Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Memahami bilangan prima yang genap


Untuk memahami apa bilangan prima dan genap kita harus terlebih dahulu memahami satu persatunya terlebih dahulu dari apa itu bilangan prima dan contoh-contohnya serta apa itu bilangan genap beserta contoh-contohnya.

Pertama kita pahami terlebih dahulu apa itu bilangan prima.

Bilangan Prima adalah bilangan yang hanya dapat dibagi oleh angka 1 dan angka dari dirinya sendiri. Contohnya adalah angka 2.

Kenapa angka 2?

Karena angka 2 hanya bisa dibagi oleh angka 1 yang hasilnya yaitu 2 : 1 = 2

dan dapat dibagi lagi dengan dirinya sendiri yang hasilnya yaitu 2 : 2 = 1

Adapula contoh lain selain dari angka 2 yaitu angka 3, 5, 7, 11 dan seterusnya...

Kenapa angka 3?

Sama seperti angka 2, angka 3 hanya bisa dibagi oleh angka 1 ( 3 : 1 = 3) dan dibagi oleh angka dari dirinya sendiri (3 : 3 = 1)

Begitupula dengan angka 5, 7, 11, dan seterusnya yang memiliki karakteristik yang sama.

Setelah memahami apa itu bilangan prima. Supaya lebih memahami lagi apa itu bilangan prima yang genap, kita haru memahami lagi apa itu bilangan genap.

Bilangan genap adalah bilangan yang habis tidak tersisi jika kita bagi bilangan tersebut dengan angka 2.

Contoh dari bilangan genap yaitu 2, 4, 6, 8, 10, 12, dan seterusnya...

Kenapa bisa angka 2?

Karena jika kita bagi bilangan 2 dengan bilangan 2, maka hasilnya 2 : 2 = 1 tanpa sisa.

Kenapa bisa angka 4?

Karena jika kita bagi bilangan 4 dengan bilangan 2, maka hasilnya 4 : 2 = 2 tanpa sisa.

Berbeda dengan angka 3, 5, 7, 9, dan seterusnya yang tidak masuk ke kriteria angka genap karena bilangan-bilangan ini tidak dapat dibagi dengan angka 2 atau bisa disebut dengan angka ganjil. Yang jika kita bagi dengan angka 2 maka akan menyisakan 1 angka yang tidak dapat dibagi.

Lalu apa itu bilangan prima yang genap?

Jika sudah memahami bilangan prima dan bilangan genap secara spesifik. Maka sekarang kita dapat dengan mudah memahami ini. 

Sehingga bilangan prima yang genap adalah suatu bilangan yang bisa disebut bilangan prima dimana hanya dapat dibagi dengan angka 1 dan dirinya saja serta termasuk bilangan prima juga dimana bilangan tersebut bisa dibagi dengan angka 2.

Lalu apa saja contoh dari bilangan prima yang genap?

Contoh dari bilangan prima yang genap adalah 2.

Karena angka 2 termasuk ke dalam bilagan prima karena hanya dapat dibagi oleh angka 1 dan dirinya saja serta termasuk ke dalam bilangan genap karena dapat dibagi dengan angka 2.

Lalu bilangan apa lagi termasuk bilangan prima yang genap?

Tidak ada lagi, karena dari semua angka yang ada hanya angka 2-lah yang termasuk ke dalam angka prima yang genap secara ekslusif. 

Nah itulah, sedikit materi dalam memahami bilangan prima yang genap yang bisa saya sampaikan. Silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini jika ada sesuatu yang belum dipahami. Semoga bermanfaat...

Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang Blogger yang masih mencari ilmu dan masih banyak salah. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi Sobat yang mengunjungi.

Post a Comment for "Memahami bilangan prima yang genap"