(Sampai direpost Selebgram) Tutorial vector Arafah Rianti di android (infinite design) PART 1 (Mata - Bibir)

Sudah lama sekali saya tidak membagikan tutorial vector, karena sebelumnya saya fokus terlebih dahulu membuat artikel yang membahas tentang bagaimana membuat aplikasi desktop di Visual Studio.

Untuk PART 2 silahkan klik disini.

Dan kali ini saya akan membagikan kembali tutorial vector di android dengan menggunakan aplikasi infinite design. Dengan modelnya adalah Arafah Rianti yang sudah tidak asing lagi di kepala kita. Ya, dia adalah aktris sekaligus selebgram.

Lalu lenapa sih saya menggunakan photonya sebagai model dalam tutorial kali ini?

Karena pada awalnya saya berharap dengan membuat vector kartun dari modelnya Arafah, akan direpost langsung oleh Arafah di Instagramnya. Dan *boom* setelah saya upload vector Arafah di IG dan saya tag IGnya Arafah, beberapa menit kemudian langsung direpost di Instastorynya. Bisa dilihat dibawah ini.



So, ini adalah salah satu tekhnik marketing yang baik berjualan di Instagram. Karena ketika hasil karya kita direpost oleh para Selebgram, maka otomatis akun kita akan ke-tag di postingan selebgram tersebut. Sehingga ini adalah tekhnik marketing yang gratis dan lumayan meningkatkan impression IG kita, karena biasanya akun para selebgram memiliki banyak follower. Dan beruntungnya saya, IG Arafah memiliki 1,1 juta follower, sehingga impression IG sayapun bertambah.

Namun supaya karya kita bisa direpost oleh para selebgram, tentunya karya kita harus sudah lumayan bagus terlebih dahulu. Karena kalau masih biasa-biasa saja, kemungkinan direpost oleh selebgrampun kecil.

Maka dari itu, kali ini saya akan membagikan tutorial vector dengan model Selebgram (Arafah Rianti) dengan bertujuan supaya karya vector kamu bisa lebih berkembang dari sebelumnya. Dan tentunya supaya memiliki daya jual juga. Karena percuma kalau kita buka jasa vector tapi kulitas yang kita bisa lakukan masih belum terlalu menjual.

Sebelum masuk ke tutorialnya silahkan kamu simpan terlebih dahulu bahan-bahannya berikut ini.
Photo Arafah : Download
Pallet : Download

Jika sudah disimpan bahan-bahanya, langsung saja kita langsung ke tahap tutorial-tutorialnya berikut ini.

Yang wajib pertama kali kita buat tentunya adalah alis dan matanya terlebih dahulu. Untuk membuatnya silahkan kamu baut terlebih dahulu line-artnya seperti dibawah ini dengan menggunakan tool Pen dan brush Lasso. Gunakan warna line art dari pallet yang sudah saya sediakan diatas. Kemudian buatlah seperti dibawah ini dimana saya membuat alis dan bulu matanya terlebih dahulu. FYI saya selalu membuat alis dan bulu mata disemua pembuatan vector selalu berbentuk seperti dibawah ini. Sehingga bisa kamu tiru dan amati.



Untuk pembuatan alis saya selalu ada bagian yang runcing ataupun melengkung dan jangan sampai terlalu polos atau tidak ada runcing-runcingnya. Karena tidak akan terlihat seperti alis jadinya. Sedangkan untuk bulu mata biasanya saya selalu membuatnya seperti diatas, walapun berbeda photo model. Ini bisa kamu tiru juga.

Setelah line artnya terbuat seperti diatas, maka selanjutnya adalah kita langsung buat bagian matanya.

Baca Juga : Urutan langkah-langkah tepat dalam membuat Vector di Infinite Design

Untuk membuatnya, masih sama dengan tutorial vector mata yang pernah saya share sebelumnya kita harus membuat warna dasarnya terlebih dahulu dengan membuat layer baru dan simpan dibawah layer line art dengan menggunakan warna kedua pada pallet gigi diatas. Dengan menggunakan tool Pen dan brush Lasso supaya rapih, kemudian silahkan buat warna dasarnya dengan mengikuti alur dari photo aslinya. Sehingga hasilnya kurang lebih akan menjadi seperti dibawah ini. Dimana menutupi keseluruhan dari matanya.


Jika sudah seperti diatas, kemudian kita buat pupil matanya dengan menggunakan warna line art dan menggunakan tool Circle dan brush lasso. Kemudian buatlah seperti dibawah ini dengan tidak membuat layer baru alias disatukan dengan warna dasar dari mata tadi yang kita buat. Sehingga untuk memotong bagian pupil mata yang offside, kita bisa menggunakan tool Segment untuk memotongnya supaya rapih. Dengan cara mencoret bagian lingkaran yang offside. Sehingga akan menyisakan ukuran pupil mata yang sesuai dengan bentuk warna dasar dari matanya seperti dibawah ini.

Selanjutnya kita buat warna terang dari bagian matanya dengan menggunakan warna terang dari pallet gigi yang sudah saya sediakan diatas. Silahkan buatlah seperti dibawah ini dengan menggunakan tool Pen dan brush lasso supaya rapih. Dan jangan lupa langsung tambahkan seperti pantulan cahaya dan buat juga seperti daging kecil di pojok dengan menggunakan warna bibir paling gelap pada pallet.


Jika sudah seperti diatas, silahkan kita beri gradient secukupnya dengan settingan gradient kedua warna sama namun opacity salah satunya 0%. Saya biasanya memberi gradient pada bagian alis dan pantulan cahaya pada pupil matanya, sehingga kurang lebih menjadi seperti dibawah ini.

Selanjutnya kita akan masuk langsung ke tahap pembuatan vector bibirnya. Untuk membuatnya masih sama seperti biasanya yang pertama kali kita buat adalah membuat terlebih dahulu warna dasarnya seperti dibawah ini dengan menggunakan warna no 3 jika dihitung dari paling gelap pada pallet diatas serta menggunakan tool Pen dan Brush Lasso. Maka silahkan kamu buat warna dasarnya dengan menutupi keseluruhan dari bibirnya. Dan jangan lupa buat layer baru terlebih dahulu.

Selanjutnya kita buat warna gelap pertama pada bibirnya. Dengan layer yang masih sama, sehingga kita buat warna gelap pertamanya langsung menimpa warna dasarnya. Masih dengan tool yang sama yaitu tool Pen dan brush Lasso. Dan jangan lupa ubah warnanya dengan cara eyedrop langsung pada warna ke 2 pada pallet bibir jika dihitung dari warna yang paling gelap. Kemudian silahkan kamu buat bagian warna gelap pertamanya mengikuti alur shading pada bibir aslinya. Sehingga seperti dibawah ini.


Saya buat 2 shading yang bagian atas dan bagian bawah secara terpisah. Yang bagian bawah nanti kita gradient. Kamu bisa membuat shadingnya denngan offside, kemudian kamu potong bagian yang offside dengan menggunakan tool segment. Maka hasil yang kita buat akan sangat rapih seperti yang saya buat seperti diatas. Sebagai catatan juga, untuk semua vector yang saya buat selalu bentuk seperti diatas untuk bagian shading satunya. Sehingga anda bisa meniru seperti yang saya lakukan jika ingin dengan belajar sedikit-sedikit secara detail.

Baca Juga : Cara membuat vector di Infinite Design bagian wajah

Jika sudah seperti diatas, maka selanjutnya kita buat bagian warna yang paling gelapnya. Atau saya bisa menyebutnya bagian batasan untuk bibir bagian atas dan bawah. Masih dengan cara yang sama dan tool yang sama namun dengan warna no satu pada pallet bibir. Selanjutnya kita buat seperti dibawah ini.


Jika sudah seperti diatas, maka selanjutnya kita langsung saja membuat bagian warna terang yang pertama dan warna yang kedua (paling terang) . Dengan menggunakan tool dan brush yang sama namun dengan menggunakan warna no 4 dan 5 pada pallet bibirnya. Selanjutnya silahkan kamu buat seperti dibawah ini.


Sebagai tambahan juga kamu bisa menambakan sedikit warna dasar pada bagian atasnya, supaya terlihat ada sedikit warna terang dibagian atas bibirnya. Sehingga sepereti dibawah ini.


Jika sudah seperti diatas, maka selesai juga kita membuat vector bagian bibirnya dari model Arafah Rianti. Selanjutnya kita akan masuk ke tahap bagian pembuatan shading wajahnya.

Namun dikarenakan artikel ini terlalu kepanjangan, saya akan membuat tutorial shading wajahnya pada artikel selanjutnya. Jadi, jangan lupa terus pantau blog ini untuk tutorial vector yang sangat detail dan mudah dimengerti tentunya.

Jadi itulah tutorial vector Arafah Rianti PART 1 (Bagian mata dan mulut) yang bisa kamu pelajari sedikit-demi sedikit. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan kamu gunakan kolom komentar dibawah ini ya. Dan kamu juga boleh request model siapa untuk saya buatkan tutorialnya pada kesempatan selanjutnya.

Untuk PART 2 silahkan klik disini.

Semoga bermanfaat...

0 Response to "(Sampai direpost Selebgram) Tutorial vector Arafah Rianti di android (infinite design) PART 1 (Mata - Bibir)"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel