Tutorial Infinite Design : Membuat Vector bagian mata dan lensa bercorak



Tutorial Infinite Design : Membuat Vector mata lensa yang bercorak - Membuat vector pada bagian mata banyak sekali yang kesusahan. Sehingga realitanya berbeda dengan ekspetasi mereka. Jika kita menggunakan aplikasi Coreldraw x7 ataupun Photoshop, mungkin kita dapat membuatnya dengan mudah karena berbagai tool yang sudah tersedia.

Namun bagaimana dengan kita yang membuat Vector dengan menggunakan aplikasi Infinite Design? Alias menggunakan Android sebagai alat tempur.
Nah pada kesempatan kali ini, CaraVector akan membagikan tutorial sederhana dalam membuat Vector khususnya pada bagian Mata.
Sebelum masuk kepada tahap tutorialnya, silahlan save pallet Line Art dibawah ini jika diperlukan.
Jika sudah disave, silahkan simak tutorialnya dibawah ini.
  • Membuat Line Art
Pertama kita harus membuat Line Artnya terlebih dahulu supaya mudah dalam pembuatan Vector bagian mata. Silahkan gunakan tool "Pen" dan Line "Lasso", kemudian ubah warnanya menjadi warna line art yang telah saya sediakan diatas atau mungkin kamu punya pallet sendiri. Selanjutnya klik "gerigi" diatas atau icon "Setting" kemudian aktifkan "display outline".

Jika sudah, silahkan ikuti alur dari bulu mata dan tepian-tepiannya. Seperti dibawah ini.



Kemudian klik ceklis jika kamu merasa sudah pas. Jika ingin membuat bulu mata yang runcing dan yang lainnya kamu bisa menggunakan tool "Lazy" dan line "Lasso". Kemudian buatlah bulu mata yang runcing. Sehingga akan menjadi akan menjadi kurang lebih seperti dibawah ini. Jangan lupa off-kan terlebih dahulu "Display Outline-nya" untuk melihat hasil.
Untuk membuat garis melengkung seperti diatas, kamu bisa gunakan tool "Lazy" dan line "Tappered".
  • Membuat Lensa
Jika kamu sudah membuat line art, maka selanjutnya kita membuat lensanya. Silahkan kamu buat layer baru dan simpan diatas layer line art matanya. Kemudian gunakanlah tool "Circle" dan line "Lasso". Selanjutnya buatlah seperti dibawah ini.


Silahkan kamu edit untuk letaknya dengan menggunakan tool "Edit" dan hapus bagian lingkaran tersebut yang offside dengan tool "Lazy" supaya cepat.
Selanjutnya buatlah layer baru dan simpan diatas layer lingkaran tadi. Lalu buatlah lingkaran kembali dengan menggunakan tool "Circle" dan line "Lasso". Sebelumnya kamu harus rubah dulu warnanya dengan warna lensa yang kamu inginkan.
Buatlah dengan ukuran lebih kecil dari lingkaran yang sebelumnya. Buatlah seperti dibawah ini.
Gunakan tool "Edit" untuk menyesuaikan ukuran dan letaknya.
Selanjutnya beri effect gradient dengan menggunakan tool "Gradient" kemudian masing-masing ubahlahlah warnanya dengan warna lingkaran yang sebelumnya dengan warna lensa yang kamu inginkan. Sehingga akan menjadi seperti dibawah ini.
Klik ceklis jika kamu sudah merasa pas.
Selanjutnya kita buat lingkaran kecil ditengahnya supaya terlihat seperti lensa asli.
Buatlah layer baru dan simpan diatas layer lingkaran yang digradient tadi. Lalu buatlah lingkaran kecil pas ditengah-tengah. Dengan menggunakan warna lingkaran yang pertama/warna line art.
Gunakan tool "Edit" untuk menyesuaikan ukuran letaknya. Sehingga akan menjadi seperti dibawah ini.
Klik ceklis jika sudah merasa pas.
Nah pada tahap ini lensa dasarnya sudah terbuat. Selanjutnya buat area pupilnya terlihat lebih real. Dengan memberikan effect bayangan dan corak dari lensanya.
Buatlah layer baru dan simpan tepat dibawah layer lingkaran kecil tadi dan diatas layer lingkaran yang digradient. Atau perhatikan urutan layer dibawah ini.
Selanjutnya kita gunakan tool "Radial" dan "Lazy" serta line "Lasso" untuk membuat corak matanya. Ubahlah warnanya menjadi warna lensa yang tadi kamu tentukan, akan tetapi ubahlah menjadi lebih terang. Dan ubah juga opacitynya sesuaikan.
Tentukanlah posisi dari radialnya tepat ditengah dari pupil matanya. Sehingga akan menjadi seperti dibawah ini.
Kemudian buatlah corak yang kamu inginkan. Sebagai contoh bisa seperti dibawah ini.
Silahkan klik icon radialnya jika coraknya sudah sesuai dengan keingin kamu...
Setelah coraknya terbuat. Selanjutnya kita buat effect pantulan cahaya. Silahkan buatlah lauer baru dan simpan paling atas. Gunakan tool "Lazy" dan line "Lasso". Kenudian ubahlah warna menjai warna putih dan opacity diturunkan sesuaikan.
Kemudian buatlah kurang lebih seperti dibawah ini.
Setelah pantulan cahaya terbuat. Selanjutnya buatlah beberap hal pendukung lainnya. Seperti bayangan pada mata dan daging yang menonjol pada area sisi mata. Sehingga akan menjadi seperti dibawah ini.
Membuat warna dasar mata, yaitu putih.
Membuat bayangannya...
Dan yang terakhir buatlah daging area sisi matanya. Seperti dibawah ini.
Nah itulah sedikit tutorial Vector pembuatan mata yang bercorak. Cukup mudah, bukan?
Silahkan selanjutnya kamu bisa menlanjjutkan belajar Vector di Infinite Design pada tahap-tahap selanjutnya.
Mungkin cukup sekian tutorial Vectorr mata bercorak di Infinite Design yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat ya.

1 Response to "Tutorial Infinite Design : Membuat Vector bagian mata dan lensa bercorak"

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel