Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Perbandingan Papperlike dan Tampered Glass Ipad untuk kebutuhan Design, mana terbaik?

 Ipad adalah platform untuk gambar digital terbaik untuk saat ini. Dengan kecanggihan yang dia miliki membuat kita sebagai pelukis digital merasa nyaman dan lebih produktif lagi dalam pekerjaan. Namun kita sering dibingungkan dengan pelindung layar ipad mana yang terbaik untuk kita gunakan pada ipad kita. Yakni antara Papperlike dan Tampered Glass, mana yang terbaik?

Antara Papperlike dan Tampered Glass sendiri keduanya sangat berbeda dari segi tekstur namun dengan tujuan penggunaan yang sama yakni sama-sama menjaga layar ipad kita.

Dari segi tekstur yang berbeda, maka menimbulkan fungsi penggunaan yang berbeda juga. Yang dimana tekstur dari Papperlike lebih kasar sedangkan tekstur dari Tampered Glass lebih mulus.

Sehingga ketika kita menggunakan salah satu screen protector tersebut di ipad kita dan mengganti ke screen protector yang satunya, kita akan merasakan perbedaan yang sangat drastis. Dari ketiaka kita menyentuh layar atau kita menggunakan Apple Pencil.

Papperlike sendiri sesuai namanya yang berarti "Seperti Kertas" dibuat untuk membuat sensasi seperti menggambar di kertas pada biasanya untuk pengguna Ipad yang suka berproduktifitas didunia menggambar.

Sedangkan Tampered Glass yang sesuai namanya juga yang berarti "Kaca Tempered" yang dibuat untuk melindungi layar ipad lebih kuat lagi. Dari goresan dan membuat layar ipad kamu lebih clean lagi.

Nah untuk kita gunakan di dunia design, maka yang mana yang lebih baik kita gunakan untuk ipad kita? Berikut adalah poin-poin yang bisa kamu perhatikan untuk mempermudah dalam memilih mana yang terbaik sesuai dengan produktifitas kamu.

1. Penggunaan Basic

Jika anda hanya ingin melindungi layar ipad saja tanpa ada produktifitas berlebih, maka saya sarankan anda menggunakan Tampered Glass. Karena Tampered Glass akan membuat layar ipad anda lebih terjaga dan terhindar dari goresan apapun.

Jika anda menggunakan Papperlike untuk ipad anda yang digunakan hanya sebatas nonton Youtube maupun Netflix itu sangat tidak disarankan. Karena papperlike sendiri sedikit merubah warna yang keluar dari layar ipad menjadi lebih bias. Sehingga warna yang keluar dari layar tidak begitu akurat.

Maka Tampered Glass adalah solusi untuk ipad kamu yang hanya penggunaan basic saja.

2. Menggambar

Kamu mungkin menyukai aplikasi procreate, ibis paint, dan aplikasi menggambar lainnya. Maka screen protector terbaik untuk kamu adalah Papperlike. Karena tekstur papperlike sendiri mirip seperti kertas, maka akan membuat proses menggambar anda mirip selayaknya menggambar diatas kertas.

Sehingga pembuatan garis dan lainnya akan lebih mudah dan akurat ketimbang jika kita menggunakan Tampered Glass.

Ini dikarenakan Tampered Glass memiliki permukaan yang sangat licin. Sehingga tidak direkomendasikan untuk kamu yang suka menggambar. Jika kamu mencoba menggunakan tampered glas untuk menggambar, maka sensasi yang ditimbulkan selayaknya kita menggambar diatas kaca.

Maka Papperlike adalah solusi bagi kamu yang suka menggambar. Karena dengan papperlike juga proses inking ketika menggambar menjadi lebih baik hasilnya.

3. Designing

Penggunaan ipad sangat beragam, termasuk mendesign. Mendesign apapun seperti UI/UX, Edit photo di photoshop, Vector, dan yang lainnya. Pekerjaan yang seperti ini pastinya membutuhkan pekerjaan yang cepat dan stabil. Maka Tampered Glass adalah screen protector yang cocok untuk kamu yang pekerjaannya seorang designer.

Ini dikarenakan permukaan Tampered Glass yang licin akan mempermudah kita dalam mendesign menjadi lebih cepat dan penggunaan warna yang lebih akurat.

Dan sangat tidak disarankan jika kamu menggunakan Papperlike, ini dikarenakan tekstur pada papperlike lebih kasar serta ketika kita menggoreskan Apple Pencil kita akan sedikit lebih lambat ketika mendesign. Dan juga warna yang ditampilkan tidak akan terlalu akurat.

4. Menulis Notes

Jika kamu adalah seseorang yang suka menulis apapun ide-ide di ipad. Screen protector yang manapun tidak masalah kamu gunakan. Namun tentunya keduanya memiliki sensasi yang berbeda.

Sehingga tergantung pada diri kamu sendiri, apakah kamu mengingingkan sensasi menulis di ipad kamu seperti pada kertas, atau sensasi menulis dengan mulus atau licin.

Kekurangan

Tentunya dari kedua screen protector tersebut memiliki kekurangannya masing-masing. Berikut adalah kekurangannya.

1. Tampered Glass, akan membuat layar anda terlihat lebih kotor jika anda menggunakannya terus menerus. Ini dikarenakan sentuhan jari kita pada layar serta goresan apple pencil kita akan terlihat pada layar. Namun kamu bisa mengelapnya dengan kain sehingga bekas goresan apapun akan menghilang, dan kamu jangan khawatir.

Serta tampered Glass sendiri akan memantulkan cahaya selayaknya kaca pada umumnya. Sehingga ketika layar ipad dimatikan maka pantulan cahaya akan begitu terlihat.

Tampered Glass juga tidak dapat membuat garis yang akurat ketika kita menggambar, karena permukaannya yang terlalu licin.

2. Papperlike, bekas goresan apple pencil akan begitu terlihat jelas jika kamu menggunakannya terus menerus dibeberapa area layar ipad. Ini dikarenakan tekstur papperlike sendiri yang kasar akan membuat layar ipad terlihat menimbulkan bekas goresan apapun itu. Ini akan terlihat begitu jelas ketika kamu arahkan layar ipad ke area yang lebih terang.

Dan juga Nib dari Apple Pencil kamu akan cepat boros, sehingga kamu harus sering-sering mengganti dari nib Apple Pencil kamu. Ini dikarenakan nib pencil yang mulus bertabrakan dengan tekstur papperlike yang kasar, sehingga membuat nib apple pencil cepat aus.

Serta sensasi goresan dari apple pencil sedikit lebih berat.

Nah sesuai dengan kebutuhan dan kekurangan diatas, yang mana yang akan kamu pilih? Untuk ipad saya sendiri saya menggunakan Tampered Glass. Ini dikarenakan produktifitas saya kebanyakan di design Vector dan saya juga tidak ingin nib pencil saya cepat boros. 

Pastikan kamu tidak salah dalam memilih screen protector. Silahkan komen dibawah ini jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan. Dan semoga bermanfaat...

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian I was born, I was raised for this!

Post a Comment for "Perbandingan Papperlike dan Tampered Glass Ipad untuk kebutuhan Design, mana terbaik?"