Cara ekport JPEG dan PNG di Adobe Illustrator dengan ukuran Artboard

Mungkin yang belum pernah menggunakan aplikasi Illustrator akan sangat kebingungan ketika situasi akan ekport projek ke JPEG maupun ke PNG dengan ukuran artboard. Sehingga hasilnya gambar hasil ekport ke JPEG maupun PNG tidak sesuai artboard melainkan ukurannya mengikuti seberapa besar objek-objek yang kita buat di projek tersebutnya.

Berikut adalah contoh jika kita mengeksport ke JPEG/PNG namun belum mengetahui bagaimana cara eksport file yang benar di AI.

Dan berikut adalah hasil yang sebenarnya dimana ukurannya gambarnya mengikuti ukuran artboard yang kita buat.

Dan hal-hal seperti ini yang sering terjadi pada designer-designer pemula bahkan untuk saya sendiri. 

Sehingga pada kesempatan kali ini saya akan memberikan bagaimana caranya ekport projek ke JPEG/PNG di AI yang benar dengan mengikuti ukuran artboard yang kita tentukan.

Dan berikut adalah langkah-langkahnya...

  • Buka projek yang ingin kamu ekport, pastikan ukuran Artboardnya sudah kamu tentukan terlebih dahulu. Berikut adalah cara bagaimana kita menentukan ukuran artboard sesuai kebutuhan kita...


Silahkan kamu klik tool Artboard seperti yang saya tandai pada gambar diatas...

Kemudian sekarang kamu bisa tentukan ukuran artboardnya sesuka kamu atau kamu juga bisa menentukannya berdasarkan tertentu pada bagian Properties dimana bagian icon "W" yang berarti Width atau lebar dari Artboardnya dan icon "H" yang berarti "Height" adalah tinggi dari artboardnya.

  • Export As

Jika sudah selesai menentukan ukuran dari artboardnya, sekarang kamu bisa langsung eksport projectnya sesuai dengan keinginan kamu. Disini saya akan mencoba ekport ke format PNG. Sehingga silahkan klik bagian File dan pilih option Export dan pilih lagi bagian Export As. Maka selanjutnya akan tampil bagian seperti dibawah ini...

Silahkan ubah formatnya ke PNG seperti pada gambar diatas,..

Kemudian silahkan kamu centang pada bagian Use Artboards, ini maksudnya adalah ukuran gambar yang akan kita ekport akan mengikuti ukuran dari artboard yang sudah kita tentukan ukurannya.

Jika artboardnya ada 1, maka biarkan saja angka 1 didalam teksboxnya. Kemudian klik export dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Nanti akan langsung tampil option dari kualitas gambar yang akan dihasilkan sedikiti preview hasilnya. Disini kamu bisa menentukannya sendiri sampai selesai tereksport filenya.

Jika sudah tidak ada option atau bahkan peringatan lagi dan tidak adak tanda loading di bagian nama projecnya, maka kamu bisa langsung cek filenya di folder yang kamu gunakan untuk menyimpan file yang kamu eksport tadi...

Nah itulah sedikit tutorial bagaimana cara eksport yang benar di Illustrator dengan ukuran gambar yang dieksport mengikuti ukuran artboard yang kita tentukan.

Jika kamu terdapat error ataupun masalah lainnya, kamu bisa jelaskan di kolom komentar dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara ekport JPEG dan PNG di Adobe Illustrator dengan ukuran Artboard"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel