Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

3 Perbedaan Fundamental Investasi Saham dengan Trading Saham, Penting!

 Dalam dunia saham terdapat banyak istilah yang sering disebutkan. Beberapa istilah dalam dunia saham yakni investasi saham dan trading saham. Sebenarnya lebih baik trading atau investasi sih dengan instrumen saham? Untuk lebih jelasnya berikut merupakan perbedaan investasi saham dengan trading saham.

Sebelum membahas perbedaan di antara keduanya, akan lebih baik jika memahami pengertian dari investasi dan trading saham. Berikut adalah penjelasannya.

Investasi Saham

Investasi saham diartikan sebagai sebuah aktivitas untuk menanamkan modal pada perusahaan dimana telah terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia agar bisa menjual dan membeli saham. 

Investasi ini bersifat pasif dimana Anda tidak bisa menjalankannya secara langsung melainkan Anda harus menginvestasikan sejumlah dana agar bisa dikelola oleh perusahaan yang bersangkutan.

Trading Saham

Sementara itu, trading saham didefinisikan sebagai aktivitas dalam membeli dan menjual saham dengan memanfaatkan fluktuasi dari harga pasar tiap harinya. Ketika Anda sudah paham bahwa investasi bersifat pasif, maka trading ini jauh lebih aktif.

Ketika menjadi trader, Anda membutuhkan waktu untuk melakukan analisa pasar kemudian memutuskan kapan waktu terbaik dan harga terbaik dalam melakukan transaksi saham.

Kelemahan trading saham sendiri, biasanya sulit melakukan prediksi dan karena bersifat lebih aktif jadi risiko mengalami rugi lebih besar.

Namun, jika Anda melakukan analisa dengan tepat Anda bisa mendapat keuntungan besar dari selisih harga jual dan beli saham.

Lantas, Apa Perbedaan di Antara Keduanya?

Mengenai perbedaan investasi dan trading akan dipaparkan sebagai berikut:

1. Prinsip

Pada prinsipnya, pada kegiatan investasi seorang investor saham cenderung memegang prinsip buy and hold. Hal ini disebabkan karena investasi bertujuan untuk menanam modal jangka panjang.

Sementara pada trading saham, trader memegang prinsip buy and sell dimana seorang trader akan membeli saham pada harga tertentu kemudian menjualnya ketika harga cenderung tinggi.

Penjualan ini terjadi dalam jangka waktu yang pendek asalkan harga jual telah memenuhi range keinginan trader.

2. Analisis yang Digunakan

Pada kegiatan investasi, investor saham akan menanamkan modal dalam jangka panjang sehingga model analisis yang digunakan ialah analisis fundamental perusahaan.

Fundamental perusahaan ini berarti performa dari perusahaan yang bisa dipercaya baik di masa mendatang.

Sedangkan para trader saham biasanya lebih menggunakan analisis teknikal. Analisa teknikal ini bisa membantu trader untuk melihat pergerakan saham dalam jangka waktu yang lebih pendek.

Dengan kata lain, kegiatan trading lebih memperhatikan sensitifitas pada sentimen pasar dan kondisi pasar dibandingkan dengan fundamental perusahaan.

3. Resiko

Jika ditinjau dari risiko, maka risiko pada investasi saham jauh lebih rendah dibandingkan dengan trading saham.

Trading saham dalam jangka waktu pendek memang menimbulkan risiko yang besar terutama ketika mengesampingkan fundamental.

Meskipun demikian, hasil yang didapatkan dari trading saham bisa lebih tinggi dan menguntungkan dibandingkan dengan investasi.

Dengan kata lain, investasi memiliki risiko yang lebih minim namun keuntungan yang juga sedikit.

Sementara trading, memiliki risiko rugi yang lebih besar namun peluang keuntungan yang juga jauh lebih besar dibandingkan investasi.

Hal-hal di atas lah yang menjadi perbedaan antara kegiatan investasi saham dan trading saham. Kedua aktivitas tersebut sebenarnya sama-sama menguntungkan apabila investor dan trader memiliki pengetahuan yang mumpuni di bidangnya.

Sebagai pemula, Anda harus lebih banyak belajar mengenai dunia trading dan investasi yang hendak Anda geluti.

Anda pun bisa mempertimbangkan mana yang lebih cocok untuk Anda dalam mencoba peruntungan di bidang saham.

Perlu diketahui juga bahwa baik investasi maupun trading keduanya sama-sama memiliki risiko yang tak bisa dikesampingkan.

Untuk itu, Anda harus lebih berhati-hati dan mengasah pengetahuan serta pengalaman Anda terlebih dahulu.

Sekian, pembahasan mengenai perbedaan investasi saham dan trading saham. Semoga bermanfaat!

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian I was born, I was raised for this!

Post a Comment for "3 Perbedaan Fundamental Investasi Saham dengan Trading Saham, Penting!"