Cara mudah merubah bilangan pecahan menjadi bilangan persen

Didalam matematika ada saatnya kita perlu mengubah suatu bilangan ke jenis bilangan yang lain, dengan tujuan mempermudah suatu proses untuk mencari suatu bilangan lainnya. Salah satunya yaitu mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan persen, decimal, dan yang lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara bagaimana mengubah bilangan pecahan menjadi persen. Tentunya dengan beberbagai jenis bilangan.

Pecahan Biasa

Pada dasarnya untuk mengubah suatu bilangan pecahan kebentuk persen kita hanya harus mengkalikan terlebih dahulu bilangan penyebut dengan bilangan lainnya yang hasilnya menjadi 100. Sehingga kita harus menentukan bilangan berapa jika dikalikan dengan bilangan penyebut yang ada hasilnya akan menjadi 100.

Jika sudah ditemukan bilangan tersebut, maka selanjutnya kita hanya harus mengkalikan juga bilangan pembilang dengan angka yang sama yang dikalikan dengan penyebut. Jika sudah, maka selanjutnya kita hanya perlu mengganti penyebut dengan % dan simpan disisi pembilang.

Supaya kamu lebih paham lagi, silahkan perhatikan contoh soal dibawah ini.


Dari soal diatas, kita harus mencari bilangan persen dari pecahan dengan angka pembilangnya 1 dan angka penyebutnya 5.

Maka untuk menyelesaikannya adalah kita harus mencari angka berapa jika kita kalikan dengan penyebutnya maka hasilnya 100. Sehingga ditemukanlah yaitu angka 20.

Karena jika kita kalikan penyebutnya (5) dengan 20 maka hasilnya adalah 100. Selanjutnya kita kalikan pembilangnya dengan 20 juga. Sehingga penyelesaiannya seperti berikut ini.


Sehingga ditemukanlah bilangan persen dari pecahan 1/5 adalah 20%.

Kenapa 20/100 bisa menjadi 20%?

Ini dikarenakan semua bilangan persen jika kita jadikan bilangan pecahan maka konsepnya adalah bilangan yang ada didepan porsen menjadi pembilang dan persen % kita jadi angka 100 sebagai bilangan penyebut.

Begitu pula seperti 15% maka pecahannya adalah 15/100, 65% maka pecahannya adalah 65/100, dal lainnya juga.

Pecahan Campuran

Untuk mengubah pecahan campuran menjadi persen kita masih menggunakan cara yang sama dengan pecahan biasa. Namun dikarenakan pada pecahan campuran terdapat angka tambahan maka kita harus mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa terlebih dahulu kemudian kita gunakan cara yang sama seperti sebelumnya untuk mengubahnya menjadi persen.

Berikut adalah contoh soal pecahan campuran.


Untuk mengubah bilangan pecahan campuran ke persen berdasarkan soal diatas adalah kita harus mengubah terlebih dahulu menjadi pecahan biasa. Sehingga cara untuk merubahnya yaitu kita harus kalikan angka yang ada didepan pecahan ke angka penyebut kemudian kita tambahkan dengan pembilang.  Kemudian hasilnya kita jadikan pembilang dengan angka penyebutnya masih sama dengan penyebut pada bilangan campuran sebelumnya. Atau kamu bisa perhatiakn berikut ini...

Sehingga ditemukanlah pecahan biasanya yaitu 22/5. 

Sekarang kita hanya harus mengubahnya menjadi persen dengan menggunakan cara yang sama seperti pecahan biasa diubah ke persen. Sehingga kita harus mencari angka yang jika kita kalikan dengan penyebut hasilnya 100.

Maka kita temukanlah angka tersebut adalah 20, karena jika kita kalikan dengan penyebutnya yaitu 5 hasilnya adalah 100. Jangan lupa kita kalikan pembilangnya juga dengan angka yang sama sehingga menjadi seperti dibawah ini.


Karena kita hanya mengubah dari bentuk pecahan campuran ke bentuk persen, maka kita tidak perlu menyederhanakan lagi proses 440/100. Sehingga kita langsung saja ganti 100-nya menjadi persen (%).

Sehingga bentuk persen dari pecahan campuran diatas adalah 440%.

Pecahan Desimal

Bentuk pecahan desimal tidak sama dengan bentuk pecahan biasa dan campuran. Namun untuk mengubah pecahan desimal ke bentuk persen kita harus mengubahnya terlebih dahulu ke dalam bentuk pecahan biasa, sehingga selanjutnya kita gunakan cara yang sama dengan pecahan biasa untuk bisa kita ubah ke dalam bentuk persen.

Perlu diketahui, untuk mengubah bentuk desimal ke bentuk pecahan kita harus memperhatikan berapa jumlah angka yang ada dibelakang koma.

Jika angka di belakang koma (,) terdapat 1 angka, maka penyebut dalam pecahan biasanya adalah 10. Jika angka di belakang koma adalah 2, maka penyebut pada pecahan biasanya adalah 100. Dan begitula pula jika ada 3 angka, maka penyebutnya adalah 1000 dan seterusnya.

Untuk menentukan pembilang dari pecahan biasanya adalah kita hanya perlu menghilangkan koma dari desimal. Supaya kamu dapat lebih memahaminya lagi, silahkan perhatikan contoh soal dibawah ini.

Contoh Soal

Jika diketahui bilangan desimal adalah 3,4 maka berapakah bentuk persen dari bilangan desimal tersebut?

Jawab : 

Pertama kita ubah terlebih dahulu 3,4 ke bentuk pecahan. Dikarenakan angka di belakang koma hanyalah ada 1 angka yaitu 4. Maka kita ketahui penyebut dari pecahan biasanya adalah 10. Dan untuk pembilangnya kita hanya perlu menghilangkan koma dan kita temukanlah pembilangnya yaitu 34.

Sehingga bentuk pecahan biasa dari 3,4 adalah 34/10.

Nah selanjutnya kita hanya perlu menggunakan cara yang sama dengan cara-cara sebelumnya untuk mencari bilangan persennya.

Sehingga kita cari terlebih dahulu angka berapa jika kita kalikan dengan penyebutnya hasilnya menjadi 100. Maka kita temukanlah angka 10. Karena jika kita kalikan dengan penyebutnya yaitu 10, maka 10x10 hasilnya 100.

Selanjutnya kita kalikan pembilangnya juga dengan angka yang saya yang dikalikan dengan penyebutnya. Sehingga menjadi seperti dibawah ini.



Sama seperti yang lainnya, karena kita hanya mencari bentuk persennya saja, sehingga kita tidak perlu menyederhanakan lagi dari pecahan 340/100. Kita hanya perlu mengubah penyebutnya yaitu 100 menjadi persen % dan disimpan dibelakang pembilang.

Sehingga bentuk persen dari 3,4 adalah 340%.

Lalu bagaimana jika angka dibelakang komanya lebih dari 1 atau lebih dari 2?

Silahkan kamu perhatika contoh soal bilangan desimal yang harus diubah ke bentuk persen dengan bilangan dibelakang koma lebih dari 1 dibawah ini...

Contoh Soal :

Ubah bentuk desimal 0,223 ke bentuk persen (%) !

Jawab :

Pertama kita ubah terlebih dahulu bilangan desimal 0,223 ke bentuk pecaha biasa. Dikarenakan terdapat 3 angka dibelakang koma yaitu 223. Maka itu artinya penyebut dari pecahan biasanya adalah 1000. Dan untuk pembilangnya kita hanya perlu menghilangkan komanya saja sehingga menjadi 0223. Namun karena 0 didepan tidak ada artinya. Kita hilangkan saja sehingga pecahan biasanya yaotu 223/1000.

Karena yang kita cari adalah persen, maka kita harus mengubah angka penyebutnya menjadi angka 100. Namun disini penyebutnya lebih dari 100 yaitu 1000. Sehingga bagaimana caranya supaya penyebutnya bisa menjadi angka 100.

Maka kita hanya perlu membagi ke angka berapa sehingga dari 1000 menjadi 100. Sehingga ditemukanlah angka tersebut adalah 10. Karena 1000 : 10 hasilnya 100.

Karena kita sudah menemukan angka tersebut, kemudian kita bagi pembilangnya juga dengan angka yang sama sehingga 223 : 10 hasilnya adalah 22,3.

Sehingga ditemukanlah pecahan biasanya adalah 22,3/100.

Karena penyebutnya 100, maka kita hanya perlu mengubah penyebutnya menjadi persen (%) dan disimpan dibelakang angka pembilang.

Sehingga bentuk persen dari 0,223 adalah 22,3%.

Nah itulah beberapa cara mengubah bentuk pecahan biasa, campuran, dan desimal ke bentuk persen dengan mudah. Jika ada beberapa hal yang tidak kamu ketahui. Kamu bisa gunanakan kolom komentar dibawah ini untuk bertanya.

Demikian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat dan terima kasih telah menyimak...

0 Response to "Cara mudah merubah bilangan pecahan menjadi bilangan persen"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel