Ciri-ciri buyer yang akan menipu seller di Fiverr

Penipuan dapat terjadi dimana saja, tidak terkecuali di dunia Fiverr yang sudah hingar bingar transaski antara buyer dan seller yang masing-masing dari penjuru dunia. Sehingga ini menjadi kesempatan para penipu-penipu untuk melakukan aksinya.

Dan hebatnya mereka, mereka tidak akan dengan mudah memampang identitas asli mereka atau bahkan mereka akan membuat akun fake untuk menipu para seller-seller di Fiverr. Dan ini biasanya terjadi pada buyer-buyer PBSI. Jika kamu belum mengetahui PBSI, silahkan klik disini untuk mengenal siapa saja buyer-buyer PBSI.

Walaupun Fiverr sudah memberi peraturan-peraturan yang sangat ketat, tapi mereka tidak akan bisa juga menghindari terjadinya penipuan di dunia Fiverr. Penipuan ini terjadi biasanya si Seller terkelabui dengan rayuan-rayuan yang katanya akan begini dan begini dan akhirnya menipu.

Dan berikut adalah ciri-ciri buyer akan menipu kita sebagai Seller di Fiverr yang harus kita hindari dan berhati-hati...

1. Meminta uji coba projek

Sering kita terima pesan langsung dari si Buyer yang mengatakan bahwa dia meminta untuk uji projek terlebih dahulu, jika menurut mereka bagus dan sesuai katanya akan memberi banyak orderan kepada kita. 

Ini adalah ciri-ciri buyer yang akan menipu. Karena dari studi kasus yang telah banyak terjadi dan banyak juga yang sudah sharing di Grup-grup Fiverr. Banyak yang kena tipu dengan rayuan seperti ini dimana si buyer meminta untuk uji coba projek terlebih dahulu.

Dan parahnya mereka meminta revisi tanpa membuat order terlebih dahulu. Atau bahkan mereka berkata bahwa keahlian kita tidak sesuai ekspetasi mereka. Padahal ini bisa saja akal-akalan mereka bahwa mereka hanya ingin design gratis dari kita.

Seharusnya jika kita sudah diminta untuk mengerjakan terlebih dahulu projeknya sebelum adanya orderan yang sah di fiverr, kita harus sudah menduga bahwa kita akan ditipu. 

Karena fix jika ada buyer yang meminta untuk mengerjakan terlebih dahulu projeknya dan menolak untuk membuat orderan terlebih dahulu, kita bisa langsung block mereka supaya tidak terus menerus mengirim pesan kepada kita. Atau bahkan kita bisa report mereka dan katakan bahwa buyer ini akan menipu supaya seller-seller lain tidak terkena jebakan tipu mereka ini..

2. Orderan palsu

Emang ada orderan palsu? Sedikit lucu mungkin karena ini jarang terjadi di dunia Fiverr namun ini terjadi kepada saya beberap minggu kebelakang.

Pertama dia memberi pesan kepada saya bahwa dia ingin order kepada saya dengan mengirim photo seperti layaknya buyer-buyer yang lain. Namun ketika kami sudah fix dengan harga dan scopenya, saya suruh untuk membuat orderan dengan mengirim offer kepada dia.

Tiba-tiba beberapa saat kemudian dia berkata bahwa dia sudah membuat orderan dan menyuruh saya segera untuk mengerjakannya. Namun ketika saya liat di daftar orderan tidak ada sama sekali orderan dari orang ini.

Tentu saya tanyakan kepada dia bagaimana saya dapat mengerjakan projek ini sedangkan dia belum membuat orderan kepada saya.

Anehnya dia berkata bahwa dia sudah membuat orderan dan malah menuduh saya akan menipu dia. Lucunya dia meminta untuk refund uang dirinya.

Dan dia akan mengancam kepada saya bahwa dia akan melaporkan ke pihak Fiverr untuk mengatakan bahwa saya ini seorang penipu.

Mungkin saja jika seller yang masih baru akan membingungkan apakah ini ada error dari pihak fiverr atau memang orang ini menipu. Dia akan langsung eksekusi projeknya dan memberi hasilnya kepada si client ini. 

Selanjutnya langsung saya report buyer ini kepada pihak CS dan langsung block.

3. Meminta cancel setelah create order atau rating jelek

Persaingan di dunia fiverr sangatlah ketat, karena banyak orang-orang profesional dan pemula yang bersaing satu sama lain.

Sehingga banyak yang saling menjatuhkan antara satu seller ke seller lain dengan cara membuat orderan kepada seller lain kemudian cancel ditengah jalan atau bahkan memberi rating yang sangat jelek seperti rating bintang 1 saja.

Ini adalah salah satu cara untuk menjatuhkan gig kita di halaman pencarian Fiverr. Sehingga mungkin saja gig si seller penipu ini dapat naik di halaman pencarian fiverrnya dengan menjatuhkan gig dari kita.

Ini hanyalah hipotesis saya, karena sebelumnya saya pernah mengalami hal ini karena hasil kerja saya menurut saya sangat bagus dan memenuhi apa yang diminta oleh si client ini. Namun tiba-tiba diakhir orderan dia memberi rating yang sangat jelek dengan kata-kata yang tidak mengenakan dan si client ini kebetulan adalah buyer dari PBSI. Dan rating kitapun dapat menurun dan inilah salah satu gig kita keluar dari zona bagus di pencarian fiverr.

Kita ketahui PBSI ini mereka kebanyakan jenis gig-nya sama dengan gig rata-rata dari seller orang indo yaitu Photo kartun.

Sangat susah untuk kita mengetahui seller ini akan menipu atau bahkan menjatuhkan gig kita difiverr jika si client tiba-tiba membuat orderan tanpa diskusi terlebih dahulu dan akhirnya seperti jenis penipuan no 3 diatas.

Kita sebagai seller harus jeli dan tahu betul kriteria-kriteria buyer yang akan menipu kita seperti diatas. Sehingga kita tidak mudah terjebak tipu daya mereka ini dan akun fiverr serta gig-gig kita aman dari kena rating turun dan bahkan resiko banned jika si seller penipu ini sampai report ke CS dengan alasan yang memperkuat CS untuk membanned akun Fiverr kita.

Nah itulah sedikit ciri-ciri buyer yang akan menipu kita yang harus kita ketahui. Jika ada masih ada beberapa ciri-ciri yang menunjukan si buyer akan menipu kita, silahkan kamu jelaskan di kolom komentar dibawa artikel ini. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Ciri-ciri buyer yang akan menipu seller di Fiverr"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel