Cara mencari Luas dan Keliling Segitiga dengan mudah


Sebelumnya kita telah membahas Materi Pythagoras, cara mencari panjang sisi pada segi tiga siku-siku dengan sangat detail. Namun tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas juga bagaimana cara mencari Luas dan Keliling segitiga. Sehingga kita dapat memahami materi-materi berkenaan dengan bangun datar segitiga siku-siku ini. 

Lalu bagaimana caranya kita untuk mencari Luas dan Volume pada bangung ruang segitiga siku-siku?

Untuk mencari Luas dan Kelilingnya, kita dapat menggunakan 2 rumus berikut ini sehingga kita dapat mendapatkan nilai dari Luas dan Keliling pada suatu Segitiga.

Perhatikan rumus diatas, rumus yang pertama (L) adalah rumus untuk mencari luas segitiga. Tinggi dan alas pada rumus tersebut bisa dikatakan juga tegak-lurus yang dimana tinggi adalah bagian tegak pada sebuah segitiga dan alas adalah bagian lurus bawah segitiga atau kamu bisa mengamati gambar dibawah ini...


Dari gambar diatas kita dapat mengetahui yang mana tinggi dan alas dari sebuah segitiga. Sehingga jika kita sudah paham, maka kita dapat menggunakan rumus mencari Luas dengan mudah.

Dan untuk bagian rumus mencari Keliling, a, b, dan c maksudnya adalah setiap sisi dari segitiga kita jumlahkan. Atau kamu bisa perhatikan gambar dibawah ini supaya lebih mudah.


Sehingga berdasarkan gambar diatas kita dapat paham mengenai a, b, dan c pada rumus adalah perumpamaan dari panjang setiap sisi dari segitiganya. Untuk mencari keliling kita dapat menghiraukan bagian tingginya.


Jika kamu sudah paham mengenai rumus Luas dan Kelilingnya, berikut adalah contoh soal bagaimana mencari Luas dan Keliling pada segitiga supaya kamu paham bagaimana cara mengoperasikan rumusnya.

Contoh Soal :
Carilah Luas dan Keliling dari sebuah segitiga berikut ini!



Jawab :
Pertama kita mencari luasnya terlebih dahulu dengan menggunakan rumus diatas yang sudah dijelaskan yaitu :

1/2  x  alas x tinggi =

Selanjutnya kita tinggal masukkan panjang dari alas dan tingginya, sehingga berdasarkan segitiga diatas alasnya diketahui adalah 6 cm dan tingginya adalah 7 cm.

1/2  x 6 x 7 =

Kemudian kita tinggal proses, dikarenakan ini semuanya perkalian maka kita bebas yang mana terlebih dahulu yang akan kita proses, disini saya akan memproses terlebih dahulu 1/2 x alas atau bisa kita sebut juga dengan 1 x alas : 2 yang hasilnya adalah 1 x 6 : 2 = 3. 

3 x 7 = 

Terakhir kita proses langsung dengan kita kalikan dengan panjang tinggi sehingga hasilnya adalah sebagai berikut...

3 x 7 = 21 cm2 

Sehingga kita telah mengetahui berapa Luas dari Segitiga tersebut yaitu 21 cm2.

Ringkasan :
1/2  x  alas x tinggi =
1/2  x 6 x 7 =
3 x 7 =
3 x 7 = 21 cm2

Setelah kita mengetahui berapa luasnya, selanjutnya kita mencari berapa keliling dari segitiga tersebut.

Maka kita gunakan rumusnya sesuai dengan rumus mencari keliling diatas yaitu...

K = a + b + c


yang dimana kita hanya menjumlahkan panjang dari setiap sisi segitiganya saja. Maka kita masukan setiap panjang dari sisi segitiganya tanpa dengan tinggi seperti dibawah ini...

K = 6 + 8 + 8

Terakhir kita jumlahkan semuanya sehingga hasilnya seperti berikut ini...

K = 14 + 8
K = 22 cm 

Sehingga diketahuilah berapa keliling dari segitiga tersebut yakni 22 cm.

Ringkasan :
K = a + b + c
K = 6 + 8 + 8
K = 14 + 8
K = 22 cm 

Nah itulah bagaimana cara mencari luas dan keliling dari sebuah segitiga. Sangat mudah dan praktis jika kita memahami setiap dari rumusnya. Silahkan gunakan kolom komentar dibawah artikel ini jika kamu memiliki pertanyaan perihal materi ini. Cukup sekian yang bisa saya sampaikan dan semoga bermanfaat..

0 Response to "Cara mencari Luas dan Keliling Segitiga dengan mudah"

Post a Comment

NO SPAM! Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel