Cara mudah menentukan modus pada data kelompok, Materi Statistika


Sebelumnya saya sudah membagikan materi tentang statistika yaitu Cara menentukan mean dan median pada data kelompok, sehingga pada kali ini saya akan membagikan materi lainnya yaitu cara menentukan modus pada data kelompok. Dimana Mean artinya adalah rata-rata dan median adalah nilai tengah, sedangkan untuk modus yaitu nilai yang paling banyak muncul.

Untuk mencari modus pada data kelompok kita bisa menggukan rumus umum dibawah ini.

Perhatikan rumus diatas, ini adalah rumus umum untuk mencari modus pada data kelompok. Berikut adalah penjelesannya.

Mo = Modus

tb = tepi bawah kelas

d1 = selisih frequensi kelas modus dengan frequensi sebelumnya

d2 = selisih frequensi kelas modus dengan frequensi berikutnya

P = panjang kelas

Supaya kita dapat dengan mudah lagi cara menentukan apa saja yang harus dimasukan kedalam rumus untuk mencari modus, berikut adalah contoh soal dengan jawaban beserta penjelesannya...

Contoh Soal

Tentukan modus dari data kelompok berikut ini!

Jawaban!

Untuk mencari modus pada data kelompok diatas, maka kita gunakan rumus umum modus yang sudah saya jelaskan diatas. Maka kita hanya perlu mencari apa saja yang diperlukan untuk menggunakan rumus umum modus diatas.
 
Namun kita tentukan terlebih dahulu dimana letak kelas modusnya. Yaitu dengan cara menentukan yang mana nilai frequensi tertinggi maka itulah letak kelas modusnya. Jika kite perhatikan data kelompok diatas, maka nilai frequensi tertingginya adalah 10 dengan nilai 27 - 32. Maka nanti modusnya akan ada di bagian ini.

Selanjutnya kita tentukan satu persatu apa saja yang diperlukan untuk membentuk rumus seperti dibawah ini.

tb = untuk mencari tb kita gunakan nilai pertama dari nilai letak kelas modus yang sudah kita tentukan sebelumnya yaitu 27 - 32 dengan frequensi 10 dimana kita hanya gunakan nilai pertamanya saja yakni 27 kemudian kita kurangkan dengan 0,5 sehingga menjadi 26,5. Sehingga tb-nya adalah 26,5.

d1 = untuk mencari d1 kita cari selisih frequensi dari letak kelas modus yaitu 10 dengan frequensi sebelumnya yaitu 4. Maka selisihnya adalah 10 - 4 = 6.

d2 = untuk mencari d2 kita cari selisih frequensi dari letak kelas modus yaitu 10 dengan frequensi berikutnya yaitu 6. Maka selisihnya adalah 10 - 6 = 4

P = untuk mencari P kita hitung berapa jarak nilai dari letak kelas modusnya yaitu jarak dari 27 sampai 32 dimana kita hitung mulai dari 27. Sehingga bisa dihitung dengan cara 27, 28, 29, 30, 31, dan 32. Maka jaraknya adalah 6.

Jika semuanya sudah kita tentukan, maka selanjutnya kita tinggal masukan kedalam rumus seperti dibawah ini.


Selanjutnya kita operasikan terlebih dahulu proses yang ada didalam kurung dimana kita tambahkan terlebih dahulu 6 + 4 menjadi 10.

Jika sudah seperti diatas, kemudian kita proses terlebih dahulu bagian pembagian dan perkalian. Sehingga bisa disebut juga 6/10 x 6 = 36/10 = 3,6.

Selanjutnya kita proses dengan 26,5 sehingga menjadi seperti dibawah ini.


Maka nilai modus dari soal diatas adalah 30,1.

Nah gimana? Mudah, bukan? Jika sudah ada rumus, maka akan mudah kita dalam mencari modus tersebut. Sehingga memahami rumusnya sangatlah penting. Demikianlah materi tentang bagaimana cara mencari modus dari data kelompok...

Jika kamu mempunyai beberapa pertanyaan, silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini ya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara mudah menentukan modus pada data kelompok, Materi Statistika"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel