Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

9 Kesalahan - kesalahan yang sering terjadi pada aplikasi photoshop yang harus dihindari

Saat menggunakan Adobe Photoshop, ada beberapa kesalahan umum yang dapat terjadi yang sering merugikan kita sebagai pengguna aplikasi photoshop. Dan kesalah ini harus kita hindari supaya kita tetap nyaman dalam menggunakan aplikasi photoshop ini.

Berikut adalah beberapa error yang sering terjadi dan cara menghindarinya

1. Crashes atau Hangs

Photoshop bisa menjadi tidak responsif atau bahkan crash terkadang. Ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk ketidakcocokan perangkat keras atau masalah dengan plugin pihak ketiga. Untuk menghindarinya, pastikan Anda memiliki versi Photoshop yang terbaru, perbarui driver perangkat keras Anda, dan pastikan plugin yang Anda gunakan kompatibel dengan versi Photoshop Anda.

2. Kehilangan Data

Kehilangan data adalah hal yang perlu dihindari dengan sangat hati-hati. Pastikan Anda selalu membuat salinan cadangan file Anda dan menyimpan proyek Photoshop Anda secara berkala. Gunakan penyimpanan awan atau perangkat penyimpanan eksternal untuk menjaga keamanan data Anda.

3. Kesalahan dalam Pemilihan

Salah satu kesalahan umum adalah membuat pemilihan yang tidak tepat. Pastikan Anda memahami cara menggunakan alat pemilihan dengan benar dan memeriksa pemilihan Anda sebelum melakukan tindakan yang permanen seperti pemotongan (crop) atau penghapusan.

4. Resolusi Gambar yang Tidak Tepat

Jika Anda mengedit gambar dengan resolusi yang terlalu rendah, hasil akhirnya mungkin terlihat buram atau tidak berkualitas. Pastikan Anda memahami resolusi gambar dan bekerja dengan gambar dalam resolusi yang sesuai untuk keperluan Anda.

5. Menggunakan Gambar Berkualitas Rendah untuk Cetak

Jika Anda merancang sesuatu yang akan dicetak, pastikan gambar yang Anda gunakan memiliki resolusi yang cukup tinggi (biasanya 300 dpi). Menggunakan gambar beresolusi rendah dapat menghasilkan hasil cetakan yang buruk.

6. Lupa Menyimpan Pekerjaan

Jangan lupa untuk menyimpan pekerjaan Anda secara teratur. Gunakan keyboard shortcut (misalnya, Ctrl + S di Windows atau Command + S di Mac) untuk menyimpan pekerjaan Anda secara berkala. Jika Anda lupa menyimpan dan Photoshop crash, Anda dapat kehilangan pekerjaan Anda.

7. Menggunakan Alat yang Salah

Salah menggunakan alat atau filter tertentu dapat merusak gambar Anda. Pastikan Anda memahami cara menggunakan alat dan filter sebelum menggunakannya pada gambar penting.

8. Tidak Memahami Warna dan Mode Warna

Menggunakan mode warna yang salah atau tidak memahami manajemen warna dapat menghasilkan perbedaan warna yang tidak diinginkan pada output akhir Anda. Pastikan Anda memahami mode warna yang sesuai untuk proyek Anda.

9. Penggunaan Font yang Tidak Terlisensi

Jika Anda menggunakan font yang tidak terlisensi, Anda dapat menghadapi masalah hukum. Pastikan Anda hanya menggunakan font yang Anda miliki lisensinya atau yang tersedia secara legal.

Menghindari kesalahan-kesalahan ini memerlukan pemahaman yang baik tentang Photoshop dan prinsip-prinsip desain grafis. Selain itu, selalu disarankan untuk menyimpan salinan cadangan proyek Anda dan mengamati praktik-praktik terbaik dalam penggunaan perangkat lunak ini.

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang freelancer Designer grafis yang berusah sharing ilmu yang semoga bermanfaat untuk para pengunjung blog saya ini.

Post a Comment for "9 Kesalahan - kesalahan yang sering terjadi pada aplikasi photoshop yang harus dihindari"