Tutorial membuat font sendiri tanpa aplikasi, all Device



 Font sudah menjadi hal penting untuk kebutuhan design seperti logo dan lainnya. Dan ada begitu banyak font yang bisa kita gunakan di internet yang gratis maupun yang berbayar. Namun untuk menemukan font yang sesuai selera kita sangat sulit. Sehingga salah satu cara untuk mendapatkan font yang sesuai selera kita adalah dengan membuat font dari diri sendiri.

Sehingga kita bisa menyesuaikan sendiri bentuk font yang kita inginkan. Termasuk setiap angka dan tanda baca juga.

Dan jika kita sudah membuat font untuk kita sendiri, kita juga dapat menjual font yang kita buat di berbagai marketplace yang menyediakan penjualan font. Sehingga sangat menguntungkan bagi kita sendiri.

Lalu bagaimana cara membuat font nya tersebut? 

Ada banyak cara membuat font sendiri, namun pada kesempatan ini saya akan membagikan bagaimana caranya membuat font tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Berikut adalah tutorial cara membuat fontnya.

Buka calligraphr(.)com

Silahkan kamu daftar di situs calligraphr seperti daftar pada umumnya. Situs ini adalah situs untuk membuat font dengan sangat cepat dan mudah. Kita tidak perlu mendesign secara manual seperti pada aplikasi membuat font pada umumnya. Melainkan kita hanya perlu menggambar setiap bentuk huruf dan angka yang kita inginkan di aplikasi menggambar yang kita punya. Bebas aplikasi apapun seperti medibang, Photoshop, dan lainnya. 

Setelah mendaftar sukses, silahkan kamu klik “Create a template”


Template disini dimaksudkan adalah berupa file yang akan kita gunakan untuk menggambar font kita nantinya. Sehingga kamu akan diarahkan ke halaman seperti di bawah ini.


Maka silahkan kamu klik “Download template” dan kamu akan disuruh untuk mendownloadnya. Silahkan kamu download filmnya yaitu berupa file Zip. Sehingga silahkan kamu ekstrak filmnya maka akan muncul beberapa file jpeg berupa template untuk kita gambar seperti di bawah ini.


Selanjutnya silahkan kamu buka file tersebut di aplikasi menggambar. Sebagai contoh disini saya akan menggunakan aplikasi Procreate untuk membuat font yang say inginkan. Sehingga saya membuka file yang pertama di aplikasi Procreate seperti di bawah ini…


Disini silahkan kamu buat atau gambar dari bentuk font yang kamu inginkan sesuai dengan kolomnya masing-masing-masing-masing. Di setiap kolomnya sudah tertera fungsinya, sehingga jika ada kolom yang berisi gambar bentuk tanda seru, maka kita gambar bentuk tanda seru yang kita inginkan.

Silahkan kamu buat sampai terisi semua kolomnya.

Jika sudah seperti di bawah ini, silahkan kamu lanjut ke template yang kedua untuk menggambar bentuk font lainnya yang kita inginkan.

Kemudian silahkan kamu lanjut ke template kedua untuk melanjutkan sampai mana kamu akan membuat karakter dari fontnya.  Sebagai contoh, disini saya hanya membuat sampai huruf “z” kecil saja.

Sehingga saya hanya menghabis dua template saja. 

Jika kita sudah membuat karakter yang kita inginkan. Selanjutnya silahkan kamu eksport ke dalam file PNG kedua template tersebut. Kemudian kita upload ke Calligraphr dengan masuk ke tab My Fonts seperti pada gambar dibawah ini dan klik Upload Template.


Kemudian silahkan kamu upload dua template yang tadi kita buat seperti dibawah ini dan klik Upload Template untuk lanjut ke proses selanjutnya.


Maka situs tersebut akan memulai proses pembuatan font berdasarkan template yang kita buat dan upload tadi.

Sehingga akan muncul preview dari setiap karakter yang kita buat seperti dibawah ini. Kamu bisa menghapus karakter yang ingin kamu hapus dengan mengklik ikon tong sampah setiap karakter yang ingin kita hapus.

Jika semuanya sudah sesuai silahkan kamu klik Add Character to your font untuk dijadikan file ttf.


Selanjutnya akan ada tampilan seperti dibawah ini dan silahkan klik Build Font untuk kita jadikan file ttf yang siap kita download.


Selanjutnya kita disuruh untuk memberi nama dari font yang baru saja kita buat.

Klik Build jika sudah kits beri nama…


Terakhir, kita akan diperlihatkan preview dari font kita jika dijadikan sebagai kalimat..

Silahkan klik pada bagian yang saya lingkari yang dimana itu adalah nama file dari font yang sudah kita buat. Kamu bebas pilih file ttf atau otf. Karena keduanya masih sama yaitu file font.


Sehingga selesai sudah kita membuat font dari tulisan kita sendiri. Kamu bisa instalasi font tersebut di PC ataupun IPad kamu supaya bisa kamu gunakan sebagai salah satu bahan Designer kamu.

Kamu juga bisa bebas menjual font yang kamu buat di situs marketplace yang kamu inginkan dan mendapatkan Indonesia yang lumayan.

Nah itulah bagaimana cara membuat font orisinal dari kita sendiri tanpa aplikasi mainstraim pembuat font. Sehingga kita bisa tenang menggunakan font kita untuk keperluan design tanpa memikirkan tentang hak cipta dengan orang lain. Jika kamu memiliki beberapa pertanyaan silahkan gunakan komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat….

0 Response to "Tutorial membuat font sendiri tanpa aplikasi, all Device"

Post a Comment

NO SPAM! Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel