Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat sketsa wajah untuk komik/manga/Anime secara digital

Kebanyakan untuk membuat gambar anime, manga, atau bahkan komik kita membutuhkan langkah-langkah dari sketsa awal terlebih dahulu. Sehingga gambar yang kita buat akan tercipta lebih simetris dan presisi. Berawal dari sebuah lingkaran kemudian kita beri beberapa garis untuk memberikan tanda wilayah hidung, mulut, telinga dan lainnya.

Namun terkadang menggambar dengan cara tersebut tidak mampu membuat gambar yang sesuai dengan keinginan kita. Dimana terkadang juga terjadi kesalahan yang membuat gambarnya tidak sesuai dengan ekspetasi. Seperti wajah tampak samping tidak sesuai dengan wajah versi tampak depan.

Sehingga untuk kamu yang ingin membuat sebuah komik, menjadi sedikit lebih susah dalam membuat beberapa scene yang stabil.

Sehingga pada kesempatan kali ini saya akan memberikan solusi untuk kamu yang ingin membuat komik supaya setiap scene dan karakternya terus stabil dari bentuk wajah dan lainnya. Tak hanya itu, saya juga akan menjelaskan supaya bentuk badan juga stabil. Berikut adalah tutorial atau langkah-langkah membuat komik digital yang bisa kamu coba dengan mudah...

1. Gunakan aplikasi "Pose" sebagai pendukung

Untuk membuat gambar yang stabil dan scene ke scene, dari mulai bentuk wajah, badan, dan lainnya. Maka kamu wajib menggunakan aplikasi Pose sebagai pendukung. Disini saya merekomendasikan beberapa aplikasi Pose yaitu diantaranya adalah Pose It dan EasyPose. Berikut adalah tampilan dari kedua aplikasinya...

Easypose Aplikasi

Pose It Aplikasi

Selain kedua aplikasi tersebut, kamu bisa mencari alternatif lainnya di Playstore. Dan silahkan kamu utak-atik sendiri untuk memahami cara penggunaan aplikasi tersebut. Tentunya ada beberapa fitur berbayar, namun masih bisa kita gunakan sebagai free.

2. Menentukan pose

Setelah aplikasi pose tersedia, sekarang kita bisa menentukan pose apa yang kita inginkan untuk kita jadikan komik. Sebagai contoh disini saya akan membuat sketsa waja terlebih dahulu maka saya akan menggunakan aplikasi Pose dan fokus ke arah wajah.

Sebagai contoh disini saya akan menggunakan aplikasi Pose it, maka saya arahkan layar ke bagian wajahnya saja seperti berikut ini.


Kemudian kamu bisa screenshot layar android kamu atau klik icon kamera yang ada bilah sisi kanan layar. Sekarang kita bisa menggunakan ini sebagai sketsa dari komik yang kita buat.

3. Membuat sketsa

Selanjutnya silahkan kamu buka aplikasi menggambar digital apa saja yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan Autodesk, Medibang paint atau lainnya. Disini sebagai contoh saya menggunakan aplikasi Medibang Paint PC. Supaya lebih mudah untuk menjelaskan prosesnya. Cara ini masih bisa kamu gunakan di android.

Silahkan buat projek baru dan masukan gambar pose yang tadi kita screenshot. Dan letakkan yang kamu inginkan seperti dibawah ini contohnya...


Selanjutnya bisa kita buat sketsa denga mengikuti bentuk wajah. Disini kita sudah sangat mudah dalam menentukan dimana letak mata, hidung, dan mulut karena kita bisa mengikuti gambar screenshot tersebut.

Jangan lupa kamu ubah opacity dari layer gambar tersebut menjadi lebih rendah supaya kamu dapat mudah dalam membuat sketsanya. Sehingga hasilnya seperti dibawah ini...


Pastikan kamu membuat sketsanya pada layer yang baru yang terpisah dengan layer screenshot. Sehingga jika kita matikan layer dari screenshot tampilannya akan menjadi seperti dibawah ini...


Maka sketsanya sudah terbuat. Selanjutnya kita bisa masuk ke tahap inking atau pembuat line art.

4. Proses Inking

Setelah sketsa terbuat, maka selanjutnya kita bisa masuk ke tahap inking atau membuat line art. Pastikan kamu buat layer baru supaya terpisah dengan layer sketsa. Dan matikan juga layer dari gambar screenshoot. 

Sekarang silahkan kamu buat line art berdasarkan dari sketsa yang dibuat. Karena disini saya menggunakan Medibang Paint maka saya menggunakan brush Pen dengan tingkat Correction : 10. Pastikan kamu membuatnya dengan rapih, sehingga hasilnya seperti dibawah ini...


Terakhir kamu bisa merapihkan setiap garinya dengan cara menghapus bagian garis yang offside dengan menggunakan tool Eraser. Maka hasil akhirnya menjadi seperti dibawah ini...


Maka selesai sudah kita membuat karakter wajah manga/anime untuk komik yang kita inginkan. Kamu bisa langsung tambahkan warna atau arsir sesuai keinginan kamu. Next postingan saya akan membagikan tutorial pose seluruh tubuh untuk komik manga.

Demikian cara membuat sketsa wajah untuk komik manga/anime secara digital yang bisa saya sampaikan. Silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini jika ada ada beberapa pertanyaan. Semoga bermanfaat.

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang Blogger yang masih mencari ilmu dan masih banyak salah. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi Sobat yang mengunjungi.

Post a Comment for "Cara membuat sketsa wajah untuk komik/manga/Anime secara digital"