Cara membuat panel komik dengan cepat dan rapih di Medibang Paint PC

Tidak mudah untuk membuat sebuah komik. Karena kita harus memahami cerita yang kita buat terlebih dahulu serta gambar komik yang harus menarik dan enak untuk dilihat. Sehingga tentunya kita harus memahami bagaimana tekhnik-tekhnik menggambar sebuah komik yang bagus.

Untuk menggambar sebuah komik sudah pasti tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya panel. Panel disini yaitu sebuah pembatas satu gambar dengan gambar yang lain yang biasanya berbentuk kotak ataupun berbentuk apa saja yang dikehendaki oleh si pembuat komik.

Berikut ada contoh dari panel yang sudah saya buat di Medibang Paint untuk membuat sebuah komik.

Tentunya jumlah panel dan bentuk panel harus kita sesuaikan dengan cerita yang sedang kita buat.

Nah jika kamu ingin membuat sebuah komik dan menarik, maka kita perlu mengetahui bagaimana caranya membuat sebuah panel komik dengan cepat dan mudah seperti gambar diatas. 

Sehingga pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana caranya membuat panel komik yang rapih dan cepat di aplikasi Medibang Paint. Berikut adalah tutorial membuat sebuah panel komik dengan menggunakan aplikasi Medibang Paint.

1. Buat projek baru

Buat projek baru kita dengan menggunakan ukuran yang kita inginkan. Untuk komik seperti Tahi Lalat menggunakan ukuran persegi seperti 4000x4000px dan untuk webtoon biasanya 780x1000px. Atau kamu bisa sesuaikan sendiri sesuai keinginan kamu.

2. Buat Panel

Nah untuk membuat panelnya disini saya menggunakan cara yang otomatis dan sangat mudah yaitu dengan cara klik dibagian tab “Layer (L)” dan pilih “Tambahkan bahan panel” maka akan muncul settingan dimana kita bisa mengatur ukuran ketebalan panel dan warna panel seperti dibawah ini.



Silahkan kamu atur sesuai keinginan kamu. Pastikan ketebalan garisnya tidak terlalu tebal ataupun terlalu tipis.

3. Potong Panel

Jika Panelnya sudah muncul, maka munculnya akan seperti dibawah ini dimana berupa persegi panjang yang ukurannya menyesuaikan dengan ukuran kertas.

 


Dan juga otomatis kita langsung menggunakan tool "Alat Pembagi" yang dimana fungsinya adalah untuk memotong bagian mana yang ingin kita potong.

Caranya silahkan kamu klik dan tahan terus geser ke arah yang kita inginkan, maka akan muncul garis dimana garis tersebut adalah bagian yang akan terpotong seperti dibawah ini.

Sehingga akan secara otomatis terpotong secara rapi dan terbentuk panel-panel yang nanti bisa kita isi dengan gambar komik.

Pastikan kamu membuatnya sesuai dengan kebutuhan dari cerita komik.

Nah itulah sedikit tutorial bagaimana cara membuat panel komik dengan cepat sehingga sekarang kamu bisa memulai membuat sketsa untuk komik kamu dan mulai menggambarnya. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Cara membuat panel komik dengan cepat dan rapih di Medibang Paint PC"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel