Apakah iPad 9 worth it/cocok untuk kebutuhan design?

 


iPad 9 adalah iPad keluaran 2021 yang paling baru Apple luncurkan. iPad ini sudah menggunakan iPad OS 15 yang paling baru. Sehingga penggunaanya masih layak untuk berbagai aktivitas kita termasuk pekerjaan. Lalu, apakah iPad 9 ini cocok untuk kebutuhan pekerjaan kita dalam dunia design grafis?

Untuk mengetahui hal itu, kita harus memahami terlebih dahulu spesifikasi iPad 9 keluaran 2021 ini. iPad ini diluncurkan 2 versie kapasitas memori yaitu iPad 9 dengan memori 64GB dan iPad 9 dengan memori 256GB.

Serta dibekali RAM yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil yakni 3GB saja. Namun karena ini adalah produk Apple, walaupun RAM tidak terlalu besar performa masih sangat baik.

Dan untuk chipset iPad 9 ini adalah Apple A13 Bionic (7nm+), yang dimana sedikit lebih diupgrade daripada ipad 8 dan yang sebelumnya. Dan spesifikasi lainnya yang tidak akan saya jelaskan seperti kamera dan lainnya, karena kita sebagai designer grafis tidak terlalu memerlukan hal itu.

Lalu berdasarkan spesfikasinya, apakah iPad ini worth it untuk dijadikan alat tempur kita?

Menurut saya sangat worth it tentunya...

Karena salah satu kebutuhan kita dalam dunia design grafis adalah layar iPad yang besar. iPad 9 ini memiliki ukuran layar 10,2 inch yang tentunya sangat cocok untuk kita gunakan alat menggambar dan mendesign.

iPad 9 ini juga suport Apple Pencil Generasi 1, sehingga kita akan super nyaman untuk menggambar di iPad ini dengan presure dari pencil yang memanjakan. Apalagi ditambah dengan membeli aplikasi Procreate yang dimana ini adalah aplikasi menggambar terbaik di iPad pada saat ini. 

Berikut adalah tampilan saya membuat vector di iPad 9 menggunakan aplikasi Affinity Designer…


Ketika proses editing tidak ada sama sekali lag ataupun crash bahkan bug. Semuanya lancar tanpa ada hambatan. Ditambah dengan baterai yang super hemat dan iPad yang tetap dingin.

Kelebihan kita membuat vector di iPad ini adalah layar yang besar sehingga memudahkan kita untuk melihat detail lebih jelas lagi seperti di PC ketimbang kita menggunakan infinity design di android yang tentunya layarnya sangat terbatas.

Selain membuat vector, untuk menggambarpun sangat nyaman. Disini saya mencoba aplikasi Procreate dan berikut adalah tampilannya…


Kelebihan kita menggambar menggunakan iPad adalah memudahkan kita ketika menggambar. Sebelum saya menggunakan iPad, saya menggunakan one by wacom sebagai alat mendesign di laptop dan menggambar juga. 

Perbedaannya dengan menggambar di iPad ini adalah, ketika kita menggambar jika kita menggunakan iPad posisi penglihatan mata ke posisi tangan dan ke layar iPad langsung. Sehingga sangat mirip dengan seperti kita menggambar di kertas.

Sedangkan ketika menggunakan one by wacom dan laptop, posisi mata hanya fokus ke layar saja dan kita tidak fokus ke posisi tangan kita ketika menggambar. Sehingga sering terjadi ketidaksesuaian gambar yang kita inginkan dengan bagaimana tangan kita menggambar.

Namun untuk mendesign seperti logo dan design vector lainnya, menurut saya keduanya sama nyamannya.

Kemudain yang akan kita pertanyakan adalah apakah kapasitas memorinya sangat memadai untuk kebutuhan pekerjaan?

Tentu sangat memadai, kita bisa memanfaatkan fitur icloud untuk menyimpan file pekerjaan kita. Dengan menggunakan fitur iCloud ini dapat selalu melonggarkan kapasitas memori iPad 9 ini. 

Kita akan diberi gratis penyimpanan 5GB yang bisa kita memanfaatkan. Atau bahkan kita bisa berlangganan 15rb perbualan saja untuk menambah kapasitas penyimpanan iCloud kita menjadi 50Gb.

Tak hanya iCloud, disini saya juga memanfaatkan penyimpanan Cloud lainnya seperti dibawah ini.


Disini saya menggunakan iCloud berlangganan 15rb perbualan sehingga kapasitas memorinya menjadi 50Gb, kemudian Google Drive gratis 15Gb, dan Dropbox gratis 2GB. Serta memori bawaan 64Gb yang tersisa 44Gb lagi dikarenakan instalasi beberapa aplikasi kebutuhan pekerjaan.

Sehingga jika ditotalkan saya memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar apalagi ditambah saya berencana untuk berlangganan Google Drive 100GB. Serta saya memiliki flashdisk sebesar 15GB sebagai antisipasi backup file tanpa koneksi internet.

Maka dengan memanfaatkan ruang penyimpanan cloud ini menjadi solusi bagi kita yang ingin membeli iPad 9 ini.

Sehingga sangat worth it bagi kamu yang memiliki budget terbatas, minimal menyisihkan 7jt kamu sudah dapat mendapatkan iPad 9 harga 5,3jt versi 64Gb dengan Apple pen gen 1 harga 1,3jt saja. Dan sisanya bisa kita gunakan beli aplikasi yang dibutuhkan.

Untuk lebih jauh lagi mengenai performa iPad 9 ini akan saya buat artikel lainnya mengenai tutorial, tips and trik design menggunakan iPad ini.

Maka iPad 9 ini sangar saya rekomendasikan jika kamu baru memulai menggunakan iPad. Akan tetapi jika memiliki budget berlebih bahkan over, kamu bisa membeli iPad pro m1 yang spesifikasinya sangat bagus untuk pekerja kreatif profesional bagi kita.

Demikian artikel tentang iPad 9 untuk kebutuhan design grafis ini saya sampaikan, jika ada pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat…


0 Response to "Apakah iPad 9 worth it/cocok untuk kebutuhan design?"

Post a Comment

NO SPAM! Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel