Contoh soal penjumlahan dan pengurangan pada matrik serta penjelasannya

 

Contoh soal penjumlahan dan pengurangan pada matrik serta penjelasannya - Seperti pada materi matematika lainnya, pada matrikpun terdapat penjumlahan dan pengurangan matrik. Jika sebelumnya saya menjelaskan bagaimana menyelesaikan perkalian pada matrik. Maka pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pada matrik.

Tidak seperti pada perkalian matrik dimana kita hanya perlu mengkalikan silang antar unsur matrik dengan unsur matrik lainnya kemudian dikurang dengan matrik yang lainnya yang sudah dikali silang juga. Untuk penjumlahan dan pengurangan kita hanya perlu langsung memproses satu unsur matrik A langsung ke unsur matrik B yang posisinya sama. Dimana hasilnya juga menempati posisi yang sama pula.

Supaya kamu lebih paham lagi, berikut contoh soal dan penjelasan mengenai penjumlahan dan pengurangan pada matrik.

Soal : Jika diketahui matrik A, B, dan C adalah seperti berikut. Maka berapa hasil dari A+B-C ?

Jawab : Perhatikan soal diatas, kita urutkan terlebih dahulu mana yang dijumlahkan dan mana yang dikurangi. Buatlah seperti dibawah ini supaya lebih mudah berdasarkan pada soal dimana A+B-C.

Karena ini semuanya ordo 2x2 maka hasilnya juga akan menjadi matrik berordo 2x2. Sekarang kita proses satu persatu antar unsur matrik dengan posisi yang sama. Jika kita proses terlebih dahulu unsur matrik posisi atas kiri maka yang kita pilih adalah -1 dari matrik A ditambah dengan 3 dari matrik B dan dikurang dengan -21 dari matrik C. Ini berlaku untuk semua posisi juga. Sehingga jika kita satukan menjadi seperti ini.

Dikarenakan ada bilangan negatif, maka kira proses terlebih dahulu sehingga menjadi lebih sederhana seperti ini.

Terakhir, kita proses semuanya sehingga menjadi matrik yang sempurna. Dan hasilnya menjadi seperti dibawah ini. Jangan sampai kamu terkecoh dengan bilangan negatif, maka hasilnyapun akan sangat fatal.

Bagaimana? Mudah, bukan? Nah itulah sedikit materi tentang penjumlahan dan pengurangan pada matrik yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Contoh soal penjumlahan dan pengurangan pada matrik serta penjelasannya"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel