Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

7 Hal yang Harus Ditanyakan ke Client Ketika Membuat Projek Design

Sumber Gambar: https://pixabay.com/id/illustrations/komputer-memantau-ombak-warna-warni-1373684/

 Kunci utama kelancaran karir dalam menjalani projek design yaitu dengan memahami hal yang harus ditanyakan ke client ketika membuat projek design. Sehingga Anda bisa membuat design yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan client.

Tidak hanya itu, memahami hal yang harus ditanyakan ke client ketika membuat projek design akan membuat client merasa lebih nyaman. Sehingga Anda bisa menghindari proses revisi yang berulang dan tidak perlu, bahkan lebih mudah dalam memberikan design yang dapat memuaskan ekspektasi client.

7 Hal yang Harus Ditanyakan ke Client Ketika Membuat Projek Design

Ada beberapa hal yang harus ditanyakan ke client ketika membuat projek design sebelum mulai mengerjakan apapun. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui pertanyaan apa saja yang perlu diajukan ketika berdiskusi dengan pihak client.

1. Harapan dari Proyek Design yang Dikerjakan

Pertanyaan pertama yang perlu Anda pertanyakan pada pihak klien yaitu terkait harapan klien dari projek design yang akan dikerjakan. Melalui pertanyaan ini, klien akan melihat tingkat profesionalitas Anda sebagai desainer profesional yang bisa memenuhi harapan setiap kliennya.
Jawaban yang akan disampaikan melalui pertanyaan ini akan membuat Anda lebih mudah menentukan tema dan proses pengerjaan. Sehingga desain yang Anda buat bisa lebih tertata dengan harapan yang jelas dari pihak klien.

2. Target Pasar Pihak Client

Pertanyaan kedua yang harus Anda tanyakan pada client sebelum mengerjakan apapun yaitu terkait target pasar pihak client. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam membuat psikografis sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan elemen yang dapat menarik minat target klien.
Penggunaan elemen yang dapat menarik minat klien akan memudahkan pihak klien dalam mendapatkan target pasar yang diinginkan. Bahkan, Anda juga bisa menentukan tema dengan mudah setelah mengetahui jenis gender target pasar baik maskulin, feminim, atau bahkan netral gender.
Selain jenis gender, Anda juga perlu mengetahui kelompok usia pihak target pasar dengan tepat. Sehingga Anda bisa lebih mudah menentukan tipografi, warna, gaya dan bentuk dari projek design yang dikerjakan.

3. Tenggat Waktu Pengerjaan Projek Design

Pertanyaan selanjutnya yang juga perlu Anda ketahui yaitu terkait tenggat waktu pengerjaan projek design. Hal tersebut menjadi hal utama dalam pembuatan komitmen antara Anda dan pihak klien.
Pastikan tenggat waktu pengerjaan juga Anda berikan waktu untuk pengerjaan perancangan dan proses revisi. Sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhan klien dengan tepat waktu sesuai dengan komitmen kedua belah pihak.

4. Format dan File yang Dibutuhkan

Pertanyaan selanjutnya yang juga perlu Anda tanyakan pada klien yaitu terkait format dan file yang dibutuhkan dalam projek design yang dikerjakan. Hal tersebut berkaitan erat dengan jenis font yang perlu digunakan dalam penulisan kata sekaligus gambar yang perlu dicantumkan didalamnya.
5. Bujet yang Disediakan dalam Pengerjaan Projek Design
Kemudian, Anda juga perlu mempertanyakan terkait bujet yang disediakan oleh pihak klien selama masa pengerjaan projek design. Anda juga bisa memaparkan tarif dasar yang biasanya Anda gunakan saat mengerjakan projek design tertentu. Agar pihak klien akan memutuskan pemberian tarif berdasarkan hitungan jam atau putaran revisi.

6. Keinginan Distribusi Hasil Projek Design

Selain itu, Anda juga perlu mempertanyakan keinginan klien dalam proses distribusi setelah hasil projek design telah selesai. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menentukan beberapa hal dalam pengerjaan projek design.
Jika pihak klien akan melakukan proses pencetakan setelah hasil projek design tersedia, maka Anda perlu memastikan spesifikasi pencetakan yang diinginkan. Sehingga Anda bisa memberikan batasan dalam penggunaan warna atau bahkan memberikan beberapa lapisan menarik dalam pembuatan projek design.

7. Gaya dan Elemen yang Diperlukan

Ekspektasi gaya dalam pembuatan projek design biasanya berhubungan dengan minat dan selera klien terkait tren kreatif dan tampilan desain. Sedangkan elemen yang diperlukan oleh pihak klien juga perlu Anda pastikan agar bisa menentukan salinan, tema dan gambar yang harus ada dalam desain yang dibuat. 

Oleh karena itu sebelum melakukan diskusi dengan pihak klien, Anda perlu mengetahui beberapa pertanyaan seperti pada ulasan di atas untuk melancarkan proses pengerjaan. Demikian ulasan singkat mengenai hal yang harus ditanyakan ke client ketika membuat projek design, semoga bermanfaat.

Sumber Gambar: https://pixabay.com/id/illustrations/komputer-memantau-ombak-warna-warni-1373684/

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian I was born, I was raised for this!

Post a Comment for "7 Hal yang Harus Ditanyakan ke Client Ketika Membuat Projek Design"