Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Rekomendasi Sektor Saham Paling Aman untuk Pemula

Sebagai pemula, tentunya Anda menginginkan untuk bermain saham dengan risiko yang seminimal mungkin. Hal ini berkaitan dengan kemampuan Anda yang masih newbie di dunia saham. Nah, untuk itu Anda bisa mencoba beberapa sektor saham paling aman untuk pemula.

Dengan mempertimbangkan sektor saham yang bagus untuk pemula ini, maka Anda bisa mendapatkan potensi dan peluang untuk untung dengan lebih baik. Berikut ini ialah sektor saham aman dan paling menguntungkan:

Basic Industri

Sektor investasi saham paling cuan namun tetap aman yang pertama ialah basic industri. Basic industri atau industry dasar ini ialah sektor perusahaan yang melibatkan konvesrasi bahan baku organic ataupun anorganik menjadi produk melalui proses kimia tertentu.

Adapun kapitalisasi terbesar pada industry basis ini yakni berada pada subsektor semen, proselen dan kaca, keramik, logam, kimia, kemasan dan plastik, kayu dan olahannya, pakan ternak, serta kertas dan pulp kayu.

Sektor Pertambangan

Sektor pertambangan juga termasuk sebagai rekomendasi sektor saham paling diincar oleh para investor. Dalam hal ini, pertambangan memiliki sentiment positif pada pasar saham yang disebabkan oleh isu perdebatan secara global.

Beberapa isu tersebut seperti energy yang ramah lingkungan untuk mobil listrik. Adanya gagasan tersebut membuat sektor pertambangan memiliki potensi bagus ke depannya.

Sektor Perbankan

Saham yang terdapat di sektor perbankan ini dipercaya bisa mendatangkan pundi-pundi cuan untuk Anda. Bahkan prospek bidang perbankan ke depannya juga terbilang baik. Hal ini mengingat tiap orang pasti melakukan transaksi perbankan. 

Oleh karena itu, terbilang wajar jika industry perbankan ini sering dilirik oleh investor karena menjadi sektor investasi yang sulit mati. Terlebih lagi untuk bank yang sudah memiliki nama besar hingga saat ini.

Untuk itulah, bagi pemula sangat direkomendasikan untuk menaruh sahamnya pada sektor ini karena harga saham perbankan terbilang tidak terlalu fluktuatif. Walaupun saham perbankan turun, namun kemungkinan besar akan cepat ke harga yang sama ataupun bahkan lebih tinggi.

Sektor Properti

Sektor yang tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai tujuan investasi bagi pemula ialah sektor real estate atau properti. Saat ini bidang property sedang mengalami masa kejayaan dimana terlihat dari banyaknya pembangunan oleh pemerintah ataupun developer swasra.

Harga saham di bidang properti pun terbilang memiliki potensi yang baik untuk selalu mengalami kenaikan. Bahkan ketika developer menang tender, maka harga saham bisa naik berkali-kali lipat sesuai meningkatnya permintaan.

Untuk itulah terdapat tips bagi pemula yakni cobalah untuk mengincar saham property dengan harga murah namun mempunyai prospek yang menjanjikan di masa mendatang. Prospek ini bisa Anda lihat dari laporan keuangan emiten tersebut sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembelian saham.

Sektor Kebutuhan Pokok

Rekomendasi sektor saham aman untuk pemula selanjutnya ialah sektor F&B atau kebutuhan pokok. Pada sektor ini selain terbailang aman juga diperkirakan akan menjadi sektor saham yang sangat cuan.

Hal ini berkaitan dengan kebutuhan manusia akan makanan yang sangat krusial demi kelangsungan hidup. Tak heran apabila sektor kebutuhan pokok ini terbilang sebagai industry yang eksis dan tak ada matinya.

Bahkan banyak analisis yang menyatakan bahwa investasi di pasar modal pada sektor kebutuhan pokok ini mempunyai ketahanan dalam menghadapi gejolak perekonomian yang tak tentu.

Anda bisa mempertimbangkan sektor ini karena besar kemungkinan bahwa harga saham akan cenderung stabil walaupun terdapat isu ekonomi yang tidak sedap. Harga saham yang stabil ini sangat aman dijadikan sebagai pilihan investasi saham bagi pemula yang minim risiko.

Baiklah, mungkin hanya itu saja rekomendasi dari sektor saham paling aman untuk pemula. Semoga rekomendasi di atas bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang hendak menanamkan modalnya sebagai saham pada perusahaan.

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang freelancer Designer grafis yang berusah sharing ilmu yang semoga bermanfaat untuk para pengunjung blog saya ini.

Post a Comment for "Rekomendasi Sektor Saham Paling Aman untuk Pemula"