Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Ini cara mengatasi Buyer yang ingin cancel order di Fiverr


Kita pasti sudah sering mendapatkan buyer yang tiba-tiba meminta cancel order kepada kita sebagai seller di Fiverr. Yang sering membuat kita bertanya-tanya alasannya mengapa si buyer ingin cancel order. Ini bisa terjadi dikarenakan adanya kekeliruan kita sebagai seller dalam memahami brief dari client atau client sendiri yang gagal dalam menjelaskan dengan baik brief dari projek yang dia inginkan.

Sehingga jika hal ini terjadi, ada beberapa cara untuk mengatasi buyer yang minta cancel di Fiverr yang bisa kamu aplikasikan jika masalah ini terjadi sebagai berikut. 

1. Komunikasikan dengan baik

Pastikan untuk selalu terbuka dan transparan dalam komunikasi dengan buyer. Jika buyer memiliki masalah atau keluhan, cobalah untuk menyelesaikannya dengan cara yang santun dan profesional. Jika buyer sudah mengajukan pembatalan lewat Resolusi Center, kita bisa menahan untuk mengklik Accept atau Decline dulu. Selanjutnya kita hubungi buyer melalui pesan dan tanyakan lebih jelas alasan kenapa Buyer ingin membatalkan projek yang sedang berlangsung...

2. Pastikan Anda mengerti kebutuhan buyer

Pastikan Anda memahami persis apa yang buyer inginkan dan berusaha untuk memberikan yang terbaik sesuai kebutuhan tersebut. Kebanyakan buyer di Fiverr tidak terlalu jelas dalam menjelaskan brief dari projek yang dia inginkan, sehingga pastikan kamu memahami ulah brief dan bertanya kepada client tentang briefnya jika kita ada salah dalam memahami brief dari Buyer. Dan jangan lupa meminta maaf kepada client jika kita yang salah dalam memahami brief, dan ajak buyer untuk melanjutkan projek yang sedang berlangsung dan memastikan buyer bahwa kita akan memperbaiki kesalahan kita.

3. Berikan solusi

Jika buyer ingin cancel, cobalah untuk memberikan solusi yang dapat membuat buyer merasa puas dan tidak ingin cancel. Misalnya, Anda dapat memberikan kompensasi atau revisi gratis. Atau bahkan anda bisa memberikan bonus seperti gratis source file juga.

Jika orderan yang sedang berlangsung batal, maka kita sebagai seller akan rugi banyak seperti habis waktu sia-sia tanpa ada bayaran, serta rating Order Complete kita akan turun. Dan ini akan mempengaruhi performa dari gig di waktu yang akan datang.

4. Hindari konflik

Jika buyer meminta cancel dan Anda merasa tidak setuju, cobalah untuk tidak memicu konflik dan mencari solusi yang win-win untuk kedua belah pihak. Jika konflik sampat terjadi dan kita dianggap sebagai seller yang toxic, kita bisa dilaporkan oleh buyer ke CS Fiverr. Sehingga akan ada dampak negatif ke akun kita yang dapat menyebabkan akun kita dibanned.

5. Gunakan fitur resolusi masalah di Fiverr

Jika semua solusi sudah diberikan kepada si Buyer dan Buyer tetap ingin cancel order. Fiverr menyediakan fitur resolusi masalah yang memungkinkan kita untuk menyelesaikan masalah dengan buyer secara aman dan profesional. Atau kamu bisa menggunakan fitur Help and Support dengan meminta bantuan CS Fiverr untuk membatalkan projek kita dengan buyer dengan menjelaskan kenapa kita ingin membatalkan projek ini. Jika Fiverr memahami bahwa yang salah adalah buyer, maka raitng Order Complee kita tidak akan turun. Tetapi jika Fiverr memahami yang salah adalah Seller, maka rating kita akan tetap turun...

6. Pahami syarat dan ketentuan Fiverr

Pastikan anda mengetahui dan memahami segala syarat dan ketentuan yang diterapkan Fiverr, untuk menghindari hal-hal yang merugikan dalam transaksi

Ingatlah bahwa Fiverr adalah platform yang mengutamakan kepuasan buyer, jadi kita sebagai seller harus pastikan untuk selalu berusaha menyelesaikan masalah dengan cara yang profesional dan santun. Sehingga hubungan kita dengan Buyer akan tetap baik, dan siapa tau Buyer tersebut akan datang kembali kepada kita dengan projek yang lebih baik lagi. 

Nah itulah beberapa cara mengatasi Buyer Fiverr yang ingin cancel order yang bisa kamu coba. Jika kamu ada pertanyaan, silahkan gunakan kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat...

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian I was born, I was raised for this!

Post a Comment for "Ini cara mengatasi Buyer yang ingin cancel order di Fiverr"