Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Ini Dia Cara Penggunaan Kata Have dan Has yang Tepat

 


Have dan has merupakan kata yang cukup sering digunakan pada percakapan sehari-hari bahasa Inggris. Have ataupun has ini dapat menjadi kata kerja utama ataupun kata kerja bantu (auxiliary). Berikut ini ialah cara penggunaan kata have dan has yang tepat dalam kalimat bahasa Inggris.

Buat Anda yang penasaran dengan contoh penggunaan have dan has maka Anda bisa menyimak artikel berikut.

Apa Arti dan Have dan Has serta Fungsinya?

Agar Anda lebih paham terkait penggunaan have ataupun has. Maka berikut ialah fungsi dasar dari have ataupun has yang bisa Anda ketahui.

1. Kata Kerja Utama (Main Verb)

Have dan has digunakan untuk kata kerja utama atau main verb. Contoh kalimatnya ialah sebagai berikut:

I have a new handphone

He has a beautiful wife.

2. Kata Kerja Bantu (Auxilary Verb)

Kata have dan has juga dapat digunakan sebagai kata kerja bantu. Contoh kalimat have ataupun contoh kalimat has sebagai auxiliary bisa dilihat sebagai berikut:

I have bought a new laptop

She has got a new boyfriend

Memilih Subjek dalam Penggunaan Have dan Has

Have dan has digunakan dengan subjek yang berbeda. Lantas, bagaimana sih subject pronoun tersebut dalam kalimat. Kapan penggunaan subjek pada have juga ha? Berikut adalah penjelasannya:

  • Kata has digunakan pada subjek yang tersusun atas satu benda mati ataupun makhluk hidup. Contohnya ialah she, he, it.

  • Sementara untuk have digunakan pada hal yang merujuk beberapa makhluk ataupun benda mati. Contohnya seperti they, we, dan you.  Kata have ini juga wajib digunakan pada subjek I yang artinya Saya dimana I selalu dipasangkan dengan auxiliary have

Lantas bagaimana dengan subjek yang lainnya? Misalnya seperti my mother, my father, my family, my cats, my friends, Rara, Tino, Budi dan lain nama-nama lain sebagainya? Anda hanya perlu mengingat dua penggunaan has dan have yang tepat.

Has digunakan untuk singular yakni satu benda. Sementara have digunakan untuk merujuk pada plural yakni beberapa banyak benda. Benda yang dimaksud ini bisa berupa benda mati ataupun benda hidup ya. Jadi perbedaannya hanya berdasarkan pada jumlah saja.

Penggunaan Have dan Has sebagai Main Verb

Have dan has dapat digunakan sebagai kata kerja utama atau main verb. Sebagai kata kerja utama atau main vers, maka has dan have ini mempunyai berbagai arti dalam kalimat Bahasa Inggris.

Has dan have ini juga mempunyai bentuk pertama, bentuk kedua, juga ketiga. Bentuk pertama disebut verb 1 yaitu infinitive, kemudian bentuk kedua disebut Verb 2 yaitu past tense dan bentuk ketiga disebut verb 3 yaitu past participle. 

Untuk rumusnya sendiri adalah sebagai berikut:

Verb 1 – Verb 2 – Verb 3

Have/Has – Had – Had

Have dan has ini merupakan kata kerja utama dimana bentuk kedua maupun ketiga dari have/has ini ialah had. Kata kerja berupa have/has ini digunakan ketika membentuk kalimat bahasa Inggris berupa Simple Present Tense juga Present Future. 

Sementara itu, kata kerja had akan digunakan pada pembentukan kalimat Past Tense serta Perfect Tense. Untuk contoh penggunaan has dan have dalam berbagai kalimat baik berperan sebagai verb 1, verb 2, ataupun verb 3 ialah sebagai berikut.

  1. Have/has berarti mempunyai contohnya ialah Romeo have a beautiful eyes dapat juga berupa pertanyaan seperti Do you have a dream?
  2. Have/has/had memiliki arti menyuruh orang mengerjakan contohnya seperti Sasa had her hair cut yesterday night atau bisa juga Riko has his motorcycle twice a month. 
  3. Have/has berarti makan/minum contohnya seperti I want to have a cup of tea.

Mungkin sampai disini saja bahasan terkait cara penggunaan kata have dan has. Semoga bermanfaat!

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang freelancer Designer grafis yang berusah sharing ilmu yang semoga bermanfaat untuk para pengunjung blog saya ini.

Post a Comment for "Ini Dia Cara Penggunaan Kata Have dan Has yang Tepat"