Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Toleransi Fiverr kepada seller yang deadline projeknya habis

Toleransi Fiverr kepada seller yang deadline projeknya habis untuk menyelamatkan rating ontime delivery Seller


Deadline pada projek di fiverr menjadi sesuatu yang mengerikan bagi para seller di fiverr. Karena jika projek yang sedang kita kerjakan sangat mepet dengan deadline yang sudah ditentukan, kita akan menjadi sangat kebingungan. Apakah kita harus meminta tambahan waktu untuk mengerjakan projek yang sedang berlangsung atau membiarkan waktu deadline habis, sehingga status projek menjadi "Late".

Jika kita meminta waktu tambahan kepada ke buyer untuk mengerjakan projek sampai selesai, kita harus menunggu sampai si buyer merespon selama 3 hari kedepan. Dan jika 3 hari tanpa ada respon dari si buyer, maka status orderan akan tetap menjadi "late".

Sehingga sangat beruntung bagi kita seorang seller jika permintaan waktu tambahan kepada buyer diterima dengan cepat. Kita bisa tenang dan nyaman dan tentunya dapat memberikan informasi progres dari projek yang sedang berlangsung.

...dan rating ontime delivery kita menjadi terselamatkan jika projek yang sedang berlangsung kita selesaikan sebelum waktu deadline yang baru habis.

Dan jika kita tidak meminta tambahan waktu ke buyer, maka status projek akan menjadi "late" juga dalam beberapa waktu kedepannya.

Alhasil jika kita delivery projek pada saat status projek kita menjadi "late", maka akan timbul resiko yang menurut saya berbahaya.

...yaitu buyer akan meminta penjelasan, buyer akan meminta cancel order (disini posisi buyer tentu akan diunggulkan didepan CS Fiverr) dan bisa saja cancel order langsung terjadi saat itu juga tanpa bisa kamu tolak atau terima alias secara otomatis menjadi cancel order, dan terakhir rating ontime delivery akan menurun.

Sehingga pada intinya ada 2 pilihan, meminta tambahan waktu atau pasrah delivery projek pada saat status projek/order menjadi "late."

Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu lebih pahami lagi terkait kedua pilihan diatas yang bisa kita sebut "Toleransi pihak Fiverr kepada Seller".

Toleransi pihak fiverr kepada para sellernya ini sering saya rasakan dan saya manfaatkan sehingga rating ontime saya tetap hijau alias tidak turun-turun.

Toleransi ini ada di dua pilihan diatas yang memang bisa kamu coba jika tidak ada metode lain lagi ketika orderan kita sangat mepet kepada deadline. Akan saya jelaskan dengan lumayan detail dibawah ini...

Untuk pilihan pertama yakni meminta waktu tambahan kepada si buyer, maka problem yang mungkin dan hampir sering terjadi adalah buyer offline dalam beberapa hari sehingga tidak ada respon apapun dari si buyer.

Lalu apa yang saya lakukan jika terjadi problem ini?

...yang saya lakukan adalah menunggu sampai tombol delivery di halaman projek (bisa di aplikasi ataupun web) muncul dan langsung saya delivery projeknya.

Berdasarkan pengalaman saya dan sering saya lakukan juga jika si buyer tidak ada respon sama sekali, ketika saya delivery filenya dan orderan di accept oleh si buyer pada beberapa saat kemudian atau bahkan orderan otomatis complete ketika sudah 3 hari, rating dari ontime delivery tidak akan menurun...

Berbeda jika permintaan tambahan waktu kita tidak ada respon sama sekali dan projek sudah selesai serta tombol delivery belum muncul, lalu kita klik "withdraw the offer" alias menarik permintaan tambahan waktu supaya tombol delivery muncul, dan lalu kita langsung delivery projeknya...

...maka rating ontime delivery akan turun.

Dan juga ini sering dilakukan oleh para seller baru difiverr sehingga kebanyakan dari mereka naik-turun level di fiverr.

Sehingga untuk pilihan yang ini, kita harus bersabar sampai si buyer merespon permintaan tambahan waktu projek kita atau sampai tombol delivery muncul otomatis. Karena jika kita meminta tambahan waktu, tombol delivery akan hilang karena adanya penawaran yang kita kirim sampai beberapa saat kemudian muncul secara otomatis...

Lalu bagaimana untuk pilihan yang kedua yang dimana kita pasrah akan habisnya waktu deadline?

Berdasarkan pengalaman saya juga dan saya juga sering menggunakan pilihan kedua ini yang dimana saya pasrah akan habisnya waktu deadline.

Namun dengan catatan, saya akan pasrah waktu deadline habis jika projek yang sedang kita selesaikan sudah hampir selesai dan hanya membutuhkan beberapa menit saja seperti 10 sampai 30 menit saja.

...kenapa seperti itu?

karena jika projek yang sedang berlangsung hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk selesai dan waktu deadline sudah habis, kita bisa membiarkannya sampai habis saja dan langsung delivery projeknya walaupun waktunya sudah habis.

Namun dengan catatan status orderan di fivernya masih "In Progress" bukan "late".

Sehingga ketika buyer meng-accept orderannya, rating ontime kita akan tetap sama tanpa turun.

Satu hal yang harus kita ketahui dan ini juga berdasarkan pengalaman saya yang sering terjadi, fiverr memberikan waktu toleransi kepada kita selama kurang lebih 35 menit setelah waktu deadline pada orderan di fiverr sudah habis untuk mendelivery projeknya.

Kurang lebih waktu 35 menit ini bisa kita manfaatkan untuk mendelivery projek kita walaupun waktu deadline orderan sudah habis. Sehingga kita tidak perlu meminta waktu tambahan kepada buyer yang sering memakan waktu lama untuk buyer merespon yang dikarenakan perbadaan waktu antara seller dan buyer.

Waktu toleransi ini bisa saja bervariasi, namun yang sering saya rasakan adalah kurang lebih 35 menit, dan status orderan akan tetap "In Progress" selama waktu itu. Yang pada akhirnya akan berubah menjadi "late" jika kita tidak mendelivery projek secepatnya.

Disclaimer

Semua yang saya jelaskan diatas adalah berdasarkan pengalaman saya dan sering saya lakukan. Kamu bisa pikirkan terlebih dahulu untuk melakukannya. Jika solusi pilihan kedua yang saya jelaskan diatas ragu untuk kamu lakukan, maka lebih baik menggunakan pilihan yang pertama dan menunggu buyer merespon.  Supaya rating ontime kamu tetap terjaga...

Penutup

Itulah toleransi yang fiverr berikan kepada para seller yang tentunya bisa kita manfaatkan untuk menjaga rating ontime delivery kita berdasarkan pengalaman saya 4 tahun freelance di fiverr. Jika kamu memiliki tips dan toleransi fiverr lainnya kepada para seller yang tidak banyak orang tahu, silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. 

Demikian informasi pengalaman saya dalam menjaga rating ontime delivery. Semoga bermanfaat...
Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang freelancer Designer grafis yang berusah sharing ilmu yang semoga bermanfaat untuk para pengunjung blog saya ini.

Post a Comment for "Toleransi Fiverr kepada seller yang deadline projeknya habis"