Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Jenis-jenis logo yang penting diketahui designer logo

Jenis-jenis logo yang harus dipahami untuk kamu yang ingin jadi designer logo


Jenis-jenis logo - Logo merupakan suatu lambang tertentu yang memiliki arti dan filosofi dari suatu golongan dalam berbagai bidang seperti komunitas, lembaga, perusahaan, dan lainnya. Logo dibuat se-unik mungkin dan menarik supaya siapapun yang melihatnya dapat mengingat logo tersebut dengan mudah sampai kapanpun.

Jika suatu logo memiliki kesamaan dengan logo yang digunakan suatu golongan lain, maka akan muncul sebuah permasalahan tentang hak cipta yang akan menjadi permasalahan yang sangat panjang. Sehingga untuk kamu yang seorang designer logo, pastikan logo yang kamu buat untuk client dibuat seunik mungkin tanpa ada kesamaan dengan logo orang lain yang sudah digunakan.

Berikut adalah jenis-jenis logo dan penjelasannya

1. Logo Lettermark

Logo lettermark adalah logo yang terdiri dari huruf atau inisial dari nama perusahaan/bisnis. Designnya berbentuk typography yang digunakan untuk nama bisnis yang mempunyai karakter sangat panjang. Sehingga nama perusahaan tersebut disingkat dan dijadikan sebuath logo yang unik berdasarkan dari kepanjangan nama perusahaan/bisnis tersebut.

Logo ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang tidak memiliki ciri khas tertentu atau memiliki beragam produk yang dipasarkan. Sehingga perusahaan tersebut terkesan abstrak jika dilihat dari segi produk, dikarenakan memiliki beragam produk berbeda.

Contoh Logo Lettermark yang bisa kita lihat adalah logo berikut...

2. Wordmarks

Logo wordmark adalah logo yang designnya berbentuk tulisan sederhana dari nama perusahaan/bisnis tertentu. Logo ini hanya ada tulisan tanpa icon tertentu. Logo ini terkesan elegan sehingga banyak perusahaan besar menggunakan logo seperti wordmark ini.

Logo ini juga digunakan oleh perusahaan yang memiliki berbagai produk mereka, sehingga tidak memiliki ciri khas tertentu.

Contoh logo Wordmark yang bisa kita lihat adalah sebagai berikut...

3. Logo Pictorial

Logo Pictorial adalah logo yang designnya berbentuk simbol tertentu yang dipilih oleh perusahaan/bisnis untuk mewakili brand mereka.

Logo ini hanyalah sebuah icon tanpa tambahan apapun termasuk teks/nama dari perusahaan/bisnis yang menggunakan logo ini.

Logo ini juga sangat elegan sehingga digunakan oleh perusahaan besar di dunia seperti contohnya berikut ini...

4. Abstract logo

Sesuai namanya, abstrak logo adalah logo yang designnya sangat kompleks, organik, dan abstrak yang memiliki filosofi tersendiri dari logo tersebut yang mempresentasikan dari perusahaan/bisnis yang menggunakan logo ini.

Logo ini juga digunakan oleh perusahaan besar seperi ini berikut ini...

5. Mascots

Logo maskot adalah logo yang menggunakan karakter tertentu untuk mewakili sebuah perusahaan/bisnis. Biasanya logo ini menggunakan karakter manusia, hewan, tumbuhan, benda mati, ataupun campuran dari beberapa karakter.

Logo maskot ini didesign seolah-olah hidup dan menarik yang biasanya mewakili brand tertentu dari sebuah perusahaan.

Contoh dari logo maskot ini adalah sebagai berikut...

6. Kombinasi logo

Sesuai namanya, logo kombinasi adalah logo yang terdiri dari gabungan logo-logo tertentu seperti satu jenis logo dengan jenis logo lainnya.

Dari satu logo kombinasi ini biasanya terdiri dari 2 jenis logo berbeda yang disatukan, sebagai contohnya adalah sebagai berikut...

7. Emblem

Logo emblem ini biasanya digunakan oleh komunitas, club, ataupun lembaga resmi dari pemerintahan.

Ciri khas dari logo ini biasanya berbentuk perisai, lingkaran, persegi ataupun ketupat yang didalamnya terdapat tulisan semboyan ataupun lainnya yang dapat berisi berupa gambar dan icon tertentu.

Logo ini bisa dikatakan sebuah logo perpaduan yang dibuat dengan sangat kompleks. Berikut adalah beberapa contoh dari logo emblem...

Logo jenis Emblem

Penutup

Nah itulah jenis-jenis dari berbagai logo beserta dengan penjelasannya. Dengan kita memahami jenis-jenis dari logo yang ada, kita dapat lebih mudah berdiskusi kepada client kita tentang bagaimana jenis logo yang mereka inginkan. Sehingga dengan spesifik kita mengetahui jenis logo yang diinginkan client maka akan lebih mudah kita menentukan logo seperti apa yang cocok untuk client.

Demikian artikel tentang jenis-jenis logo ini saya sampaikan. Jika ada pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat...
Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang Blogger yang masih mencari ilmu dan masih banyak salah. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi Sobat yang mengunjungi.

Post a Comment for "Jenis-jenis logo yang penting diketahui designer logo"