Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Mengenal Investasi Apa Yang Cocok Untuk Pemula

 Untuk memilih investasi yang aman, memang tak bisa dilakukan sembarangan. Investasi menjadi aktivitas pengelolaan uang yang cukup berisiko. Sebagai pemula, Anda harus belajar banyak mengenai investasi yang cocok untuk pemula.

Pada artikel ini, akan dipaparkan investasi menguntungkan yang sangat cocok dipilih oleh pemula. Investor pemula memang masih belum berpengalaman sehingga perlu memilih jenis investasi yang tepat. Berikut adalah beberapa rekomendasinya:

1. Investasi Reksadana

Reksadana termasuk instrumen investasi yang cocok pemula. Bahkan investasi ini dianggap investasi pemula modal kecil karena memang bisa dilakukan dengan modal yang sangat minim. 

Reksadana ini akan menghimpun dana dari investor kemudian diinvestasikan dalam suatu portofolio efek oleh yang disebut sebagai manajer investasi atau MI.

Nantinya, Anda tak perlu kerepotan karena manajer investasi pada reksadana akan mengatur porsi penempatan dana yang Anda miliki di pasar uang. Saat ini, banyak aplikasi yang terdaftar OJK sehingga Anda bisa mulai investasi dengan aman bahkan cukup dimulai dengan dana Rp 10.000 saja

2. Investasi Emas

Instrumen investasi selanjutnya yakni investasi emas. Investasi emas ini dianggap minim resiko karena harga emas yang cenderung mengalami kenaikan. Untuk itu, bagi pemula investasi emas ini terbilang mudah.

Investasi emas bagi pemula ini memiliki beberapa kelebihan yakni likuiditas yang tinggi sehingga Anda tak perlu khawatir karena pencarian bisa dilakukan kapan saja ketika kondisi darurat.

Anda juga bisa menjadikan emas sebagai investasi jangka panjang. Sebagai contoh investasi 10 hingga 20 tahun mendatang guna pendidikan kuliah ataupun dana haji.

3. Investasi Deposito

Deposito merupakan suatu produk investasi berjangka dimana Anda bisa mendapatkan keuntungan yang diambil dalam jangka waktu tertentu. Sebagai contoh deposit bisa diambil dalam waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau satu tahun.

Dana yang masuk dalam deposito ini tidak likuid atau bisa diartikan tak dapat diambil sewaktu-waktu. Keuntungan dari investasi deposito ini juga tak sama, biasanya bank akan memiliki kebijakan berbeda.

Di masyarakat, investasi deposito ini paling populer dan digemari oleh masyarakat. Alasannya yakni deposit menjadi instrumen investasi yang terbilang aman dan lebih minim risiko.

Bahkan investasi deposito juga telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Oleh karena itu, apabila bank tempat deposito bangkrut maka Anda bisa mendapatkan dana deposito Anda secara utuh.

4. Investasi Saham

Investasi saham juga terbilang sebagai instrumen investasi yang cukup tren di kalangan generasi muda saat ini. Bagi pemula, investasi ini juga cocok untuk dicoba. Pasalnya, keuntungan dari investasi saham ini jauh lebih besar dibandingkan bentuk investasi lainnya.

Pada investasi ini juga banyak orang mendapatkan keuntunagn yang besar bahkan menjadi orang terkaya di dunia. Walaupun begitu, investasi saham ini tergolong sebagai jenis investasi yang mempunyai risiko lebih tinggi dibanding jenis investasi lain.

Fluktuasi pada pasar saham yang terjadi tiap harinya ini membuat imbal hasil saham akan terpengaruh. Memang investasi dengan risiko yang tinggi akan berpeluang menghasilkan keuntungan yang besar pula.

Sebagai pemula, Anda harus melakukan riset dahulu terkait saham. Terdapat saham yang cocok untuk pemula sehingga Anda bisa mencoba memilih saham paling sesuai, minim risiko, dan mempunyai fundamental yang bagus.

Itulah beberapa jenis investasi yang cocok dilakukan oleh pemula. Beberapa investasi tersebut cukup aman dan minim risiko sehingga pemula bisa mulai untuk mencoba berinvestasi.

Sampai disini saja bahasan terkait Investasi apa yang cocok untuk pemula. Semoga bermanfaat!


Rhendrik Rian
Rhendrik Rian I was born, I was raised for this!

Post a Comment for "Mengenal Investasi Apa Yang Cocok Untuk Pemula"