Mengenal fitur Promote Gig pada Fiverr dengan detail

Cara cepat kita untuk mendapatkan orderan banyak di Fiverr adalah pastinya dengan menggunakan iklan untuk mempromosikan jasa yang kita jual. Fitur iklan yang tersedia pada Fiverr disebut fitur Promote Gig. Dimana ketika kita menggunakan fitur ini, gig kita dapat ditempatkan di fitur pencarian yang mudah ditemukan oleh para client yang sedang mencari jasa yang mereka butuhkan.

Sehingga peluang kita mendapatkan orderan akan lebih cepat dan diunggulkan daripada gig lain yang tidak menggunakan fitur ini.

Namun untuk menggunakan fitur ini tidak semua dapat menikmatinya. Hanya para seller berlevel 2 keatas yang dapat menggunakan fitur ini.

Mungkin ini cara Fiverr supaya gig yang dipromosikan benar-benar Seller yang sudah terbukti kualitasnya dibanding dengan seller level 0 atau 1 yang masih bisa dikategorikan seller awalan. Sehingga client tidak akan mendapatkan pelayanan yang buruk.

Sebenarnya di Fiverr sendiri sudah menjelaskan tentang fitur ini, namun saya akan menjelaskan tentang fitur ini dengan sangat detail berdasarkan pengalaman saya. Sehingga silahkan kamu pahami...

Dan untuk gig yang di promosikanpun tidak semua kita dapat diiklankan. Hanya beberapa gig saja yang memenuhi klasifikasi dari Fiverr yang dapat diiklankan. Berikut adalah klasifikasi gig yang dapat diiklankan berdasarkan ketentuan-ketentuan dari pihak Fiverr...

  1. Rating gig anda harus minimal 4.7, sehingga tentunya jika rating gig kamu dibawah rating ini tidak dapat dipromosikan walaupun kamu sudah masuk ke Level 2.
  2. Review/Ulasan gig minimal 20 review, dan tentunya lebih banyak lebih baik
  3. Klasifikasi dari pihak Fiverr sendiri, untuk ketentuan ini tidak disebutkan dengan jelas oleh pihak Fiverr. Mereka menjelaskan bahwa ada ketentuan tambahan yang pihak Fiverr sendiri tentukan.
Lalu apakah fitur promote gig di fiverr masih ada jika kita turun ke level 1 dari level 2?

Jika kamu turun level yang asalnya level 2 ke level 1 atau ke level 0. Untuk fitur promote gig akan masih tetap ada. Namun fitur ini jika kita aktifkan, maka tidak akan mempromosikan gig kita. Karena level Seller yang tidak memadai.

Ini seperti pengalaman saya dimana pada beberapa bulan kebelakang mengalami penurunan level dari level 2 ke level 1. Dan untuk fitur promote gig masih ada dan bisa kita aktifkan namun ada keterangan yang muncul bahwa menerangkan ditunda.

Saya lupa bagaimana tampilannya, namun bisa diartikan bahwa gig yang kita aktifkan untuk promosi sifatnya dipending atau sedang ditahan. Sehingga bisa diartikan lagi kita harus naik level 2 terlebih dahulu.

Kemudian bagaimana cara Promote Gig ini bekerja?

Untuk menggunakan fitur tambahan ini tentunya tidak gratis. Namun, kita bisa tentukan sendiri biaya yang siap kita keluarkan di promote gig ini.

Biaya minimal supaya promote gig ini bisa jalan yaitu $0.22 dan maksimal $3 perklik.

Maksud dari "perklik" disini yaitu biayanya akan keluar jika ada client yang mengklik gig kita yang sedang dipromosikan. Sehingga kamu jangan khawatir uang kamu akan cepat habis. Karena dengan sistem yang seperti ini memaksimalkan bahwa orang yang mengklik gig kita adalah orang yang benar-benar tertarik dengan gig kita.

Tentunya dengan biaya yang maksimal akan menghasilkan kinerja iklan yang lebih baik dan penempatan iklan yang akan jauh lebih terjangkau oleh client.

Untuk kamu yang pertama kali akan menggunakan fitur promote gig ini, kamu akan mendapatkan saldo $10 dari Fiverr khusus untuk digunakan sebagai promote gig. Fiverr disini memberi kita kesempatan bagaimana renyahnya fitur promote gig ini secara gratis. Dan tentunya jika nanti biayanya melebihi dari $10, maka biaya lebihnya akan diambil dari saldo kita yang tersedia.

Berikut adalah tampilan ketika saya menggunakan fitur promote Gig.


Oke, saya akan mencoba menjelaskan satu persatu dari tampilan diatas supaya kamu menguasai fitur promote gig ini.

Edit Daily Limit, ini berfungsi untuk membatasi biaya yang bisa kamu keluarkan perharinya. Jika kamu membatasi biaya ini sebanyak $10, maka jika nanti biaya iklan sudah memakan $10 dalam 1 hari. Maka iklan akan otomatis terhenti dan akan dilanjutkan pada esok harinya. Dan akan terluang sampai kamu sendiri mengubah batas limitnya.

Manage Payment, ini berfungsi jika kamu ingin menggunakan saldo tambahan seperti dari Paypal atau yang lainnya dengan kurs dollar. Sehingga kamu tidak bisa menggunakan Bank Lokal Indo untuk menggunakan sebagai biaya iklan.

This Month, ini berfungsi sebagai tanggal berapa atau kapan statistik Ads Performance menampilan statistiknya. Kamu bisa menggunakan tanggal berapa untuk mengetahui performa iklan kita pada tanggal tertentu.

Impressions, ini artinya adalah sejauh mana iklan kita ditayangkan. Jika tayangannya lebih banyak maka akan lebih bagus.

Clicks, ini artinya adalah berapa jumlah orang yang mengklik gig kita yang sedang diiklankan. Sehingga jika teman kita mengunjungi ke gig kita, maka tidak akan berpengaruh kecuali dengan mengklik gig kita dibagian pencarian dan sedang diiklankan. Semakin banyak yang klik iklan kita, maka akan semakin banyak biaya yang kita keluarkan, dan akan semakin banyak peluan kita mendapatkan orderan.

Orders, ini artinya adalah jumlah order yang sudah kita dapatkan. Jika jumlah ordernya lebih banyak, itulah tujuan kita.

Spent, ini artinya adalah biaya yang sudah kita keluarkan. Ini merujuk kepada jumlah klik yang kita dapatkan juga. Semakin banyak jumlah klik yang didapatkan, maka semakin banyak juga biaya yang dikeluarkan. Dan ini juga sesuai dengan biaya yang kita tentukan untuk beriklan. Jika kita menggunakan biaya $3 dan mendapatkan 2 klik, maka biaya yang dikeluarkan yaitu $6. Namun, terkadang biaya klik tidak sesuai dengan biaya klik yang kita tentukan. Rata-rata biayanya lebih rendah dari biaya klik yang kita tentukan.

Revenue, ini artinya penghasilan yang kamu dapatkan dari fitur promosi gig ini. Bisa diartikan bahwa jika kamu mendapatkan orderan dari fitur promote gig dengan harga $50, maka di revenue akan menampilkan harga tersebut disini. Tetapi jika kamu mendapatkan orderan dari bukan fitur promote gig. Maka tidaka akan ditampilkan disini.

Dan untuk mengaktifkan dan mematikan iklan promot gig, kita bisa menggunakan bagian centang hijau ada dibawah tulisan PROMOTE pada gignya masing-masing. Dari gambar diatas, saya sedang mengaktifkan iklannya dan untuk mematikannya kita bisa mengklik bagian centang tersebut sampai berubah menjadi abu-abu.

Lalu kapan kita ditagih untuk pembayaran fitur promot gig ini?

Untuk setiap pembayaran fitur promote gig besar biayanya sesuai dengan jumlah dari Spent. Maksudnya adalah, ketika kita menggunakan fitur promote gig, maka Fiverr tidak akan langsung memotong saldo kita terlebih dahulu. Namun mengumpulkan terlebih dahulu biaya anggaran yang akan mereka tagih kepada kita.

Dan untuk pembayaran biaya dari fitur promote gig sendiri adalah setiap awal bulan. Seperti jika kamu menggunakan fitur promote gig pada bulan Januari, maka pada awal bulan Februari saldo kita akan otomatis terpotong untuk membayar biaya promot gigi yang kamu lakukan sebelumnya dengan memberitahukan kepada kita terlebih dahulu melalu email.

Lalu apakah fitur promote gig ini sangat bermanfaat?

Jawabannya iya, untuk seller yang mengalami krisis impresi dan orderan. Fitur promote gig ini sangat membantu untuk memulihkan performa statistik dan penjualan kita. Terutama dengan para seller yang menjual jasa dengan harga yang tinggi-tinggi. Seperti ratusan atau bahkan ribuan dollar.

Namun akan sangat tercekik untuk para seller dengan menjual jasa yang harganya sangat kecil seperti $5. Karena kemungkinan besar pendapatan yang didapatkan dari fitur promote gig ini akan habis oleh biaya iklan yang digunakan. Dan ditambah belum pastinya mendapatkan orderan.

Untuk tampilan gig yang sedang kita iklankan yang dilihat oleh para client adalah seperti sama halnya penjual-penjual yang ada di Shopee yang mengiklankan produk mereka. Dimana akan ada dibagian atas pencarian dan ada tanda "Ads by (nama username kita)".

Dan jika kita mendapatkan orderan dari hasil fitur promot gig ini, maka tampilan orderannya akan ada keterangan seperti dibawah ini...

Orderan yang saya dapat dari hasil promote gig

Dimana akan ada tulisan "Promoted" yang artinya orderan ini ada karena fitur promote gig. 

Dan berikut adalah tampilan pesan dari client yang didapat dari hasil promote gig.

Pesan yang saya dapatkan dari client hasil promote gig


Jadi apakah kamu tertarik untuk menggunakan fitur promote gig ini? 

Kesimpulannya, pada tahap ini kamu harus benar-benar memperhitungkan terlebih dahulu untuk menggunakan promote gig ini, karena kemungkinan boncos akan terjadi. Dan kemungkin banjir orderanpun akan terjadi. Pastikan kamu menggunakan uang yang memang kamu rela jika hilang tanpa keuntungan.

Jika kamu mempunyai beberapa pertanyaan, kamu bisa menggunakan kolom komentari dibawah artikel ini. Demikian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat. Salam 5 Dollar...

0 Response to "Mengenal fitur Promote Gig pada Fiverr dengan detail"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel