Pentingnya mengenal buyer PBSI di Fiverr

 

Apa itu PBSI?

Untuk seller yang sudah lama berkecimpung didunia Fiverr mungkin sudah tidak aneh lagi mengenal buyer PBSI. PBSI ini singkatan dari nama-nama negara yang sering meresahkan para seller-seller di Indonesia, mungkin juga untuk seller dari luar negeri. PBSI sendiri yaitu meliputi negara Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, dan India, sehingga disingkatlah menjadi PBSI.

Negara-negara ini sudah menjadi darftar hitam bagi seller-seller di indo. Sehingga lebih baik untuk menghindari pesan dari mereka ataupun membatalkan orderan dari buyer PBSI ini demi rating gig para seller yang harus terjaga.

Target-target mereka adalah para new seller yang masih agak awam perihal PBSI sendiri. Sehingga menjadi mangsa empuk untuk memanfaatkan si new seller tersebut.

Effect PBSI

Ada banyak alasan kenapa kita harus berhati-hati bahkan menghindari para buyer PBSI ini. Karena akan memberikan effect yang tidak mengenakkan bagi kita sebagai seller. Berikut adalah effect jika tidak berhati-hati atau menghindari buyer PBSI.

1. Project gede harga murah

Inilah alasan mengapa mereka mengincar seller-seller baru di fiverr bahkan yang sebelumnya tidak pernah mendapatkan orderan sama sekali di Fiverr. Sehinga seller inilah target para buyer PBSI untuk memberikan project yang tidak sesuai dengan harga.

Kita tahu bahwa seorang seller baru sangat membutuhkan rating di gig mereka untuk memberikan kepercayaan para calon buyer yang mengunjungi gignya sehingga bersedia order. Nah disinilah momentum para PBSI, karena mereka yakin si seller akan menerima saja orderan mereka.

Maka bisa saja terjadi mereka order dengan harga yang tidak sesuai dengan besarnya project. Kenapa saya berkata demikian? Karena saya juga pernah mengalami hal seperti itu.

2. Banyak revisi

Meskipun di gig kita sudah membatasi jumlah revisi, namun para buyer PBSI ini tidak mengindahkan perihal tersebut. Inilah juga salah satu kelemahan tindak jual-beli di fiverr dimana fiverr sangat berpihak kepada buyer ketimbang Seller dimana buyer dapat meminta revisi melewati batas revisi yang ditentukan.

Kita bisa saja meminta si buyer PBSI ini untuk menambahkan harga supaya kita bisa merevisi sesuai keinginan mereka. Namun kebanyakan dari mereka tidak ingin menerima hal itu. Mungkin bisa dikatakan ngotot.

3. Tidak sopan dan agak ngegas

Hal inilah yang sering saya tidak suka. Biasanya jika kita mendapatkan orderan dari Amerika, Italia, atau negara-negara lainnya yang tidak termasuk PBSI. Kita sering diberikan kata-kata yang sopan dan enak dibaca seperti kalimat pembuka "Hallo, how are you?" dan diakhiri dengan "Thanks, (Nama dia), ataupun yang lainnya dimana kata-kata yang disampaikan sangat enak dan kita pun bisa membalasnya dengan sopan juga.

Namun bagaimana dengan PBSI? Jika kita bertemu dengan buyer PBSI, maka kita harus bersabar. Mereka selalu to the point untuk berkata. Dan jika pada orderan yang mereka kasih kepada kita dan kebetulan mereka meminta revisi, mereka selalu menggunakan kata-kata yang sedikit ngegas dan bahkan seperti agak menyesal telah order di gig kita.

Mereka sering berkata "Apaan ini?", "Ini sangat jelek", "Aku tidak suka ini, anda harus merubahnya lagi", "Apakah ini lelucon?" dan lainnya dalam bahasa inggris.

Atittudenya sangat jauh berbeda dengan non PBSI. Seperti buyer Italia dan lainnya, mereka biasanya ketika meminta untuk revisi selalu memuji terlebih dahulu seperti kata "Ini terlihat bagus, tapi bisakah anda bla..bla..bla." Dan diakhiri dengan kata terima kasih.

Sangat sopan, dan disitulah kita dengan senang hati akan merevisi projeknya.

4. Meminta ganti projek

Mungkin hal ini yang membuat saya atau bahkan seller Fiverr lainnya sangat ragu untuk menerima orderan dari buyer PBSI. Diawal mereka biasanya deal dengan projek A dengan harga sekian. 

Tapi ketika kita sudah membuat projek A tersebut dan finish 100%, mereka biasanya meminta revisi lagi yang bahkan tidak ada keterkaitan dengan projek A. Dengan alasan mereka tidak meyukainyalah, dan yang lainnya yang mengarah ke penjelasan bahwa kita sebagai seller telah gagal dalam memenuhi ekspetasi mereka.

Sehingga mereka langsung meminta untuk mengganti projek dengan projek yang lainnya dimana ini hanyalah akal-akalan mereka supaya kita dapat mengerjakan dua projek sekaligus dengan harga yang tetap tanpa tambahan biaya.

5. Bad rating

Jika kita menerima orderan dari buyer PBSI dan kebetulan mereka meminta revisi, maka hasil akhirnya sudah dipastikan 90% rating kurang dari 4.5 atau mungkin paling tinggi rating 4.7 tapi itu sangat langka terjadi. Karena mereka sangat sering memberi rating yang sangat jelek. Bahkan mereka sangat tidak segan-segan memberi rating 1.0.

Sehingga sangat berpengaruh sekali kedalam rating gig kita dan kepercayaan buyer yang lainnya. Ditambah dengan kata-kata yang menjelekan kita sebagai seller dengan menjelaskan  bahwa sangat tidak direkomendasikan untuk order di gig kita, hasil kerjanya jelek, atau yang lainnya yang menjelek-jelekan tentang kita sebagai seller.

6. Penipu

Ini juga sangat sering terjadi dan mengincar para seller baru. Mereka biasanya membuat akun fiverr baru dengan domisili dari negara lain seperti Amerika, Canada, dan yang lainnya.

Mereka biasanya menawarkan sebuah project dimana kita harus mengerjakan  terlebih dahulu projek yang mereka minta. Dan jika sesuai katanya mereka akan langsung order di gig kita dan memberikan banyak orderan yang lainnya.

Mohon untuk dicatat dan diingat jika ada buyer yang seperti ini, saya sarankan langsung blok dan jangan mengindahkan mereka. Karena mereka akan memaksa kita untuk mengerjakan orderan mereka dan jika sudah 100% selesai, maka mereka akan menghilang tanpa kabar dan meninggalkan kita yang sudah susah payah mengerjakan projek yang mereka pinta.

7. Asal Cancel orderan

Ini yang sering membuat seller-seller Fiverr sakit hati. Yaitu ketika kita sudah capek-capek mengerjakan projek yang mereka minta, tiba-tiba ada tawaran cancel order dari si buyer PBSI dengan alasan bermacam-macam. 

8. Ingin cepat selesai

Sangat lucu biasanya, ketika kita sudah menetapkan waktu tempo pengerjaan misal 1 atau 2 hari. Mereka biasanya langsung meminta hasil pengerjaannya 2 atau 3 jam ketika orderan sudah dimulai. Sangat gila, karena selain ingin harga murah mereka juga ingin pengerjaan yang sangat cepat. Belum juga ditambah revisi yang tidak henti-hentinya. Disinislah kesabaran para seller diuji.

Kesimpulan

Namun tidak semua buyer PBSI sering bertindak buruk, karena saya juga pernah mendapatkan orderan dari buyer PBSI namun dengan hasil akhir yang baik. Kira;kira sekitar 30% buyer PBSI yang jujur dan sisanya bad atittude.

Sebenarnya masih banyak lagi keburukan-keburukan terdapat para buyer dari PBSI, yang penting kita harus berhati-hati dan tidak mudah untuk welcome terhadap orderan yang mereka beri.

Jika ada beberapa tambahan sisi baik dan sisi buruk menurut kamu, kamu bisa jelaskan dibawah kolom komentar dibawah ini ya. Supaya semua orang harus berhati-hati terhadap buyer PBSI yang licik. 

Kenapa sih mereka sering memberikan rating yang jelek dan revisi yang banyak? Ini hanya pendapat saya saja ya, kamu bisa terima atau tidak juga tidak masalah. Menurut saya mereka kebanyakan adalah seorang seller juga di fiverr, namun mereka melemparkan orderan yang mereka dapatkan ke seller lain dengan harga yang lebih murah dari yang si PBSI ini tawarkan ke client mereka.

Bisa dikatakan mereka para PBSI adalah para reseller. Sehingga mereka sering marah-mara kepada seller lain yang mereka percayakan untuk mengerjakan orderan dari client si PBSI jika hasilnya tidak memuaskan.

Semoga dengan saya menjelaskan tentang para buyer PBSI yang ada di fiverr, kita bisa berhati-hati dalam menerima orderan dari mereka. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Pentingnya mengenal buyer PBSI di Fiverr"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel