Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Jenis-jenis kalimat bahasa Inggris (Types of Sentences)

Jenis-jenis kalimat bahasa Inggris, Jangan Sampai Gak Tahu!

Dalam bahasa Inggris, terdapat kalimat bahasa Inggris yang terdiri dari banyak variasi. Biasanya variasi dan pengelompokkan tersebut didasarkan pada ketentuan tertentu. Penasaran dengan apa saja jenis-jenis kalimat bahasa Inggris?

Tenang saja, artikel ini akan memuat bahasan terkait macam-macam sentence dan contohnya. Yuk simak bahasannya di bawah ini.

Pengertian Sentence atau Kalimat Bahasa Inggris

Jadi, sentence ialah suatu rangkaian kata dimana menduduki suatu posisi masing-masing dimana rangkaian kata tersebut akan memuat suatu makna atau menyampaikan maksud tertentu.

Biasanya stuktur minimal dari sentence ini ialah Subjek + Predikat, adanya kalimat ini memiliki banyak fungsi dimana bisa digunakan untuk menanyakan suatu  hal, menyatakan larangan, memberikan perintah, menyatakan peristiwa, ataupun mengungkap perasaan.

Pembagian Macam-Macam Kalimat

Berikut ini adalah jenis kalimat dalam bahasa Inggris yang bisa Anda simak dengan baik. 

Verbal Sentences (Kalimat Verbal)

Kalimat verbal ialah suatu kalimat dimana mempunyai pedikat berupa kata kerja atau verb. Pada kalimat verbal ini, terbagi menjadi kalimat verbal intransituf yang berarti predikat tak memerlukan objek dan kalimat verbal transitif yang predikatnya membutuhkan objek.

Contoh kalimat verbal transitif ialah I buy a book there. Sementara kalimat verbal intransitif contohnya seperti She sleeps every night.

Non-Verbal Sentences (Kalimat Non Verbal)

Kalimat ini memiliki predikat bukan verb sehingga setelah predikat bukanlah objek namun dapat berupa noun, adjective, maupun adverb. Contohnya adalah seperti Im a teacher (Nominal sentence) atau He is Handsome (Adjectival sentence).

Declarative Sentence

Jenis kalimat selanjutnya yang bertujuan untuk menyatakan suatu maksud tertentu pada orang lain ialah declarative sentences. Kalimat ini sering disebut juga sebagai kalimat berita atau affirmative sentence yang bisa berupa pernyataan positif atau negatif.

Contoh kalimat deklaratif ini ialah I study in the class (kalimat positif) atau I don’t hear your voice (kalimat negatif).

Interrogative Sentence

Dalam bahasa Inggris dikenal juga kalimat interogatif dimana bertujuan untuk menanyakan perihal sesuatu pada orang lain dengan tujuan memperoleh respon dari pertanyaan tersebut.

Kalimat ini biasanya diakhiri menggunakan tanda tanya sebagai penegasan bahwa kalimat yang dimaksud berupa pertanyaan. Contoh kalimatnya adalah Are you eating the chicken steak? Kalimat tersebut membutuhkan jawaban berupa Yes/No Question.

Sementara contoh lainnya dimana menggunakan questions word seperti what, when, why, who, where, whom, whose dan lainnya sehingga kalimatnya bisa berupa What is your name? Where do yo live?

Imperative Sentences

Imperative ialah suatu kalimat atau sentences dimana mempunyai fungsi yakni digunakan untuk menyatakan baik larangan, perintah ataupun ajakan untuk melakukan suatu hal. Kalimat ini biasanya tak memerlukan subjek karena ditujukan pada lawan bicara.

Ciri lainnya ialah kalimat ini diakhiri dengan tanda seru (!) di akhir kalimat dan diberi imbuhan dengan kata tertentu agar lebih sopan misalnya “please”. Contoh kalimat perintah ini adalah “Bring me my pencil, please!” atau “Sit down, please!”.

Exclamation Sentences

Jenis kalimat selanjutnya ialah exclamation sentences dimana kalimat ini digunakan agar bisa menyatakan perasaan pada suatu hal yang spontan misalnya perasaan kagum, sedih, heran, senang, terkejut dan ekspresi lainnya.

Kalimat ini juga biasanya diakhiri dengan tanda seru (!). Contoh dari exclamation sentences ialah “What a great idea!” yakni pola dengan what bagi noun ataupun noun phrase. Sementara pola how untuk adjective atau adverb contohnya seperti “How fast you are.”

Baiklah, mungkin sampai disini saja pembahasan mengenai jenis-jenis kalimat bahasa Inggris. Semoga artikel yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di bahasan menarik lainnya!


Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang freelancer Designer grafis yang berusah sharing ilmu yang semoga bermanfaat untuk para pengunjung blog saya ini.

Post a Comment for "Jenis-jenis kalimat bahasa Inggris (Types of Sentences)"