Cara penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan desimal

Cara penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan desimal - Bilangan desimal adalah bilangan yang terdapat koma serta bilangan lagi dibelakang koma. Contohnya seperti (5,7), (2,5), (5,22), dan masih banyak lagi. Jika terdapat satu bilangan dibelakang koma seperti (2,5) maka bisa disebut dengan (25/10), dan jika terdapat dua bilangan dibelakang koma seperti (5,22) maka sama saja dengan (522/100), begitu pula jika ada tiga bilangan dibelakang koma, maka bilangan tersebut akan dibagi menjadi 1000.

Penjumlahan Desimal

Lalu bagaimana dengan penjumlahan antara desimal dengan desimal?

Sebenarnya cukup mudah, kita hanya perlu menjumlahkan seperti biasa, namun kita buat sejajar komanya ketika kita jumlahkan. Sebagai contoh disini saya akan menjumlahkan dua bilangan desimal antara 5,4 dengan 3,3. Berikut adalah cara menyelesaikannya.

Perhatikan penyelesaian diatas. Seperti yang saya katakan sebelumnya, kita gunakan cara penjumlahan seperti pada umumnya namun kita sejajarkan komanya dari atas sampai bawah jangan dipindah.


Dari soal diatas adalah bilangan desimal yang aslinya dibagi dengan 10, karena terdapat satu bilangan dibelakang. Lalu bagaimana dengan penjumlahan desimal dimana yang satu bilangan terdapat satu bilangan dibelakang koma, dan yang satu terdapat dua  bilangan dibelakang koma seperti 2,5 + 7,22 . Berikut adalah penyelesaiannya...

Masih sama seperti sebelumnya, kita hanya menjumlahkannya seperti biasa dengan mensejajarkan komanya saja dan hasilnyapun koma tetap di posisi yang sama.

Pengurangan Desimal

Untuk pengurangan desimal kita masih menggunakan cara yang sama dengan penjumlahan desimal. kita hanya perlu melakukan proses pengurangan seperti biasa dengan mensejajarkan komanya.

Sebagai contoh disini saya akan memproses pengurangan dari 5,9 - 4,4 dan berikut adalah cara penyelesaiannya...

Disini kita hanya menggunakan proses yang sama dengan penjumlahan, jadi cukup mudah untuk dipahami karena prosesnya sama. Yang membedakan hanyalah disini kita proses pengurangan bukan penjumlahan.

Perkalian Desimal

Untuk perkalian desimal, disini saya akan memberikan cara termudahnya. Karena jika kita menggunakan cara yang sama dengan penjumlahan, maka penyelesaiannya sangatlah panjang. Sehingga disini saya mengubah terlebih dahulu desimal ke bilangan aslinya seperti dari 3,5 menjadi 35/10 atau 1,4 menjadi 14/10.

Sebagai contoh, disini saya akan mengkalikan antara 9,3 x 4,4 dan berikut adalah penyelesaiannya.

Perhatikan penyelesaian diatas, disini saya mengubah terlebih dahulu desimalnya ke bilangan pecahan. Dikarenakan keduanya terdapat satu bilangan dibelakang koma, maka keduanya dibagi 10. Kemudian kita hanya perlu kalikan saja antara penyebut dengan penyebut dan pembilang dengan pembilang. Sehingga diketahuilah hasilnya 4092/100.


Sebagai catatan, angka berapapun yang dibagi dengan 100, maka akan terdapat 2 bilangan di belakang koma hasilnya. Sehingga disini kita hanya perlu memberi koma saja tepat dibagian dimana terdapat 2 bilangan dibelakang koma. Sehingga dari 4092/100, maka hasil akhirnya adalah 40,92.

Pembagian desimal

Untuk menyelesaikan pembagian desimal, kita hanya perlu menggunakan cara yang sama dengan perkalian desimal. Disini saya akan memberikan contoh jika 35,2 : 2,2 maka berapa hasilnya? Berikut adalah penyelesaiannya.

Silahkan kamu perhatikan penyelesaian diatas, sama seperti perkalian desimal kita ubah terlebih dahulu menjadi bilangan pecahan. 

Kemudian dikarekan ini menjadi pembagian antar dua pecahan dimana didalam proses pembagian pecahan diubah menjadi perkalian perpecahan dan untuk pecahan yang membagi bilangannya dibalikan dari pembilang jadi penyebut dan penyebut jadi pembilang. Jika dari contoh soal diatas ini seperti 22/10 menjadi 10/22.

Kemudian dikarenakan ada penyebut dan pembilang yang nilainya sama, kita hanya perlu mencoretnya saja seperti bilangan 10. Sehingga menyisakan 352/22 dengan hasil akhirnya adalah 16.

Nah itulah sedikit penjelasan proses penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada bilangan desimal. Jika ada beberapa hal yang ingin kamu tanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ya. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Cara penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan desimal"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel