hal diatas, maka sangat mudah kita untuk menentukan deskripsinya dengan menyelipkan keyword didalamnya.

Sebagai contoh, saya akan upload berupa gambar vector dengan kriteria berikut ini.
  • Penjelasan : Vector Ikan cupang dengan style hitam putih
  • Fungsi : Logo, brand, maskot, atau tato
  • Jenis : Vector Tracing/Vector Illustration (Tracing = Menjiplak/, Illustration = berimprovisasi)
Jika kita sudah menentukan beberapa hal diatas, maka kita bisa langsung menyambungkan ketiga hal tersebut kedalam kalimat yang sesuai dan mudah dipahami. Berikut adalah contoh deskripsi yang saya buat berdasarkan ketiga hal diatas.

"Vector Tracing of Betta Fish in White and Black style. Can be used as Logo, Brands, Mascots, and Tatto."

Tentunya kita harus membuat deskripsinya dalam bahasa inggris, ini dikarenakan Shutterstock pelanggannya sudah seluruh dunia. Karena jika kita menggunakan bahasa Indonesia besar kemungkinan akan ditolak oleh pihak Shutterstocknya.

Jika kita sudah menentukan Deskripsi yang tepat, lalu bagaimana untuk 50 keyword?

Untuk keyword kita bisa menjiplak keyword dari gambar orang lain yang sama kriterianya dengan gambar yang kita upload. Atau kita bisa menentukannya sendiri dengan menggunakan Keyword Tool yang sudah disediakan oleh shutterstocknya.

Untuk menggunakan Keyword Tool, silahkan kamu cari bagian atas "Keyword Tool" dan klik. Maka akan muncul tampilan baru dimana ada beberapa gambar yang sama kriterianya dengan gambar yang kita upload. 

Ataupun jika tidak sesuai, kita bisa mencarinya dengan menggunakan kolom pencarian dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan gambar yang akan kita upload.


Disini kamu perlu mencari gambar yang kriterianya sama dengan gambar kamu, minimal 3 gambar kamu harus memilihnya. Maka akan ada muncul keyword yang tepat yang mendeskripsikan ketiga gambar yang kamu pilih tersebut.

Silahkan kamu gunakan keyword yang muncul tersebut untuk digunakan sebagai 50 keyword gambar yang akan kamu upload. Karena keyword tersebut adalah keyword terbaik dari 3 gambar yang kamu pilih tadi.

Tentunya saya disini tidak bisa memastikan gambar kamu akan laku atau tidaknya ketika deskripsi dan keyword menggunakan cara saya diatas. Pastinya ada beberapa faktor lainnya. Seperti kualitas design.

Sehingga kamu bisa tentukan sendiri, yang pasti saya menggunakan cara diatas ketika upload gambari di Shutterstock. 

Ada satu trick lagi supaya gambar-gambar yang kamu upload banyak yang download, pastikan setiap 20 gambar atau jumlah tertentu harus dalam 1 niche yang sama.

Misal kamu mau upload tentang ramadhan dan berupa vector, maka uploadlah gambar-gambar vector yang berhubungan dengan tema ramadhan sebanyak 10 atau bahkan lebih. Supaya kemungkinan si pembeli tidak perlu mencari ke Contributor lain lagi untuk mendapatkan gambar yang mereka inginkan.

Dan yang paling terpenting adalah konsistensi. Semakin banyak stock gambar yang kamu upload. Maka besar kemungkinan juga ada gambar kamu yang dibeli.

Jika kamu belum jadi Shutterstock Contributor, kamu bisa mendaftarkan diri kamu dengan mengklik link dibawah ini.


Nah itulah sedikit tips saya bagaimana caranya membuat Deskripsi dan menentukan Keyword yang tepat untuk gambar yang akan kita upload. Jika ada beberapa hal yang tidak kamu pahami, kamu bisa menggunakan kolom komentar dibawah ini untuk bertanya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara tepat membuat deskripsi dan menentukan 50 keyword Shutterstock"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel