Beberapa hal yang dapat membuat kita turun level di Fiverr

 

Fiverr membedakan para sellernya dengan cara memberikan label level dari mulai tingkatan 0/New Seller, Level 1, Level 2, dan Top Seller. Tentunya ini berfungsi untuk membedakan mana seller yang sudah berpengalaman dengan segudang review yang bagus dan mana Seller yang baru join di Fiverr.

Untuk naik ke Level selanjutnya membutuhkan perjuangan ekstra dimana untuk seorang new seller supaya dapat naik ke ke Level 1 diwajibkan memenuhui syarat tertentu. Begitu pula untuk Level 1 ke Level 2, dan Level 2 ke Top Seller.

Namun tahu kah kamu? Dibalik senangnya naik level, kita juga dapat diturunkan levelnya jika ada beberapa hal yang diharuskan kita untuk turun level bahkan seorang Top Seller sekalipun. Tentunya ini sangat mempengaruhi pada penjualan kita.

Sehingga berikut adalah beberapa hal yang dapat menurunkan level kita di Fiverr. Supaya kita lebih tahu dan menghindari hal-hal berikut ini.

1. Melanggar TOS

Sudah sepatutnya kita sebagai Seller mengikuti aturan-aturan yang ada pada Fiverr. Sejatinya disini kita hanya menumpang penjualan saja dan Fiverr adalah pemilik lapaknya. Sehingga kita perlu mengikuti apa saja TOS yang ada supaya kita dapat berjualan dan Fiverr dengan nyaman dan aman.

Namun, jika kita melanggar TOS yang ada. Kemungkinan kita akan diturunkan levelnya atau bahkan dibanned (paling sering langsung dibanned).

Kebiasaan seller-seller yang langsung dibanned mereka biasanya melakukan hal yang sangat fatal dan dilarang oleh pihak Fiverr seperti membagikan kontak pribadi, mengajak chat diluar Fiverr, berkata kasar/rasis, menipu, memaksa si client dan lainnya.

2. Rating Ontime Delivery menurun

Ini adalah penyebab saya pernah turun level dari level 1 terjun bebas ke level 0 atau bisa disebut juga menjadi New Seller lagi. Rating ketika saya turun level waktu itu ketika rating berada di kisaran 70 ke bawah dan langsung ada peringatang dibagian atas rating bahwa kita harus berevaluasi sebelum tanggal 15.

Patut kita ketahui bahwa tanggal ketika kita semua seller yang ada di Fiverr dievaluasi seperti siapa yang naik level ataupun turun level adalah setiap tanggal 15 dan waktu menuju sore atau sore.

Dan kebetulan waktu itu rating Ontime saya sangat merah dan langsung mendapatkan notifikasi melalui email bahwa saya sudah kehilangan label Level 1 sehingga menjadi New Seller kembali.

Salah satu alasan kenapa saya mendapatkan rating merah pada Ontime Deliverynya adalah waktu itu terlalu banyak orderan yang masuk yang bahkan dengan waktu yang relatif singkat. Dimana dengan orderan berupa projek yang lumayan membutuhkan waktu besar. Sehingga terjadilah deadline yang bentrok antar orderan satu dengan orderan lainnya.

3. Rating Order Completion menurun

Jika kamu yang biasanya nyerah dijalan terhadap orderan yang masuk karena seperti banyak revisi, kamu gak kuat lagi ngelanjutin projek yang diberi client karena mungkin banyak tugas kuliah atau bahkan waktu deadline yang mepet dan kamu sudah request tambahan waktu delivery kepada client sehingga sedikit segan untuk meminta lagi waktu delivery sehingga jalan satu-satunya adalah cancel orderan.

Menurut saya mending kurangi hal-hal seperti itu. Fokus pada satu hal yaitu projek kamu di Fiverr. Karena sama halnya dengan Rating Ontime Delivery yang harus terus hijau, Rating Order Completionpun sangat mempengaruhi terhadap elektabilitas akun kamu di Fiverr.

Sehingga jika kita sering cancel orderan maka rating menurun dan kemungkinan level kita akan terjun bebas jika sampai pada tanggal 15 di kemudian hari rating kita tidak kunjung naik sampai hijau.

4. Positive Rating menurun

Ada kemungkinan positive Ratingpun akan mempengaruhi elektabilitas akun Fiverr kita. Semakin turung rating kita, kemungkinan kita akan turun level.

Positive Rating turun biasanya adalah kita yang tidak dapat memenuhi ekpetasi si client, gagal memberikan hasil kerja yang terbaik, attitude kita yang buruk, slow respon, cara komunikasi yang tidak nyambung, dan lain-lainnya sehingga ketika si client memutuskan untuk menyelesaikan projek dengan mengkonfirmasi orderan bahwa orderannya selesai, maka si client akan memberikan feedback yang buruk dengan rating yang sangat rendah atau bahkan ditambah dengan kata-kata yang kurang mengenakan untuk kita.

Nah disinilah yang membuat rating kita menurun, jika diantari sepuluh rating terdapat 1 rating jelek masih tidak apa-apa. Kemungkinan si client saja yang terlalu berekspetasi tinggi kepada kita. Tetapi jika ada 3 atau bahkan lebih ada rating yang jelek, nah disini kemungkinan ada yang salah dari diri kita. Sehingga kita harus memperbaiki rating kita dengan memberikan hasil kerja yang lebih baik lagi kepada client pada saat orderan-orderan yang masuk selanjutnya.

5. Respone Rate menurun

Respon rate adalah rating dimana seberapa cepat dan lambatnya kita dalam merespon pesan si client. Jika kita cepat dalam meresponnya maka Respon Rate akan tetap hijau namun jika lama dan lambat maka akan menurun.

Sebagai seorang seller yang profesional seharusnya kita tidak boleh membiarkan client dalam ketidakpastian. Karena jika kita sudah naik ke level tertinggi di Fiverr maka kita akan dituntut untuk proefesional terhadap client dan salah satunya adalah merespon client dengan secepat mungkin namun dengan memahami apa yang disampaikan oleh si client.

Sehingga jika respon rate kita menurun sampai merah, kemungkinan beresiko turun level jika sampai tanggal 15 belum kita evaluasi.

Masih banyak kemungkinan-kemungkinan yang dapat membuat kita menjadi turun level, namun alangkih baiknya kita selalu melakukan hal positif sebagai seller di Fiverr dengan mengikuti TOS yang berlaku.

Jangan sampai kita lalai dan semua perjuangan kita untuk naik level malah terjun bebas kebawah dan akhirnya orderanpun menurun bahkan kepercayaan clientpun berkurang.

Untuk mengatasi seperti halnya rating menurun, tentunya kita harus melakukan yang kebalikannya dari apa saja penyebab yang membuat rating tersebut menurun seperit kita harus fast respon, jangan sering cancel orderan, lakukan yang terbaik untuk client, tepat dalam mengirim projek kepada client dan hal positif lainnya.

Nah itulah sedikit hal-hal yang dapat membuat kita turun level sebagai seller di Fiverr. Jika kamu punya tambahan silahkan tulis dikolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat dan salam $5 ... !

2 Responses to "Beberapa hal yang dapat membuat kita turun level di Fiverr"

  1. kalo rating completionnya turun, apakah bisa naik lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa Bro kalo ada orderan baru harus diselesaikan, atau nunggu naik sendiri

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel