Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Cara menggambar grafik fungsi dan mencari nilai x dan y pada suatu fungsi, contoh dan penyelesaian

Suatu fungsi biasa disebut dengan f(x) yang dimana ini juga bisa disebut y. Jadi jika terdapat suatu fungsi f(x) = -x + 3 maka bisa disebut juga y = -x + 3. Untuk mencari gambar dari grafik suatu fungsi maka kita perlu mencari terlebih dahulu berapa nilai dari x dan y. Yang dimana jika sudah diketahui nilai dari x dan y maka kita dapat membuat grafik dari kedua titik tersebut. Untuk lebih memahaminya lagi, berikut adalah contoh soal dari cara membuat grafik fungsi pada suatu fungsi.

Contoh 1:

Gambarkan grafik fungsi dari f(x) = {-x + 3, x > 1

Pertama, untuk supaya kita dapat membuat grafik fungsi dari diatas maka kita ubah terlebih dahulu menjadi seperti dibawah ini.

y = -x + 3, x > 1

Kita urai menjadi penjelasan yang bisa disebut x disini memiliki nilai lebih dari 1, nilai yang lebih dari 1 bisa kita sebut sepert 2, 3, 4, dan seterusnya.

Kita bisa ambil terlebih dahulu bahwa x memiliki nilai 2, maka kita substitusikan x menjadi angka 2, sehingga seperti dibawah ini.

y = -2 + 3

y = 1

maka sudah diketahuilah jika x-nya adalah 2, maka nilai y adalah 0. Sehingga diketahui suatu titik x dan y yaitu (2,1). Selanjutnya kita dapat membuat gambar grafik fungsinya seperti dibawah ini.


Contoh 2:


Gambarkan grafik fungsi dari f(x)= {x + 2, x ≥ 2

Untuk menyelesaikannya, disitu tertulis bahwa nilai x memiliki nilai yang lebih dari sama dengan (≥) 2, maka nilai x yaitu 2 dan lebih dari itu seperti 3. Sehingga akan kita buat seperti dibawah ini.

x = 2, maka y = 2 + 2

x = 2, maka y = 4

sehingga ditemukanlah titik (2,4)

Karena ini adalah  ≥ maka kita buat yang lebih dari 2, yaitu 3. Sehingga kita buat titik lagi dimana x memiliki nilai 3.

x = 3, maka y = 3 + 2

x = 3, maka y = 5

Sehingga ditemukanlah titik x,y yaitu (3,5).

Sekarang kita dapat membuat grafik fungsinya menjadi seperti dibawah ini.

Contoh 3:
Gambarkan grafik fungsi pada berikut ini

Untuk soal seperti diatas, maka kita harus mengurainya satu persatu seperti dibawah ini.
Kita ambil fungsi y = x + 2, x ≤ 1 terlebih dahulu. Sehingga seperti dibawah ini
y = x + 2, x ≤ -1 ,yang ini artinya x memiliki nilai sama dengan - 1 dan kurang dari negatif satu sehingga kita ambil nilai x = - 1 terlebih dahulu sepreti berikut ini.
x = - 1 maka y = - 1 + 2 = 1, sehingga diketahui suatu titik x,y adalah (-1, 1). Selanjutnya kita buat nilai x kurang dari - 1 yaitu - 2 sehingga menjadi sepereti berikut ini.
x = -2 maka y = -2 + 2 = 0, sehingga diketahui suatu titik x,y adalah (-2,0).

Selanjutnya kita cari titik x,y pada fungsi kedua yang dimana nilai x > - 1. Yang berarti nilai x lebih dari - 1 yang bisa kita gunakan seperti 0. Sehingga kita cari nilai y-nya menjadi seperti dibawah ini.
x = 0 maka y = x2 = 02 = 0. 

Sehingga diketahuilah suatu titik x,y yaitu (0,0).

Atau kita bisa tambah kembali titik baru pada fungsi y = x2 dengan x memiliki nilai 1 menjadi seperti dibawah ini.

x = 1 maka y = x2= 12 = 1 sehingga ditemukan titik x,y yaitu (1,1). Kemudian kita buat lagi titik baru dengan nilai x yaitu 2 sehingga seperti dibawah ini.

x = 2 maka y = x= 2 = 4 sehingga ditemuka titik x,y yaitu (2,4).

Selanjutnya kita bisa buat grafiknya yaitu sebagai berikut.


Nah itulah bagaimana cara mencari nilai x pada grafik fungsi dan membuat gambar grafik fungsinya. Caranya sangata mudah, kuncinya kita hanya harus mensubstitusikan nilai x pada keterangan nilai x yang tersedia. Sehingga kita bisa mencari nilai dan y secara langsung. 

Jika kamu ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin disampaikan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang freelancer Designer grafis yang berusah sharing ilmu yang semoga bermanfaat untuk para pengunjung blog saya ini.

Post a Comment for " Cara menggambar grafik fungsi dan mencari nilai x dan y pada suatu fungsi, contoh dan penyelesaian"