Cara membuat garis runcing di Affinity Designer


Garis runcing pada aplikasi Infinite Design tidak tersedia seperti halnya pada aplikasi Infinite Design ataupun Adobe Illustrator, dimana kita dapat memilih langsung jenis garis apa yang kita inginkan yang sudah tersedia.

Berbeda dengan aplikasi Affinity Designer, kita harus sedikit men-setting untuk membuat garis dengan ujung runcing berdasarkan yang kita inginkan.

Sehingga pada awal ketika kita membuat garis, ujung garis yang kita buat tidak akan berbentuk runcing. Namun garis akan berbentuk seperti setengah lingkaran pada ujung dan awal garis.

Untuk membuat garis runcing pada aplikasi Affinity Designer, berikut adalah bagaimana men-setting pen tool supaya menghasilkan garis runcing.

Silahkan kamu klik Pen tool dan ubah bagian ini dimana kita mengaktifkan bagian khusus garis saja,  supaya yang dihasilkan ada berupa garis bukan solid color. 


Kemudian silahkan kamu buat garis berbentuk apa saja yang kamu inginkan, sebagai contoh disini saya membuat garis lurus terlebih dahulu seperti berikut ini...


Disini saya membuat garis dengan ukuran yang lumayan besar untuk mempermudah kita untuk melihat perbedaanya nanti.

Selanjutnya silahkan kamu masuk ke tab Stroke dan pilih bagian Pressure seperti yang saya tandai pada gambar diatas.

Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


Tampilan ini adalah tampilan dimana kita dapat mengubah bentuk dari garis yang tadi kita buat. 

Pada gambar diatas terdapat dua titik kotak, yang paling kiri adalah titik untuk bagian garis yang awal kita buat, dan yang kanan adalah titik untuk garis yang kita buat.

Supaya garis yang kita buat menjadi runcing silahkan kamu klik tepat pada garis yang menghubungkan dua titik tersebut seperti pada gambar dibawah ini sampai memunculkan dua titik baru lagi.


Selanjutnya pada dua titik awal yang sudah ada sebelumnya, kita klik dan tahan kemudian geser kebawah seperti dibawah ini secara satu persatu.


Maka garis akan otomatis menjadi runcing, jika menurut kamu terlalu runcing, maka kamu bisa menarik titiknya tidak terlalu bawah atau sampai tengah saja.

Dan jika kamu hanya ingin membuat garis akhir saja yang runcing, kamu bisa membuat satu titik saja dekat titik yang kanan. Sehingga nanti akan ada 3 titik sahaja.

Nah, seperti itulah sedikit tutorial bagaimana membuat garis runcing pada aplikasi Affinity Designer yang bisa saya jelaskan. Jika ada pertanyaan, silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara membuat garis runcing di Affinity Designer"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel