Tutorial membuat pet vector (kucing) dengan mudah di Infinite Design

 Semakin kesini pariasi objek untuk dijadikan bahan vector tidak hanya manuasia saja, akan tetapi sudah merambah ke objek lain seperti binatang peliharaan. Dan ternyata kita juga bisa membuka jasa membuat pet vector dengan harga yang lumayan wah. Sehingga tidak hanya membuka jasa photo kartun saja, kita juga bisa membuka jasa untuk mengkartunkan photo binatang peliharaan seperti Kucing, Anjing, hamster, dan lainnya yang merupakan binatang peliharaan.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara saya dalam membuat kartun dari binatang peliharaan khususnya kucing. Ada banyak aplikasi yang memungkinkan untuk membuat kartun peliharaan berupa vector ini, namun disini saya akan menggunakan aplikasi Infinite Design sebagai alat pembuatannya.

Silahkan kamu download terlebih dahulu gambar dari kucing berikut jika kamu ingin mengikuti tutorial ini dan langsung mempraktekannya. Akan tetapi tidak ada pallet untuk pembuatan kartun peliharaan ini karena untuk warna kita tentukan sendiri dengan cara disuntikan atau eyedrop langsung ke gambar hewannya sedikit demi sedikit.

Download Mentahan

Jika sudah mendownload mentahannya, atau mungkin kamu ingin menggunakan gambar hewan lain untuk dijadikan sebagai mentahan. Sekarang kita masuk ke tahap tutorial dalam membuat gambar kartun hewan peliharaan berikut ini.

Pertama, sama halnya dengan membuat photo kartun yang objeknya manusia kita buat terlebih dahulu bagian matanya dan hidungnya si kucing. Untuk membuatnya silahkan kamu suntikan warna atau eyedrop ke bagian paling hitam yang ada disekitar mata seperti berikut ini.


Jika sudah mendapatkan bagian warna yang paling gelap seperti diatas, maka selanjutnya kita buat warna dasar dari matanya dengan menggunakan warna tersebut dan tool Pen serta brush Lasso seperti dibawah ini pada kedua matanya.


Ini sengaja saya aktifkan mode outline supaya dapat lebih mudah dalam membentuk objek. Untuk melihat hasilnya kita bisa matikan mode outline-nya.

Selanjutnya kita suntikan lagi warna atau eyedrop ke bagian lensa mata si kucing yaitu tepat pada bagian mata yang berwarna cokelat cerah seperti pada berikut ini.

Kemudian kita buat lensa matanya tersebut dengan menggunakan tool Circle supaya rapih dan bentuk dan ukuran kita sesuaikan dengan bentuk dan ukuran pada lensa mata si kucing tersebut seperti dibawah ini.


Nah disini saya langsung membuat buletan hitam dibagian tengah matanya dengan ditambah dengan 2 buletan warna putih sebagai pantulan cahaya.

Selanjutnya kita gradient bagian lensa matanya tepatnya dibagian yang berwarna cokelat cerah tersebut seperti dibawah ini dengan settingan gradient kedua sisi warnanya sama namun salah satu sisinya beropacity 0% dan 100%.


Jika sudah kita gradient, maka kita sudah bisa masuk ke bagian pembuatan vector hidungnya. Sama halnya dengan membuat bagian mata, disini kita gunakan warna hasil eyedrop langsung ke bagian hidung si kucingnya seperti dibawah ini.


Dan kita langsung membuat bagian warna dasar dari hidung si kucingnya dengan menggunakan tool Pen dan brush lasso dimana kita masih menggunakan layer yang sama seperti dibawah ini.


Selanjutnya kita buat shading gelap dari hidung si kucingnya dengan mengubah warna dasar menjadi agak gelap. Disini kita bisa berimprovisasi sendiri dalam menentukan warna gelap dari hidung si kucingnya. Sehingga menjadi seperti dibawah ini.


Disini saya sengaja membuat shading gelapnya dengan agak offside sehingga bisa kita potong menggunakan tool Segment supaya hasilnya lebih rapih.

Begitupula dengan lubang hidung, kita bisa ubah warna dari shading hidung tadi menjadi lebih gelap kemudian kita buat lubang hidungnya.

Selanjutnya kita buat warna terang dari hidung si kucing. Untuk warna terang kamu bisa perhatikan gambar berikut ini.

Kita eyedropkan terlebih dahulu warna ke warna dasar dari hidungnya, kemudian kita ubah warna dasar tersebut dengan menggeser buletan warna ke atas sedikit sehingga menimbulkan warna yang lebih terang dan sempurna.

Kemudian kita langsung buat shading warna terangnya seperti dibawah ini.


Maka hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini.

Jika kita sudah membuat vector mata dan hidungnya, maka selanjutnya kita bisa membuat vector bagian bulunya. Silahkan kamu buat layer baru dan simpan tepat dibawah layer mata dan hidung.

Kemudian kita gunakan tool Lazy dan untuk warna kita langsung eyedropkan saja sedikit demi sedikit ke bagian bulu si kucing seperti dibawah ini.


Selanjutnya kita langsung buat bulu-bulunya dengan meengikuti arah dari bulu si kucing seperti dibawah ini.

Buat juga dibagian bulu yang lainnya dengan cara yang sama sehingga seperti dibawah ini.


Nah supaya kita tidak menimpan shading bulu yang barusan kita buat, maka kita buat layer baru dan kita buat shading bulu-bulunya dengan cara yang sama. Sehingga menjadi seperti dibawah ini.


Setiap kita akan membuat shading bagian belakang dari shading sebelumnya kita buat, maka kita harus membuat layer baru terus menerus sehingga berikut adalah 40% perjalanan dalam membuat shading bulunya.


Tentunya disini kita membutuhkan banyak layer karena banyak juga lapisan-lapisan dari bulunya. Sehingga nanti hasilnya seperti berikut dengan sangat banyak layer yang kita gunakan.


Pastikan kita buat bulunya dengan mengikuti arah bulu pada gambar asli si kucingnya.

Nah itulah tutorial dalam membuat kartun hewan peliharaan dengan emnggunakan mentahann gambar si kucing. Sangat banyak layer yang kita gunakan untuk membuat vector kucing ini sehingga kita harus berhati-hati dalam menjalankan aplikasi Infinite Design ini supaya tidak terjadi lag, Bug, bahkan force close. 

Jika ada beberapa yang ingin kamu tanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Tutorial membuat pet vector (kucing) dengan mudah di Infinite Design"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel