5 Hal penting yang harus diperhatikan sebelum merancang aplikasi



Di zaman sekarang aplikasi sudah seperti mesin pembantu manusia dalam pekerjaaannya, sehingga mempermudah manusia dalam berbagai hal. Untuk membuat sebuah aplikasinyapun tidak mudah. Kita membutuhkan keterampilan programming yang lumayan tinggi dan mengerti bahasa-bahasa program, algoritma, syntax, variable, dan masih banyak lagi.

Namun ada 5 hal yang harus diperhatikan juga sebelum perancangan sebuah aplikasi selain keterampilan programing dan hal lainnya. Untuk itu saya akan menjelaskan 5 hal tersebut dibawah ini.

1. Kebutuhan Sistem


Untuk membuat sebuah aplikasi kita harus menentukan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang akan dibutuhkan dalam pembuatan sebuah aplikasi. Seperti aplikasi Desktop, apa saja yang akan kita butuhkan dalam perancangan aplikasinya, seperti aplikasi Visual Basic sebagai aplikasi perancangannya, Xampp/PhpMyAdmin untuk pembuatan databasenya, dan MySqlConnector yang digunakan untuk menghubungkan aplikasi yang kita buat dengan database. Kebutuhan sistem juga bisa berupa tahapan form-form apa yang kita nantinya butuhkan.

2. Hak Akses


Setelah Anda menentukan kebutuhan sistem untuk aplikasi yang dibuat. Sekarang yang harus diperhatikan adalah siapa saja orang yang akan menggunakan aplikasi yang Anda buat (Hak Akses). Seperti gambaran umum, jika Anda akan membuat sebuah aplikasi jual-beli (transaksi) maka yang sudah pasti akan menggunakannya adalah kasir dan seseorang yang dapat mengaksesnya juga (bisa Admin atau pemilik toko).

3. Database


Database juga bisa disebut "tokoh" penting dalam sebuah aplikasi, karena sangat berperan penting. Database sendiri berfungsi untuk menampung data-data yang nantinya diinputkan dari aplikasi sehingga masuk ke database secara rapih. Tentukan siapa saja akan terlibat dalam aplikasi yang Anda buat. Sebagai contoh aplikasi jual-beli (transaksi), sehingga dari aplikasi tersebut kita dapat menyimpulkan Objek yang terlibat adalah Kasir/penjual, Barang, dan pembeli. Sehingga ketiga objek tersebut adalah Entitas Database. Selanjutnya yang harus diperhatikan juga adalah atribut atau hal apa saja yang dibutuhkan dari kasir, pembeli, dan barang. Sebagai contoh adalah seperti Kasir (No_karyawan, Nama, dan Jenis_Kelamin), Barang (No_Barang dan Nama_Barang), Pembeli (No_KTP, Nama, dan Alamat). Setelah Anda menentukan atribut selanjutnya adalah tentukan primary key dan relasi. Untuk pembuatan Database Anda bisa menggunakan aplikasi Xampp dengan memanfaatkan PhpMyAdmin.

4. Aplikasi (Design)


Selanjutnya yang harus ditentukan adalah tampilan form design. Buatlah sketsanya di kertas terlebih dahilu atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi photo editor untuk membuatnya. Ini berfungsi supaya Anda tidak perlu lagi berpikir bagaimana lagi tampilan design ketika Anda memasuki tahapan Design Form. Saya sarankan buatlah design yang formal dan tidak tergolong terlalu rame seperti banyak warna.

5. Waktu


Terakhir yang harus diperhatikan adalah waktu pembuatan aplikasinya. Buatlah waktu target dimana aplikasi ini harus sudah selesai karena dengan ini akan membuat kita lebih rajin lagi dalam perancangannya. Saya tahu tidak semua orang memiliki banyak waktu luang, namun dengan ini kita juga akan mengalahkan rasa malas ketika aplikasi ini ada kendala atau sedikit kesalahan. Apalagi aplikasi yang kita buat adalah pesanan, sehingga waktu bisa menjadi point penting dalam perancangan aplikasi.

Nahh begitulah 5 hal yang harus diperhatikan sebelum perancangan aplikasi. Mungkin masih banyak lagi, namun saya mengambil poin-poin pentingnya.
Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Hal penting yang harus diperhatikan sebelum merancang aplikasi"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel