Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Perbandingan buku fisik dan buku digital, mana yang terbaik?

Membaca buku adalah suatu kebiasaan yang membuat ilmu pengetahuan kita bertambah. Kita dapat melihat dunia dengan hanya membaca buku. Meningkatkan pola pikir kita dan tentu dapat merubah perilaku kedalam kehidupan kita jika kita menerapkan poin-poin penting yang didapat dari buku yang kita baca.

Salah satu alasan mengapa suatu negara dapat menjadi suatu negara yang maju adalah dikarenakan memiliki tingkat literasi masyarakat yang sangat tinggi ketimbang negara lain yang masih berkembang. Ini membuat masyarakat di negara maju memiliki kesadaran ilmu pengetahuan yang baik.

Semakin berkembangnya jaman jenis-jenis bukupun ikut berkembang. Saat ini ada dua jenis buku yang beredar. Yaitu buku berupa cetak (fisik) dan buku berupa digital (e-book).

Keduanya masih bisa dikatakan sebuah buku yang sama namun dengan implementasi yang berbeda. Buku cetak masih berupa buku kertas seperti buku-buku dari jaman dahulu, sedangkan buku digital yaitu berupa file buku yang hanya bisa kita akses menggunakan gadget saja. Sehingga keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan dari penggunaannya, namun dengan isi yang masih sama.

Lalu bagaimana perbandingan diantara keduanya ketika kita membacanya? Manakah yang terbaik?

1. Distraksi

Notifikasi-notifikasi dari apikasi social media tidak akan pernah berhenti bermunculan sampai kita membuka notifikasi tersebut. Entah itu pesan grup WhatsApp ataupun notifikasi dari Instagram yang akan membuat kita terganggu ketika membaca buku versie digital.

Sehingga akan membuat kita tidak fokus untuk memahami apa yang sedang kita baca.

Sedangkan jika kita menggunakan buku fisik, kita akan fokus terhadap isi dari buku yang kita baca tanpa adanya gangguan.

2. Efisiensi

Berdasarkan efisiensi tentunya berbeda. Jika kita membaca buku fisik kita membutuhkan ruang untuk penyimpanan buku tersebut. Sehingga kita perlu menyisihkan space tertentu sebagai tempat penyimpanan buku tersebut.

Apalagi jika kita ingin bepergian, maka kita perlu membawa tas khusus untuk membawa buku fisik yang suka kita baca.

Berbeda dengan buku digital, kita hanya perlu membukanya di smarhphone kita yang tentunya sering kita bawa kemana-mana. Sehingga tidak perlu kita menyisihkan ruang tertentu atau bahkan membawa tas khusus lagi.

3. Estetika

Banyak orang menggunakan buku selain sebagai bahan bacaan juga sebagai pajangan. Sehingga buku fisik sangat bagus digunakan sebagai pajangan di ruangan-ruangan tertentu.

Berbeda halnya dengan buku digital, buku digital hanya bisa kita baca di media eletronik saja sehingga tidak bisa kita gunakan bahan pajangan di ruangan tertentu.

4. Kelestarian alam

Dengan banyaknya buku yang diproduksi tentu saja membutuhkan banyak pohon yang harus dikorbankan untuk dijadikan sebagai kertas pada buku fisik. Sehingga tentunya tidak baik untuk kelestarian alam kita. 

Berbeda dengan buku digital, buku digital tidak memerlukan bahan tertentu dikarenakan buku digital hanya memerlukan media elektronik saja seperti smarthphone dan komputer. Sehingga untuk kamu yang mencintai alam, menggunakan buku digital sebagai dalam rangka melestarikan lingkungan menjadi lebih cocok untuk kamu.

5. Ketahanan

Dalam segi ketahanan tentu buku fisik dan buku digital memiliki ketahanan yang berbeda. Buku fisik lebih cenderung tidak akan kuat tahan lama dikarenakan oleh banyak faktor seperti sobek, terbakar, dimakan rayap, dimakan tikus, kebasahan, atau bahkan hilang dicuri.

Sedangkan buku digital akan terus ada selagi kita memiliki media eletronik untuk membukanya dimanapun dan kapanpun selagi kita tidak menghapus buku digital tersebut.

6. Harga

Dari segi harga tentunya juga sangat berbeda. Buku fisik cenderung memiliki harga yang lebih mahal karena buku fisik melalui banyak hal seperti pencetakan, penyusunan, dan penjilidan.

Sedangkan buku digital tidak melalui mekanisme seperti itu. Buku digital sifatnya non fisik sehingga tidak memerlukan pencetakan. Sehingga harganya lebih terjangkau dibanding buku fisik.

7. Kesehatan mata

Dari segi kesehatan mata, tentunya buku fisik lebih unggul daripada buku digital. Buku fisik tidak mengeluarkan radiasi apapun ketika kita membacanya. Kita hanya perlu ruangan dengan pencahayaan yang cukup dan kita bisa membacanya dengan nyaman.

Berbeda dengan buku digital, semua media elekronik mengeluarkan cahaya radiasi yang dapat mengganggu kesehatan mata kita. Sinar yang keluar dari layar tersebut dapat membuat mata kita mudah lelah sampai bisa membuat mata kita rabun.

Sehingga dari segi kesehatan, buku fisik lebih unggul ketimbang buku digital.

8. Ketersediaan

Ketersediaan menjadi faktor penentu apakah kita bisa membaca buku yang kita inginkan atau tidak. Untuk buku digital kita tidak perlu khawatir tentang ketersediaan karena buku digital sifatnya unlimited. Unlimited dikarenakan buku digital tidak memerlukan bahan apapun tidak seperti buku fisik.

Buku fisik tentunya memiliki batas ketersediaan dikarenakan buku fisik dicetak dengan jumlah tertentu yang dibatasi. Dengan banyaknya peminat kepada buku tertentu, maka ketersediaan buku tersebut juga berkurang.

Sehingga buku digital lebih unggul ketimbang buku fisik dari segi ketersediaan.

9. Legalitas

Buku yang harus kita baca adalah tentunya buku yang original. Original disini adalah artinya buku tersebut jika kita beli, maka penulis mendapatkan hal royaltinya terhadap buku yang mereka tulis tersebut.

Namun sayangnya untuk buku fisik terlalu banyak plagiat-plagiat yang membuat buku ilegal dengan membuatnya semirip mungkin dengan buku original. Sehingga pembeli yang ingin membaca buku tersebut sering terkecoh.

Berbeda dengan buku digital, tidak akan ada yang namanya plagiat di buku digital ini. Namun banyak orang-orang yang tak bertanggung jawab membuat cloningan dari buku digital tersebut juga dengan cara mencetaknya menjadi buku fisik atau bahkan membagikannya sebagai file pdf kepada orang lain.

Sehingga dari segi legalitas ini kedua jenis dari buku fisik atau digital memiliki masalahnya masing-masing.

10. Cara pembelian

Untuk membeli buku fisik tentunya kita memerlukan waktu dan tenaga untuk mendapatkan buku tersebut. Karena kita perlu datang ke Gramedianya atau toko buku lainnya untuk mendapatkan buku yang kita inginkan.

Sedangkan buku digital kita tidak terlalu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk mendapatkan buku yang kita inginkan. Kita hanya perlu membuka di aplikasi buku seperti Google Play book dan mencari buku yang akan kita beli dan baca tanpa harus keluar rumah alias dimana dan kapanpun serta tak menunggu banyak waktu kita bisa langsung membacanya saat itu juga.

Nah itulah beberapa perbedaan antara buku fisik dan buku digital yang bisa kita gunakan sebagai pertimbangan ketika ingin membaca buku. Saya sebagai seseorang yang juga suka membaca buku memilih untuk membaca buku fisik. Dikarenakan saya ingin membaca buku tanpa banyak distraksi dari sosial media. Lalu bagaimana dengan kamu? 

Silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan. Semoga bermanfaat.

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang Blogger yang masih mencari ilmu dan masih banyak salah. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi Sobat yang mengunjungi.

Post a Comment for "Perbandingan buku fisik dan buku digital, mana yang terbaik?"