Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Cara mudah membuat contour seperti stiker di Procreate


Procreate adalah aplikasi dengan fitur lengkap untuk memudahkan kita membuat design ilustrasi yang menarik dan keren. Procreate juga merupakan salah satu aplikasi penting yang sering digunakan oleh ilustrator-ilustrator profesional dunia untuk memudahkan mereka membuat ilustrasi yang mereka inginkan.

Namun jika kamu adalah seorang pemula yang belum paham dalam menggunakan aplikasi procreate ini, kamu bisa cek artikel-artikel tentang procreate di blog ini untuk bisa kamu pelajari dan pahami. Sehingga kamu bisa lebih menguasai aplikasi procreate ini.

Sehingga pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial procreate yang bisa kamu praktekan yaitu bagaimana cara membuat contour di aplikasi procretae ini.

Contour ini adalah semacam garis luar yang mengeliling design yang kita buat. Berikut adalah contoh design yang diberi contour dan tidak diberi contour...

KIRI TANPA CONTOUR - KANAN DENGAN CONTOUR

Sehingga contour ini sangat bermanfaat untuk ilustrasi yang akan digunakan pada kaos yang memiliki warna yang hampir sama dengan warna dominan dari ilustrasinya. Sehingga ilustrasi tersebut tidak terlihat menyatu dengan warna kaous.

Untuk cara membuatnya sangatlah mudah, berikut adalah cara bagaimana membuat contour di procreate...

1. Ubah warna ke posisi putih

Silahkan kamu posisikan warna ke warna putih atau ke warna lain yang ingin kamu terapkan pada contournya, disini sebagai contoh saya menggunakan warna putih.




2. Duplicate design

Lalu silahkan kamu duplicate layer design kamu dan pilihlah pada layer yang kedua atau bawah. Jika layer design kamu berupa grup layer, silahkan kamu duplicate grup tersebut dan pilih grup layer yang bawah, dan kamu bisa buat grup layer tersebut menjadi 1 layer saja dengan cara klik pada grup layer dan pilih Flatten.




Maka grup layer tersebut menjadi 1 layer saja.

3. Beri Alpha Lock dan Fill Layer

Kemudian klik kembali layer design kamu yang kedua dan pilih Alpha lock, lalu klik kembali layer design kamu dan pilih Fill layer, maka design kamu pada layer tersebut menjadi full putih.




Selanjutnya klik kembali layer tersebut dan klik pada bagian Alpha Lock sehingga centang pada Alpha Lock menghilang.

4. Gaussan Blur

Lalu silahkan kamu klik Effect dan pilih Gaussan Blur. Kemudian silahkan kamu swap ke kanan sampai blurnya menjadi 5% saja.




5. Select Otomatis & Color fill

Selanjutnya yang terakhir adalah silahkan kamu klik Select, kemudian aktifkan Color fill seperti dibawah ini, dan pilih select yang Automatic/Otomatis.




Lalu kamu swap ke kiri sedikit kemudian langsung swap kekanan sampai memunculkan contournya seperti dibawah ini.

Ketika kamu swap layar ke kiri, jangan kamu angkat terlebih dahulu ketika berubah ke kanan. Kamu bisa langsung tarik kekanan ketika sudah kekiri.




Sehingga hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini dimana contournya sudah muncul...


Jika menurut kamu contournya terlalu kecil, kamu bisa ubah Gaussan Blurnya dari 5% menjadi lebih dari 5%. Berikut adalah contoh ketika saya perbesar menjadi 24%...



Nah itulah tutorial bagaimana membuat contour pada sebuah design ilustrasi yang bisa kamu praktekan pada projek kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan yang kamu ingin tanyakan, silahkan gunakan kolom komentari dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat...

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian I was born, I was raised for this!

Post a Comment for "Cara mudah membuat contour seperti stiker di Procreate"