Materi Pythagoras, cara mencari panjang sisi pada segi tiga siku-siku

Materi Pythagoras adalah materi yang hanya bisa digunakan untuk mencari panjang sisi dari sebuah segitiga siku-siku dan hanya segitiga siku-siku. Dengan Pythagoras ini kita dapat mencari berapa panjang dari sisi miring dan sisi lainnya dengan menggunakan rumus pythagoras. Rumus pythagoras sendiri bisa kita gunakan sesuai dengan sisi mana yang sedang kita cari.

Untuk mencari sisi miring yang harus kita ingat adalah kita hanya perlu mengkuadratkan sisi yang satu dan dijumlahkan dengan sisi lainnya yang sudah dikuadratkan juga. Kemudian hasilnya kita cari akarnya.

Sedangkan untuk mencari sisi selain sisi miring kita hanya mengkuadratkan panjang sisi miring kemudian dikurangi dengan sisi yang lainnya yang sudah dikuadratkan juga. Kemudian hasilnya kita cari akarnya juga.

Supaya lebih paham, silahkan perhatikan segitiga siku-siku dibawah ini...


Berdasarkan gambar segitiga siku-siku diatas, maka kita ketahui sisi miringnya adalah BC dan sisi lainnya yaitu AB dan AC.

Sehingga berdasarkan rumus saya jelaskan diatas, maka untuk mencari sisi miring yaitu BC menjadi seperti dibawah ini...



Dan untuk mencari sisi lainnya yakni AB dan AC maka kita hanya perlu mengurangi sisi miring dengan sisi lainnya yang diketahui seperti dibawah ini...

Mencari sisi AB
Mencari AB

Mencari AC

Supaya lebih memahami lagi bagaimana cara mengoperasikan rumus pythagorasnya. Berikut adalah contoh soaln beserta jawaban dan penjelasan-penjelasannya....

Contoh soal mencari sisi miring :

Jika diketahui segitiga siku-siku ABC adalah sebagai berikut, maka berapa panjang sisi BC?


Jawab :

Berdasarkan gambar diatas, maka diketahui bahwa sisi AB adalah 8 cm dan sisi AC adalah 10 cm. Maka sisi miringnya adalah BC yang belum diketahui.


Sehingga kita bisa menggunakan rumus untuk mencari sisi miring dimana kita kuadratkan sisi-sisi lainnya dan kita jumlahkan, kemudian kita cari akarnya. Sehingga kita masukan terlebih dahulu sisi-sisi yang diketahui ke rumus untuk mencari sisi miring seperti berikut ini.

Selanjutnya kita akarkan dan kita kuadratkan masing-masing sisi yang diketahui seperti berikut ini...



Kenapa pangkat 2 diatas BC hilang? Ini karena sudah kita ganti dengan simbol akar di penjumlahan sisi AC dan AB...

Kenapa pangkat 2 diatas AB dan AC hilang? Ini karena kita sudah kita kuadratkan (kali dengan dirinya sendiri sebanyak 1x karena pangkat dimana menjadi seperti ini 8= 8 x 8) dan hasilnya 64 dan 100.

Selanjutnya kita jumlahkan dan cari berapa akar dari hasilnya tersebut seperti dibawah ini...


Lalu berapa akar dari 164? 

Maka hasilnya adalah 12,8 atau bisa kita bulatkan menjadi 13 cm.

Sehingga panjang dari sisi miring BC adalah 13 cm...

Contoh Soal mencari sisi selain sisi miring

Diketahui segitiga siku-siku ABC adalah sebagai berikut, maka berapakah panjang sisi AC?


Jawab

Untuk mencari sisi selain sisi miring maka kita hanya perlu mengkuadratkan sisi miring kemudian kita kurangi dengan sisi lainnya yang diketahui yang sudah dikuadratkan juga. Sehingga berdasarkan segitiga siku-siku diatas, maka rumusnya menjadi seperti dibawah ini...


Kemudian kita kuadratkan masing-masing sisinya lalu kita proses pengurangannya seperti dibawah ini...


Terakhir kita cari berapa akar dari 5600, maka diketahuilah akar dari 5600 adalah 74,8 atau bisa kita bulatkan menjadi 75.

Sehingga panjang sisi dari AC adalah 75 cm....

Jika yang diketahui adalah sisi AC dan sisi BC pada soal diatas, maka kita hanya mengurangi sisi BC dengan sisi AC dengan menggunakan cara yang sama ketika kita mencari sisi AC diatas.

Sebagai catatan, jika kita mencari sisi miring. Maka kita hanya perlua menjumlahkan panjang satu sisi dengan sisi lainnya.

Jika selain sisi miring, maka kita hanya perlu mengurangi sisi miring dengan sisi lainnya.

Nah itulah sedikit penjelasan dan contoh soal dari materi Pythagoras yang hanya bisa kita gunakan untuk mencari panjang sisi dari sebuah segitiga siku-siku. 

Jika kamu mempunyai pertanyaan, silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Materi Pythagoras, cara mencari panjang sisi pada segi tiga siku-siku"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel