Cara buat NFT Pixel Art dengan menggunakan medibang paint

NFT akhir-akhir ini sedang trending. Semua orang berbondong-bondong menjual berbagai karya mereka di Opensea sebagai NFT. Tidak ketinggalan juga orang-orang yang berkecimpung di dunia ilustrasi. Mereka ingin memanfaatkan karya mereka untuk dijual di Opensea dan mendapatkan penjualan yang lumayan. 

Ada banyak sekali jenis design illustrasi yang bisa kita jual di Opensea seperti Pixel art, karakter 3D, karakter 2D, Anime, dan lainnya. Sehingga banyak para ilustrator yang bermain di style tersebut tertarik untuk berkecimpung di dunia NFT.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan memberika sedikit tutorial bagaimana cara membuat design NFT yang bisa kita jual di Opensea dengan jenis ilustrasi Pixel art karakter.

Banyak sekali Pixel art karakter yang dijual di Opensea dengan harga yang fantastis seperti salah satunya adalah Cyperpunk. Berikut adalah salah satu contoh karakter Pixel art Cyberpunk yang dijual mahal di Opensea sebagai NFT.

Dengan design yang simple dan kota-kotak seperti itu, kamu dapat menjual hasil buatan kamu di Opensea dengan tata cara pembuatan yang sangat mudah sekali.

Jika kamu tertarik bagaimana cara pembuatan design NFT Pixel art ini, berikut saya akan memberikan tutorial membuat design NFT Pixel art...

1. Buka Medibang Paint

Silahkan kamu buka aplikasi Medibang Paint dan buat project baru dengan ukuran 30px x 30px dengan canvas standar. Atau kamu bisa perhatikan gambar dibawah ini.


Kenapa harus 30 x 30px? Karena pixel art desainnya terdiri dari kota-kotak yang membentuk sebuah gambar yang beraturan, maka kita membutuhkan grid untuk mempermudah peletakan kotak-kotaknya sehingga akan konsisten. Sehingga setelah kamu klik OK akan muncul tampilan canvas sangat kecil sekali. Dan silahkan kamu zoom seperti dibawah ini...


Maka akan terlihat grid otomatis yang dibawa ini muncul karena kita membuat canvas dengan ukuran super kecil.

Sebenarnya kita bisa menggunakan fitur grid yang ada, namun setelah saya coba gunakan ternyata ukuran kotak yang akan kita buat tidak selalu konsisten. Sehingga akan susah kita untuk membentuk sebuah gambar yang dirangkai dari bentuk kotak-kotak.

Baca Juga : Tutorial membuat NFT style 2D beserta layering

2. Membuat Line Art

Setelah canvas terbuat, selanjutnya kita bisa langsung membuat line artnya dengan merangkai bentuk-bentuk kotak sehingga membentuk gambar yang kita inginkan.

Atau jika kamu tidak ingin menggunakan line art sehingga langsung ke pewarnaan juga tidak masalah. Ini hanya berdasarkan selera saja.

Sebagai contoh saya membuat line artnya seperti dibawah ini...


Untuk membuat kotak-kotaknya disini saya menggunakan tool "Kotak" yang saya tandai di gambar diatas. Sehingga kita akan lebih mudah lagi dalam menyususn setiap kotaknya. Dan untuk brush/kuas kamu bisa menggunakan yang mana saja yang menurut kamu nyaman, karena semua kuas akan menghasilkan kotak yang sama.

3. Mewarnai

Setelah line artnya sukses dibuat, maka selanjutnya adalah kita mewarnainya sesuai selera kita. Dengan cara yang sama namun kamu harus membuat layer baru khusus bagian warna dan simpan di bawah layer line artnya.


Sesuaikan dengan selera kamu seperti menambahkan bebera shading dan lainnya. Terakhir kamu bisa langsung menambahkan background atau hal lainnya.

4. Resize Canvas

Setelah design pixel artnya selesai tersebut, maka selanjutnya kita resize lagi ukuran canvasnya ke yang lebih besar seperti 4000px x 4000px dengan cara klik CTRL + Alt + I. Maka akan muncul tampilan untuk merubah ukuran canvas seperti dibawah ini dan silahkan kamu ubah ke 4000x4000px.


Terakhir klik OK. Maka ukuran canvasnya akan menjadi sangat besar dengan design yang masih sama. Sehingga sekarang kamu bisa export untuk disimpan menjadi file JPEG.

Maka selesai sudah cara membuat design Pixel art untuk NFT. Mudah, bukan? 

Masih banyak software yang bisa kamu gunakan namun rata-rata aplikasinya berbayar, sehingga dengan menggunakan Medibang Paint solusi bagi kamu yang ingin membuat design untuk NFT.

Itulah sedikit tutorial membuat NFT Pixel art style di Medibang Paint yang bisa saya jelaskan. Silahkan gunakan kolom komentar dibawah artikel ini jika ada beberapa hal yang ingin ditanyakan. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Cara buat NFT Pixel Art dengan menggunakan medibang paint"

Post a Comment

NO SPAM! Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel