Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Fungsi fitur Alpha Lock, solusi jika layer procreate telah terbatas

 


Jumlah layer pada procreate disesuaikan dengan spesifikasi dari Ipad yang kita gunakan dan berapa ukuran canvas yang kita tentukan. Jika spesifikasi Ipad kita rendah maka layer yang bisa anda dapat lebih sedikit dan begitupula jika terlalu besar ukuran canvas yang anda tentukan.

Maka dari itu banyak pengguna Procreate yang mengeluh dengan jumlah layer yang terbatas dikarenakan spesifikasi Ipad mereka yang rendah. Sehingga jika mereka menginginkan jumlah layer yang banyak maka mereka harus upgrade ke Ipad dengan spesifikasi yang lebih tinggi atau memperkecil ukuran canvas yang mereka gunakan.

Maka dari itu, saya memiliki solusi jika kita memiliki permasalahan yang sama yaitu dengan menggunakan fitur Alpha Lock. 

Jika projek yang kita buat membutuhkan layer yang banyak dikarenakan kita membutuhkan fitur Cliping Mask yang tentunya dengan menggunakan fitur ini memakan terlalu banyak layer. Kita bisa menggunakan fitur Alpha Lock untuk menggantinya.

Fungsi Alpha Lock hampir sama dengan fitur Cliping Mask. Namun bedanya Alpha Lock tidak membutuhkan layer tambahan seperti Cliping Mask. Dengan begitu kita bisa menghemat layer dengan baik.

Untuk menggunakan fitur Alpha Lock caranya cukup mudah, yaitu :

Pilih layer yang ingin dibuat Alpha Lock lalu klik satu kali dan akan muncul beberapa option seperti ini


Lalu pilih Alpha Lock, maka preview dari layernya akan muncul kotak-kotak seperti dibawah ini...


Sekarang kita bisa menggambar didalam objek pada layer yang sudah kita jadikan Alpha Lock selayaknya Clipping Mask seperti dibawah ini tanpa layer tambahan.


Kita bisa memanfaatkan fitur Alpha Lock ini jika kita membutuhkan Cliping Mask namun keadaan layer sedang terbatas. Sehingga kita bisa memaksimalkan jumlah layer yang ada untuk kebutuhan menggambar kita.

Nah itulah sedikit cara bagaimana kita bisa menghemat layer yang terbatas pada aplikasi Procreate. Jika kamu ada pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat...

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang freelancer Designer grafis yang berusah sharing ilmu yang semoga bermanfaat untuk para pengunjung blog saya ini.

Post a Comment for "Fungsi fitur Alpha Lock, solusi jika layer procreate telah terbatas"