Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Cara Memilih Investasi yang Tepat dan Terpercaya

Dalam berinvestasi Anda harus berupaya untuk meminimalisir risiko yang bisa ditimbulkan. Tak heran jika sebagai Iinvestor Anda harus paham betul cara memilih investasi yang tepat.

Pada kesempatan kali ini akan dipaparkan mengenai tips memilih investasi yang tepat dan terpercaya. Tentu saja, investasi yang diawasi oleh lembaga OJK. Dengan demikian, Anda bisa merasa lebih tenang dan aman dalam berinvestasi.

Tips dan Cara Memilih Investasi yang Tepat

Untuk melakukan investasi yang menguntungkan maka satu hal yang harus dipastikan ialah Anda memilih investasi yang aman. Dengan demikian, Anda bisa menjalankan investasi secara lancar.

1. Menentukan Tujuan Investasi

Cara atau langkah pertama dalam memilih investasi yang tepat ialah menentukan tujuan investasi. Hal ini sering kali dilupakan oleh sebagian orang ketika hendak memulai investasi.

Anda harus bisa menentukan bagaimana rencana investasi Anda apakah jangka pendek, menengah atau panjang. Pasalnya, setiap bentuk investasi memanglah mempunyai tingkat kecocokan yang bisa jadi tak sama dengan tujuan Anda.

Sebagai contoh, apabila Anda hendak melakukan investasi jangka panjang untuk tabungan haji. Maka Anda bisa menjadikan emas sebagai pilihan terbaik saat ini dan minim risiko.

2. Memperhatikan Risiko Tiap Investasi

Anda juga harus memahami setiap produk investasi yang terdapat dipasaran. Bandingkan risiko pada masing-masing jenis investasi beserta keuntungan yang bisa didapatkan. 

Dalam investasi sering dikenal konsep bahwa high risk high return. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi keuntungan yang bisa diperoleh, maka risikonya juga akan semakin besar. Hal ini berlaku pula sebaliknya.

Untuk itu, apabila Anda terjun dan hendak memulai investasi dimana Anda berharap mendapatkan return yang besar, maka Anda juga harus siap dengan kerugiannya.

Sebagai pemula, Anda bisa mencoba produk investasi yang minim risiko. Belilah instrumen yang cukup mudah dipahami sehingga apabila terjadi kerugian maka tidak terlalu besar.

3. Memahami Instrumen yang Akan Dipilih

Selain mengetahui produk investasi dan risiko yang mungkin timbul, Anda pun harus mengenali seluk beluk dari instrumen yang akan Anda beli. Sebagai contoh, apabila Anda akan membeli investasi saham maka Anda wajib mencari informasi terkait perusahaan yang menawarkan saham.

Anda bisa menilai bagaimana performa perusahaan lima tahun ke belakang, kinerja perusahaan, laporan keuangan, dan selainnya.  Anda juga harus memahami cara kerja tiap bentuk investasi.

Kapan waktu yang tepat untuk membeli, lalu kapan waktu yang tepat untuk menjualnya. Pada intinya, Anda harus memahami seluruh hal yang berkaitan dengan instrumen yang akan dipilih.

4. Memahami Kondisi Keuangan

Investasi memanglah bukan hal yang wajib namun amat sangat disarankan dalam pengelolaan keuangan Anda. Untuk itu, terlebih dulu Anda harus memahami kondisi keuangan Anda saat ini.

Pilihlah produk investasi yang paling sesuai dengan budget Anda sehingga tidak memberatkan Anda. Sebisa mungkin gunakan uang dingin yang tidak digunakan dalam jangka waktu dekat.

Agar investasi berjalan lancar, investor pemula memang harus pintar dalam menyesuaikan harga produk investasi dengan kondisi finansial yang dimiliki. Jangan hanya tergiur mendapatkan keuntungan lalu mendepositkan seluruh uang yang dimiliki.

Hal itu hanya akan membuat Anda merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Itulah beberapa tips dalam memilih jenis investasi yang tepat dan aman. Selalu perhatikan pula bahwa investasi yang Anda lakukan aman dan terpercaya. Saat ini, sudah banyak situs atau aplikasi yang menawarkan berbagai jenis investasi.

Anda pun bisa memilih platform yang sudah terpercaya dan diawasi oleh lembaga berwenang di Indonesia seperti LPS, atau OJK.

Baiklah, itu saja tips mengenai cara memilih investasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda khususnya pemula dalam memulai investasi.


Rhendrik Rian
Rhendrik Rian I was born, I was raised for this!

Post a Comment for "Cara Memilih Investasi yang Tepat dan Terpercaya"