Jangan asal download font! Inilah font yang 100% aman dan gratis (commercial use)

Untuk promosi produk di media sosial tentunya kita membutuhkan font untuk membuat sebuah promosi yang kita buat lebih menarik dan enak dibaca oleh orang lain ketika promosi kita diiklankan. Sama halnya juga untuk sebuah jasa design (seperti logo, brosur, cover book, dll) yang kita jual pastinya membutuhkan font sebagai hal pelengkap yang wajib.

Kita dapat mendownload berbagai jenis font di google yang bisa kita gunakan untuk beriklan. Namun sayangnya tidak semua font tersebut for commercial use. Atau dalam artian tidak semua font yang tersedia di google adalah font yang dapat kita gunakan secara gratis melainkan harus berbayar terlebih dahulu.

Mungkin tidak akan menjadi masalah jika kita memiliki uang, namun bagaimana dengan seorang designer pemula?

Dan asal kita tahu bahwa font yang terdapat di situ Dafont tidak semua free commercial use. Jadi kita harus berhati-hati dalam menggunakan font dari Dafont dan kita harus teliti mana font yang free commercial use atau bukan. Dan jika kita nekat tetap menggunakan font berhakcipta tanpa membelinya terlebih dahulu, maka akan banyak resiko yang dihadapi. 

Pertama design yang kamu buat ilegal, dan kedua kamu beresiko dituntut oleh orang yang memiliki hak cipta dari font yang kamu gunakan. Berikut adalah berita yang pernah terjadi pada tahun 2020 mengenai kasus seseorang dituntut 12jt karena menggunakan font berlisensi secara ilegal.


Lalu apakah ada font yang 100% aman, gratis, dan free commercial use sehingga kita tidak akan kena resiko dituntut dan design yang kita buat tetap legal?

Jawabannya ada. Maka dari itu saya sekarang akan memberikan informasi mengenai font yang 100% aman digunakan untuk fee commercial use tanpa kamu harus memilah-milah mana font yang free commercial use dan bukan.

Lalu apakah itu? Yaitu Google Font...



Di google font ini ada banyak style font yang bisa gunakan termasuk font dengan gaya tulisan Korea dan Jepang yang juga tersedia. Bahkan font mainstream seperti Sans Serif-pun ada dengan berbagai jenis stylenya.

Untuk masuk ke Google Font silahkan kamu search di google dengan kata kunci tersebut dan silahkan klik situsnya. Maka langsung disediakan berbagai font yang bisa kita gunakan bebas untuk komersial.

Lalu dimanakah bukti bahwa font yang ada disini semua legal dan bebas untuk digunakan sebagai komersial?


Gambar diatas adalah bukti bahwa font yang ada di Google Font semuanya gratis untuk digunakan untuk komersial. 

Itu terlihat pada bagian "Free to Use" dimana intinya kita boleh menggunakan font yang ada di google font sebaga kegiatan non-komersil seperti kebutuhan pribadi dan kegiatan komersil seperti kita buat logo, brosur, design, dan lainnya.

Namun ada satu hal yang harus kita ketahui dan ini juga beresiko menjadi suatu permasalahan yang besar yaitu kita tidak boleh memperjual-belikan font yang ada pada Google Font.

Maksudnya yaitu kita tidak boleh menjual ulang font yang telah kita download di Google Font kepada orang lain. Seperti menjual file fontnya ke situs font yang lain. Ini tentu melanggar ketentuan yang ada seperti berikut.



Jika kamu mengklik salah satu font yang ada pada Google Font maka kamu akan mendapatkan bagian lisensi dibagian bawahnya seperti gambar diatas ini.

Bagian ini menjelaskan bahwa pada intinya kita boleh menggunakan font yang kamu pilih ini untuk kebutuhan non-komersil ataupun komersil secara gratis namun tidak boleh untuk diperjual belikan ulang. 

Jadi jika kamu menggunakan fontnya untuk membuat logo, brosur, untuk sebuah produk, ataupun yang lainnya maka akan tetap aman tanpa khawatir kena tuntut. Namun jika kamu bersikeras untuk menjual ulang di situs font lain ataupun ke orang lain, maka kamu beresiko kenta tuntut karena melanggar ketentuan lisensi dari font tersebut.

Sangat bermanfaat bagi sebagian designer yang tidak ingin mengeluarkan biaya banyak untuk membeli lisensi dari font yang dibutuhkan dengan memanfaatkan font dari Google Font ini.

Google font sendiri meyakinkan bahwa font yang ada di Google font memiliki keunggulan salah satunya sangat bagus digunakan untuk website maka website tersebut akan memiliki kecepatan loading yang bagus. Seperti yang tercantum dibawah ini.


Ada banyak sekali font yang ada pada google font dan tersedia dengan aksara lain seperti Jepang, India, korea dan lainnya. Kita bisa memanfaatkan sepuasnya secara gratis untuk kebutuhan non-komersil dan komersil tanpa menperjual belikannya lagi yang pasti melanggar ketentuan yang berlaku.

Nah itulah sedikit informasi dari saya mengenai Google Font yang sangat baik kita manfaatkan jika tidak mempunya budget lebih untuk membeli font premium lainnya. Jika kamu mempunya pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Jangan asal download font! Inilah font yang 100% aman dan gratis (commercial use)"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel