Cara cancel order melalui Costumer Service di Fiverr tanpa turun rating


Terkadang akhir dari orderan yang kita dapatkan di Fiverr tidak semulus yang kita inginkan. Itu bisa terjadi berbagai hal seperti client yang salah membuat orderan, terjadi miskomunikasi yang membuat client atau kita sendiri jengkel, harga yang tidak sesuai dengan brief yang diinginkan client namun client tidak ingin menambah harga dan keputusan terakhirnya adalah membatalkan orderan yang dia buat.

Ataupun terlalu banyak revisi yang membuat kita sebagai seller jengkel dengan client dan meminta untuk mengakhiri projek/.orderannya.

Masih banyak lagi alasan kuat lain yang dapat membuat kita atau client memilih untuk mengakhiri orderannya.

Namun, jika memang orderan ini membenar dibatalkan. Maka resikonya yaitu rating Order Completion pada Seller akan berkurang. Terjadi dalam beberapa kasus biasanya berkurang sekitar 3%. Bisa lebih maupun kurang.

Lalu apa yang akan terjadi? Maka statistic akan menurun dan meluang mendapatkan order lagi akan kecil.

Sehingga terkadang membatalkan project bukanlah solusi terbaik bagi seorang seller. Maka dari itu banyak seller yang sering mengalah.

Baca Juga : Ciri-ciri buyer yang akan menipu seller di Fiverr

Nah, muncullah beberapa saran dari para seller berpengalaman yang terjun di dunia Fiverr bahwa kita dapat membatalkan orderan di Fiverr tanpa mengurangi rating Order Completion kita.

Lalu bagaiman caranya?

Yaitu dengan membatalkan pesanan melalui Costumer Servide dari pihak Fiverrnya sendiri. Disini CS sebagai penengah antara pihak Seller dan Buyer yang mengalami kendala yang berujung akan mengakhiri projectnya.

Namun terkadang cara ini bisa saja dapat mengurangi rating kita, jika menurut CS yang salah adalah dari seller dimana seller sendiri tidak dapat mengerjakan projeknya dengan baik.

Karena pada dasarnya ketika kita meminta CS untuk mengatasi cancel order kita, CS akan mengecek apa yang Seller dan Buyer permasalahkan dari awal.

Nah disitulah alasan jika rating tetap menurun walaupun projek dibatalkan oleh CS.

Namun bisa saja memang benar-benar tidak menurun jika projek dibatalkan karena kesalahan si Buyer. Salah satunya seperti salah menempatkan orderan. Dimana ini benar-benar human error dari si Buyer.

Nah jika kamu ingin membatalkan pesanan melalui CS dan berharap rating kamu tidak turun. Kamu bisa gunakan cara berikut ini...

1. Masuk ke halaman Help & Support

Karena disini kita akan menghubungi CS, maka silahkan kamu masuk ke halaman Help & Support. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini...


Nah disini kamu bisa klik bagian yang mana saja diantar 4 pilihan yang kamu inginkan secara bebas. Disini saya akan mencoba klik bagian Seller Hub.

2. Klik Submit a Request

Maka akan ada tampilan dari Seller Hub, nah disini kamu langsung scroll ke bagian bawah dan klik bagian Submit a Request atau kamu bisa lihat gambar dibawah ini untuk letaknya.


Selanjut kamu akan dihadapkan beberapa option seperti dibawah ini, silahkan kamu klik bagian Selling on Fiverr. Karena disini kita bertindak sebagai Seller.


Kemudian akan ada option seperti sebelumnya namun dengan pilihan yang berbeda. Disini silahkan kamu klik bagian Orders.


Selanjutnya masih ada option lagi seperti dibawah ini. Dan silahkan kamu klik pada bagian Current Order. Yang artinya Orderan yang saat ini sedang berjalan.


Masih akan menemukan pilihan yang sama, silahkan klik pada bagian Cancel an Order.


Setelah itu kamu akan mendapatkan penjelasn bahwa kamu dapat mencancel orderan dengan cara yang dijelaskan seperti pada gambar dibawah ini.

Baca Juga : Cara ampuh mendapat orderan di Fiverr yang sedang sepi orderan (berdasarkan pengalaman)

Namun karena kita ingin yang membatalkan orderannya adalah CS Fiverr. Maka silahkan kamu klik pada bagian I still need help.

3. Mengisi Form pengajuan

Selanjutnya kamu akan dihadapkan form pengisian pengajuan untuk menghubungi CS. Disini kita bisa menjelaskan kronologisnya permasalahan yang terjadi dan pastikan kamu memberi kesimpulan bahwa kamu ingin membatalkan orderan. 


Perhatikan gambar diatas, terdapat 3 textbox yang harus kita isi.

Pada bagian Subject silahkan kamu isi dengan topik dari permasalahan ini. Untuk Cancel order, silahkan kamu isi dengan Cancel Order.

Selanjutnya pada bagian Description, kamu bisa isi dengan penjelasan permasalah yang terjadi. Dari awal permasalah terjadi, dan pastikan disini bener-benar jelas supaya CS Fiverr berpihak kepada kita dan rating Order Completionpun tidak menurun.

Silahkan isi sejelas mungkin dengan sopan.

Baca Juga : Tips membuat pesan menarik untuk Buyer Request pada Fiverr

Kemudian untuk bagian Order ID, silahkan kamu isi dengan order ID yang ingin kamu batalkan. Biasanya diawali dengan #F atau kamu bisa cek gambar dibawah ini sebagai contoh.


Disini mohon maaf saya sensor, tapi Order ID adalah seperti yang saya tandai pada gambar diatas. Nah silahkan kamu Copy dan pastekan di bagian Form Order ID. Pastika Order ID yang kamu copy adalah orderan yang ingin dibatalkan.

Selanjutnya pada bagian Attachment Files, disini kamu bisa upload screenshot chat jika memang disini buyer benar-benar mempunyai kesalahan yang jelas. 

Namun untuk bagian ini tidak terlalu wajib. Tapi sebisa mungkin kamu isi supaya meyakinkan si CS bahwa kita benar-benar berada di pihak yang benar dan rating Order Completion tidak akan menurun.

Jika semuanya sudah terisi silahkan kamu klik Send Request. Maka pengajuan kamu akan ditinjau beberapa jam kedepan. Biasanya saya mendapatkan balasan dari CS 6 jam setelah pengajuan dan orderan langsung dibatalkan secara otomatis oleh CS.

Jika pengajuan kamu sukses, maka akan dihadapkan kepada tampilan seperti dibawah ini.


Ini adalah tampilan pengajuan-pengajuan yang pernah saya lakukan kepada CS. Untuk melihatnya silahkan kamu masuk ke halaman Help & Support lagi dan klik bagian My Support Request yang ada dibagian atas.

Sebenarnya tidak hanya untuk cancel orderan saja, disini kamu juga bisa bertanya tentang hal lain salah satu contohnya seperti bertanya kepada CS kenapa rating di Dashboard kita menurun tiba-tiba tanpa alasan dan meminta untuk memperbaiki ratingnya.

Nah itulah sedikit pembahan mengenai bagaiamana kita cancel orderan di Fiverr menggunakan layanana CS dari Fiverr. Saya jelaskan kembali, jika kamu berada di pihak yang benar menurutu CS. Maka rating akan tetap normal. Tetapi jika sebaliknya maka akan tetap turun. 

Namun ini hanya teori saya saja berdasarkan pengalaman yang saya pernah dapatkan. 

Demikian artikel ini saya buat, jika ada pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Cara cancel order melalui Costumer Service di Fiverr tanpa turun rating"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel