Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Pengertian Apa itu Deviden dan Capital Gain, Lengkap!

Berbincang mengenai dunia investasi dan saham, tentunya tak asing lagi dengan istilah dividen dan capital gain. Kedua hal tersebut merupakan keuntungan yang didapatkan dari perdagangan saham. Lantas, sebenarnya apa itu deviden dan capital gain?

Tenang saja, pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut penjelasan sekaligus perbedaan deviden dan capital gain. Untuk itu, simak pembahasannya lebih lanjut.

Pengertian Deviden dan Capital Gain

Bahasan pertama yaitu mengenai pengertian deviden dan pengertian capital gain. Jadi, dividen ialah suatu imbal hasil dari penanaman modal yang didapatkan investor setelah melakukan perdagangan saham dalam jangka panjang.

Imbal hasil yang dimaksud tersebut didapatkan dari laba atau profit yang didapatkan oleh perusahaan dimana sebagiannya akan dibagikan pada investor dalam bentuk deviden.

Dengan kata lain, dividen ialah keuntungan yang akan didapatkan oleh para investor yang menanamkan modalnya di pada perusahaan sehingga mendapatkan bagian ketika pembagian laba perusahaan.

Sementara itu, capital gain adalah keuntungan yang didapatkan dari selisih harga saham. Perlu diketahui bahwa harga saham cenderung naik turun sehingga selisih ini bisa Anda peroleh sebagai keuntungan apabila harga saham mengalami kenaikan.

Keuntungan dari capital gain ini tidak dipengaruhi oleh laba perusahaan namun nilai saham di pasar modal sekaligus waktu transaksi. Apabila Anda membeli saham dalam harga yang murah dan menjualnya di harga tinggi beberapa saat kemudian, maka itulah keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Secara garis besar, baik dividen ataupun capital gain merupakan keuntungan yang didapatkan oleh pemodal saham. Walaupun deviden dan capital gain ini sama-sama hal yang menguntungkan untuk investor namun keduanya mempunyai perbedaan yang signifikan. 

Perbedaan Deviden dan Capital Gain

Deviden dan capital gain memiliki beberapa perbedaan walaupun sama-sama didapatkan investor dari aktivitas perdagangan saham. Di bawah ini akan dipaparkan perbedaan diantara keduanya.

1. Sumber perolehan

Ditinjau berdasarkan sumber perolehannya, deviden dan capital gain berbeda perihal sumber perolehan. Dividen didapatkan dari laba yang dihasilkan oleh perusahaan dalam jangka waktu satu tahun kepada para investor dengan besaran tertentu.

Sementara capital gain tak berhubungan dengan laba perusahaan. Capital gain ini didapatkan dari aksi investasi investor ketika menjual sahamnya pada pasar modal ketika harga saham sedang mengalami kenaikan.

2. Waktu Perolehan

Pembagian deviden secara umum dilakukan setahun sekali dimana besarannya akan ditentukan dalam Rapat Pemegang Saham. Untuk itulah waktu perolehan deviden ini cenderung stabil yakni secara berkala setahun sekali ataupun setiap triwulan sesuai keputusan direksi.

Sementara itu, capital gain didapatkan dengan waktu yang tidak bisa dipastikan oleh perusahaan. Capital gain ini bisa diperoleh sewaktu-waktu ketika investor menjual sahamnya dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan ketika membeli.

Ketika terjadi lonjakan harga saham, investor bisa menjual sahamnya baik sebagian atau seluruhnya untuk mendapatkan capital gain.

3. Sifat Pendapatan

Perbedaan selanjutnya ditinjau dari sifat pendapatan. Pada dividen, sifat pendapatan adalah pasif karena investor tidak melakukan aktivitas apapun namun hanya menunggu perusahaan dalam membagikan laba.

Dalam hal ini, investor bisa mendiamkan saham tersebut untuk kemudian mendapatkan deviden secara otomatis setelah diinvestasikan dalam jangka waktu tertentu.

Sementara untuk capital gain memiliki sifat pendapatan aktif karena investor harus melakukan aktivitas trading di pasar modal. Investor memang harus dituntut aktif dan memiliki strategi tertentu agar mendapatkan keuntungan dalam menanam saham.

Biasanya, untuk investor yang mengincar capital gain ini hanya menanamkan modalnya pada perusahaan dalam jangka waktu singkat saja. Sehingga tidak mengejar keuntungan dari deviden yang terbilang lama namun fokus untuk mengejar keuntungan dari selisih kenaikan harga saham.

Nah, itulah perbedaan dari dividend an capital gain. Dengan perbedaan ini, pastinya Anda semakin paham terkait penjelasan mengenai apa itu dividend an capital gain. Semoga bermanfaat!

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang freelancer Designer grafis yang berusah sharing ilmu yang semoga bermanfaat untuk para pengunjung blog saya ini.

Post a Comment for "Pengertian Apa itu Deviden dan Capital Gain, Lengkap!"