7 Alasan kita tidak boleh meminta design gratis


Sangat miris memang jika kita membicarakan pasar design di Indonesia bagi para designer. Kebanyakan orang di Indonesia menganggap mendesign adalah keahlian yang sangat mudah namun mereka sendiri tidak dapat melakukannya. Sehingga banyak yang meremehkan para designer dengan berbagai hal.

Seperti tidak mau membayar ataupun menawar harga yang memang sudah sesuai dengan design yang diminta dan lainnya yang memang merugikan para designer Indonesia. Sehingga banyak para designer lebih memilih menargetkan pasar internasional walaupun agak sulit. 

Lalu kenapa sih kita tidak boleh meminta design gratis atau bahkan kita sendiri sebagai designer yang dengan suka rela sering memberi kemampuan kita dalam mendesign secara gratis?

Berikut adalah 7 alesan kenapa kita tidak boleh meminta design gratis atau memberi design gratis...

1. Hargai kemampuan

Ya, menjadi designer tidak semua orang bisa. Maka sangat beruntung kita jika memiliki keahlian mendesign. Jika suatu keahlian tidak bisa semua orang lakukan, maka keahlian tersebut sangat amat berharga.

Sehingga sangat lucu jika ada orang yang meminta untuk dibuatkan sebuah design namun mereka tidak ingin untuk membayar.

"Ayolah, ke teman masa bayar." mungkin ini salah satu cara orang-orang tak punya uang tapi menginginkan sesuatu dengan memanfaatkan iba dari orang lain.

Manfaatkan keahlian kita dengan sebaik-baiknya, sehingga kita dapat memetik rezeki dari keahlian tersebut.

2. Membutuhkan waktu 

Semua orang memiliki schedule harian masing-masing. Jika kita meminta seseorang untuk membuatkan sebuah design sesuai dengan keinginan kita. Maka mereka meluangkan waktu berharga mereka untuk mengerjakan design yang kita inginkan.

Sehingga sudah sepatutnya kita untuk memberi imbalan sebagai harga waktu yang mereka luangkan untuk kita.

3. Designer butuh makan

Designer juga manusia...

Sangat prihatin memang jika ada seseorang yang meminta dibuatkan design gratis tetapi mereka tidak memikirkan bahwa designernya juga manusia biasa yang membutuh makan, sehingga menghasilkan tenaga dimana tenaga tersebut menjadi pendorong si designer untuk mengerjakan design yang kita minta.

4. Beli Software mahal boss...

Menjadi seorang designer tak hanya bermodalkan keahlian yang mereka miliki. Akan tetapi ada faktor-faktor penunjang lainnya seperti harus membeli aplikasi Software yang mahal yang sesuai dengan dibidang apa mereka tekuni...

Software pa saja sih yang dapat menunjang seseorang untuk menjadi seorang designer?

Windows sebagai OS dari laptop/PC mereka, Photoshop ataupun Corel Draw sesuai dengan keahlian mereka. Kemudian software-software yang perlu langganan lainnya.

Dan satu saja kita sebut harganya, sudah sangat mahal. Apalagi jika kita tambahkan dengan harga aplikasi-aplikasi lainnya. 

Saya yakin harga yang ditawarkan oleh seorang designer bahkan tidak akan sampai 20% dari harga 1 aplikasi yang mereka beli/langganan.

5. Listrik tidak gratis

Untuk menyalakan komputer sehingga dapat mengerjakan design yang kita minta, tentunya designer harus membayar biaya listrik yang mereka gunakan ketika mendesign design yang kita minta.

Sangat tidak etis jika kita meminta design gratis sedangkan designer sendiri membayar biaya listrik yang digunakan untuk mengerjkanan design kita.

6. Ada kebutuhan priemer yang perlu dipenuhi

Designer juga memiliki keluarga yang harus terus terpenuhi kebutuhan priemernya. Seperti kebutuhan pakaian, biaya sekolah anak-anaknya dan lainnya yang tidak bisa ditinggalkan. 

Lantas, tega kah kita meminta mereka bekerja secara gratis?

7. Support untuk mengembangkan profesinya

Teman yang baik adalah teman yang saling membantu bukan menjatuhkan atau bahkan memanfaatkan. Dengan kita memberi imbalan sesuai dengan design yang kita minta, secara bersamaan kita juga membantu dia untuk mengembangkan usaha dia.

Sehingga si designer bisa lebih bersemangat, dan membeli kebutuhan design lainnya. Atau bahkan digunakan untuk mempromosikan usahanya.

Jadi, ayolah untuk kita-kita yang sering meminta design gratis. Apakah tidak memiliki hati nurani...

Masih banyak lagi alesan-alesan lainnya kenapa kita tidak boleh meminta design gratis. Namun pada intinya kita tidak boleh meminta design gratis atau bahkan sampai meremehkan suatu profesi. Semoga bermanfaat...

0 Response to "7 Alasan kita tidak boleh meminta design gratis"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel