[Full] Cara membuat vector di Infinite Design bagian rambut dan mata pria

Membuat vector rambut dan mata pria/laki-laki dengan mudah
Vector Rambut dan Mata
Cara membuat vector di Infinite Design bagian rambut dan mata pria - Membuat vector terutama pada bagian rambut adalah bagian yang penting terutama pada objek seperti pria. Karena tentunya harus keren dan sekece mungkin. Salah satu contohnya seperti gambar diatas. Keren bukan? Hehe.

Setelah kemarin saya membagikan  Tutorial membuat Vector di Infinite Design bagian mulut dan gigi yang saya jelaskan secara mendetail secara keseluruhan. Maka kali ini saya membagikan tutorial vector tepat pada bagian rambut dan ditambah bonus tutorial matanya. Maka pantau terus ya blog ini, tempat belajar vector di Android (Infinite Design) yang kumplit dan gratis.

Oke, langsung saja ke pembahasan. Untuk membuat vector rambut, kamu harus punya terlebih dahulu pallet rambutnya. Kenapa? Supaya kamu tidak kebingungan untuk menentukan warna rambut yang akan kamu pakai.

Untuk pallet rambut, sudah saya sediakan dibawah ini. Silahkan save untuk keperluan kamu ya.
Pallet rambut untuk Vector
Pallet Rambut
Silahkan kamu tempelkan palletnya pada gambar yang ingin kamu buat vector. Bisa kamu gunakan aplikasi Picsqy Pro untuk menempelkan gambar tersebut ke gambar yang akan dibuat vector. Sehingga akan menjadi seperti dibawah ini.
Mentahan yang sudah diberi berbagai pallet
Menempelkan berbagai pallet para gambar yang akan dibuat vector
Jika sudah seperti diatas, silahkan save gambar tersebut ke Galery kamu dan masukan ke Infinite Design. Jika sudah dimasukan ke aplikasi Infinite Design, silahkan ikuti tutorial selanjutnya dibawah ini.

A. Membuat Vector pada bagian Rambut Pria

1. Membuat warna dasar rambut

Supaya lebih mudah dalam pembuatan vector pada bagian rambut, maka kita harus membuat warna dasarnya terlebih dahulu. Warna dasar pada pallet rambut yaitu warna yang paling gelap dari pallet tersebut, atau kita sebut saja warna no 1 supaya lebih mudah.

Gunakan tool "Lazy" dan line "Lasso" untuk pembuatan ya, supaya lebih mudah membuat bagian-bagian rambut yang runcing. 

Selanjutnya suntikan warna ke warna dasar pada pallet atau warna no 1. Kemudian klik icon Gerigi diatas dan aktifkan Outline supaya saat pembuatan gambar rambut pada objek akan tetap terlihat sehingga lebih mudah dan efisien.

Jika sudah, maka silahkan kamu warnai keseluruhan dari rambut sedikit demi sedikit seperti dibawah ini.
Warna dasar
Warnai sedikit demi sedikit

Buatlah serapih mungkin sesuai alur dari gambar rambut aslinya. Jangan lupa juga buat bagian-bagian rambut yang runcing supaya terlihat lebih hidup. Jika sudah diwarnai keseluruhannya, maka kurang lebih akan menjadi seperti dibawah ini.
Warna dasar pada rambut
Warna dasar terbuat
Untuk menampilkan tampilan seperti diatas, klik icon Gerigi dan matikan Outline kemudian matikan juga layer gambar dengan mengklik layer yang dan klik icon Mata. Maka akan muncul tampilan seperti diatas.

2. Membuat warna terang 1

Jika sudah membuat warna dasarnya, maka selanjutnya kita buat warna terang 1 pada rambutnya atau warna pallet no 2 setelah warna dasar tadi. Buatlah layer baru dan simpan tepat diatas layer warna dasar rambut tadi.

Gunakan tool yang sama yakni tool "Lazy" dan line "Lasso" untuk pembuatannya. Kemudian suntikan warna ke pallet rambut no 2.

Selanjutnya buatlah atau warnai rambut yang menurut kamu sedikit terang seperti dibawah ini dengan sedikit demi sedikit. Dan jangan lupa aktifkan Outline supaya lebih mudah dalam pewarnaan. Dan layer warna dasar diubah opacitynya dengan dikurangi, supaya sedikit tidak terlihat.
Warna terang 1 atau nomber 2 pada pallet
Warna terang 1
Buatlah dengan mengikuti alurnya, sebanyak mungkin sesuai dengan rambut pada gambar. Dan jangan lupa ujungnya dibuat runcing supaya penampilannya terlihat lebih kece. Maka akan seperti dibawah ini.
Warna terang 1 atau no 2 pada pallet
Warna terang 1 terbuat

3. Membuat warna terang 2

Masih dengan cara yang sama, namun warna terang 2 ini sedikit berbeda karena kita harus memerhatikan bagian rambut yang benar-benar lebih terang dari yang sebelumnya.

Buatlah layer baru dan simpan tepat diatas layer warna terang 1. Gunakan tool dan line yang sama yakni "Lazy+Lasso". Kemudian suntikan warna ke no 3 pada bagian pallet rambut. Dan jangan lupa aktifkan outlinenya ya.

Setelah itu silahkan kamu warnai area yang menurut kamu cocok untuk diwarnai sebagai warna terang 2. Maka kurang lebih akan seperti dibawah ini.
Warna terang 2 atau no 3 pada pallet
Warna terang 2
Sudah lebih terlihat hidup dan bervolume, bukan? Terakhir kita tinggal beri warna yang paling terang.

4. Membuat warna paling terang

Buatlah layer baru dan simpan tepat diatas layer warna terang 2. Kemudian gunakan tool dan line yang sama yakni "Lazy+Lasso", kemudian suntikan warna ke warna pallet rambut yang terakhir atau yang paling terang. 

Selanjutnya aktifkan outlinenya lagi. Lalu buatlah atau warnailah area rambut yang menurut kamu paling terang sesuai dengan gambar rambut aslinya. Maka kurang lebih akan menjadi seperti dibawah ini.
Warna rambut paling terang atau no 4 para pallet
Warna terterang
Buatlah sedikit demi sedikit seperti diatas sebanyak mungkin sesuai dengan gambar rambut aslinya. Karena nantinya akan lebih bervolume lagi dan lebih hidup. Sehingga hasilnya akan seperti dibawah ini.
Setelah jadi terbuat
Setelah vector rambut selesai terbuat
Jika sudah, maka selesai sudah juga tahap pembuatan vector pada bagian rambut pria. Silahkan kamu merger/satukan semua layer rambut namun sebelum itu, alangkah bagusnya kamu cek satu persatu apakah ada yang kurang. Jika sudah dicek, silahkan merger semuanya.

Kenapa harus dimerge? Supaya nantinya Infinite design yang kamu gunakan tidak akan leg atau yang benar adalah mengurangi resikonya force close. 

Jika sudah membuat tutorial rambut, seperti yang saya katakan diatas, bahwa saya akan memberikan sedikit tutorial juga untuk pembuatan tahap matanya juga. So, langsung saja berikut tutorialnya.

B. Membuat Vector pada bagian Mata

Masih dengan objek yang sama dengan tutorial rambut diatas, sehingga tutorial ini adalah tutorial lanjutannya. Simak tutorial vector bagian mata dibawah ini ya.

1. Membuat Line Art Mata dan Alis

Untuk membuat Line art mata, tool yang pertama kita gunakan adalah tool "Lazy" dan line "Laso". Kemudian kita gunakan warna dasar rambut tadi sebagai warna line artnya. Sehingga silahkan kamu suntikan warna ke warna dasar pada pallet rambut tadi.

Selanjutnya buatlah layer baru dan simpan paling bawah atau tepat dibawah layer warna dasar pada rambut. Jika sudah, aktifkan terlebih dahulu outline kemudian mulailah mewarnai area Alis. Buatlah beberapa area Alis yang sedikit runcing mengikuti pola gambar alis aslinya.

Jika sudah, buatlah layer baru lagi dan simpan tepat dibawah layer Alis. Kemudian kita gunakan tool "Lazy" dan line "Tappered" untuk membuat matanya. Senjutnya buatlah garis dengan mengikuti garis dari pola matanya. Sehingga membentuk sebuah tampilan mata seperti dibawah ini.
Line art mata dan Alis
Line Art Mata dan Alis

2. Membuat lensa mata

Setelah Alis dan bentukan mata terbuat, maka selanjutnya kita buat lensanya. Buatlah layer baru dan simpan paling bawah. Kemudian gunakan tool "Cricle/Lingkaran" dan line "Lasso". 

Kemudian jangan ubah warna, karena warnanya akan kita sama dengan warna rambut. Supaya lebih cocok. Selanjutnya, buatlah lingkaran tepat menutupi area lensa pada mata aslinya. Hapuslah bagian lingkaran yang menurut kamu berlebihan. Sehingga akan menjadi seperti dibawah ini.
Lensa dasar pada mata
Lensa mata
Jika sudah terbuat seperti diatas, maka kita buat lensa mata area terangnya. Buatlah layer baru dan simpan tepat diatas layer lensa yang tadi baru buat. 

Kemudian suntikan warna ke pallet no 3 pada rambut atau warna terang 2. Kemudian gunakan tool yang sama yakni "Circle/lingkaran + Lasso". 

Selanjutnya buatlah lingkaran kecil di bagian lensa tadi, namun tidak menutupi keseluruhan pada lensanya. Hapuslah bagian lingkaran yang menurut kamu terlalu berlebihan. 

Setelah itu, kita gunakan tool "Gradient" untuk langsung kita gradient. Klik gambar lingkaran yang kita buat tadi, kemudian ubah buletan kecil dibawah dengan yang satu ubah ke warna dasar pada rambut dan yang satunya lagi ubah ke warna rambut no 3 pada pallet. 

Selanjutnya, silahkan kamu sesuaikan gradientnya. Sehingga, kurang lebih akan menjadi seperti dibawah ini.
Warna terang mata yang digradient
Warna lensa terang yang digradient
Jika menurut kamu sudah sesuai, klik ceklis.

Selanjutnya, supaya lensa mata lebih terlihat real dan bervolume. Maka kita buat titik tengah pada lensa.

Buatlah layer baru dan simpan tepat diatas layer warna terang lensa tadi. Kemudian suntikan warna kembali pada warna dasar pada pallet rambut. Gunakan tool yang sama yakni tool "circle/lingkaran+Lasso". Selanjutnya buatlah buletan/lingkaran kecil seperti dibawah ini.
Titik tengah pada lensa
Titik tengah lensa
Setelah itu berilah effect cahaya seperti dibawah ini supaya lebih terlihat kinclong.
Effect pantulan cahaya pada lensa
Effect pantulan cahaya
Jika sudah, maka selesai sudah juga tahap pembuatan vector lensanya. Maka selanjutnya adalah kita buat bagian putih matanya atau area sisi dari lensanya.

Buatlah layer baru dan simpan paling bawah. Kemudian ubahlah warna menjadi warna putih/keabu-abuan. Gunakanlah tool "Pen" dan line "Lasso". Lalu warnailah area putih mata full seperti dibawah ini.
Bagian putih mata
Membuat putih mata
Selanjutnya buatlah bayangan-bayangannya, dengan merubah-rubah warna menjadi warna lebih gelap dari sebelumnya. Sebelumnya buat terlabih dahulu layer baru dan simpan diatas layer putih mata tadi. Kemudian buat seperti dibawah ini dengan menggunakan tool dan line yang sama.
Bayangan pada putih mata
Bayangan pada mata
Jika sudah, maka yang terakhir adalah kita beri warna merah di bagian sisi mata seperti dibawah ini.
Memberi warna merah pada sisi mata
Memberi warna merah / daging
Jika sudah, maka selesai sudah tahap pembuatan vector pada bagian Rambut dan mata pria ini. Maka tampilan sesungguhnya akan seperti dibawah ini.
Vector Rambut dan Mata pada pria
Vector Rambut dan Mata pada Pria
Silahkan kamu masuk ke tahap-tahap selanjutnya seperti membuat bibir dan gigi yang sudah saya buatkan artikelnya yang bisa kamu cek di beranda blog ini.

Nah itu tutorial Full dari tahap-tahap pembuat Vector rambut dan mata pria yang bisa yang saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan. Jika ada beberapa pertanyaan yang ingin disampaikan silahkan gunakan kolom komentar dibawah artikel ini atau masuk ke halaman Kontak untuk menghubungi saya ya.

Jangan lupa pantengin terus blog ini untuk update artikel-artikel terbarunya ya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa dishare ya.

0 Response to "[Full] Cara membuat vector di Infinite Design bagian rambut dan mata pria"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel