Cara mengantisipasi bug isi/shape pada layer hilang di Infinite Design

Bug di infinite design sangat mustahil untuk kita hilangkan namun masih mungkin untuk kita atasi dan antisipasi. Bug di infinite Design sudah menjadi hal yang sangat menakutkan bagi pada designer yang menggunakan aplikasi Inifnite Design, karena sering muncul dikala projek-projek besar dan salah satunya adalah bug dimana shape yang kita buat hilang dan hanya menyisakan layer-layer yang kosong dimana sebelumnya adalah berisi shape-shape yang telah kita buat.

Bug ini biasanya terjadi ketika kita membuat projek besar dimana membutuhkan layer yang banyak dan shape yang banyak pula.

Sehingga ketika kita close aplikasi Infinite Design sebentar maka ketika loading shape yang telah kita buat tidak terambil atau tidak termuat oleh aplikasi Inifnite Design.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bug ini muncul yaitu seperti file projek yang terlalu banyak, memori internal terlalu penuh ataupun lainnya yang membuat android yang kita gunakan terasa berat.

Namun tidak ada masalah yang tidak disertai solusinya salah satu bug seperti ini. Saya memiliki cara untuk mengantisipasi masalah bug ini. Namun tidak memiliki solusi, karena jika shape/isi layer sudah hilang maka itu tidak dapat dikembalikan kembali karena sudah error dan tidak bisa kita load walaupun ketika kita masuk ketampilan daftar projek di Infinite Design semuanya terlihat masih utuh.

Berikut adalah cara mengantisipasi jika menurut kita projek yang sedang kita akan mengalami bug shape hilang jika aplikasi Inifnite Design diclose.

1. Merge semua layer

Pastikan projek kamu sudah fix selesai dan tidak ada lagi yang harus dibuat. Karena ini benar-benar beresiko. Jika ketika menurut kamu sudah fix tetapi ternyata ketika sudah dimerge malah ada yang harus diperbaiki maka akan lebih sulit untuk direvisi karena layernya sudah kita satukan.

Jika menurut kamu sudah final dan tidak ada lagi revisi atau lainnya, silahkan save terlebih dahulu projeknya kemudian silahkan kamu merge semua layernya sehingga semua shape berada dalam 1 layer.

Jika sudah berada dalam 1 layer, selanjutnya silahkan kamu pilih tool Select kemudian pilih select all dan pilih option Salin.

Jika sudah disalin kemudian silahkan kamu keluar dari projek tersebut dan ketika mengklik tombol back untuk keluar dari projek tersebut jangan kita pilih Save tetapi pilih option Buang saja. Ini supaya projek yang kita buat tersebut ketika kita keluar dan ingin masuk lagi maka semua layernya masih terpisah dan belum merge. 

Karena siapat tahu projek tersebut tidak terserang Bug.

2. Buat projek baru

Kemudian silahkan kamu buat projek baru dengan catatan ukuran projeknya harus sama dengan ukuran projek yang kita buat sebelumnya. Ini supaya letak dan posisi shape yang akan kita pastekan sama dengan letak dan posisi projek sebelumnya.

Maka silahkan kamu pastekan diprojek baru tersebut dan klik centang. 

3. Save Projek baru

Terakhir kita cek apakah projek baru yang sudah kita buat dan diisi dengan seluruh shape dari projek sebelumnya yaitu dengan cara silahkan klik tombol kembali dan pilih Option Save, maka projek tersebut akan tersimpan dan kita akan keluar dari projek tersebut.

Selanjutnya silahkan kamu cek apakah projek yang telah kita buat ini akan terkena Bug atau tidak.

Untuk saya, cara ini 100% work dan tidak terkena Bug yang shape-shapenya hilang walau demikian projek asalnya atau sebelumnya malah terkena Bug seperti ini. 

Sehingga saya memiliki 2 projek yang isinya sama namun yang satu (Projek baru) tidak terkena bug dan yang satunya (Projek awal/aslinya) terkena Bug.

Nah inilah cara saya untuk mengantisipasi sebuah projek besar yang akan berpotensi isi layer atau shape-shape pada layer hilang. Projek besar yang saya maksud adalah seperti membuat vector kucing atau binatang peliharaan yang berbulu lebat lainnya yang sangat membutuhkan banyak shape dan banyak layer.

Karena sebelumnya saya sering mengalami hal ini, namun dengan mengalami beberapa percobaan supaya projek besar tersebut tidak terjadi bug seperti ini maka ditemukanlah cara simple ini yang sudah sering saya gunakan.

Jika kamu memiliki cara lain ataupun ada beberapa hal yang ingin ditanyakan, silahkan kamu gunakan kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat...


0 Response to "Cara mengantisipasi bug isi/shape pada layer hilang di Infinite Design"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel