Cara mencari Mean, Median, dan Modus pada data tunggal

Mean, Median, dan Modus adalah materi dimana kita harus mengamati sebuah data statistik. Dan data statistik ini harus kita tentukan berapa Meannya, Median, dan Modusnya dengan rumus masing-masing. Sehingga pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana caranya menentukan Mean, Median dan Modus pada sebuah data statistik.

Sebelum masuk ke tahap-tahap bagaimana menentukannya, kamu harus mengerti terlebih dahulu apa sih artinya Mean, Median, dan Modus itu.

1. Mean

Mean adalah nilai rata-rata dari sebuah data statistik. Untuk mencari mean kita hanya harus menjumlahkan semua data yang ada, kemudian hasilnya kita bagi dengan jumlah dari berapa banyaknya data statistik yang ada.

2. Median

Median adalah nilai tengah dari data statistik. Untuk mencari Median kita hanya perlu menggunakan rumus berikut jika jumlah statistiknya adalah genap :

Dimana "n" diatas berarti jumlah keseluruhan data. Dan berikut adalah rumus untuk jumlah keseluruhan statistiknya ganjil.



Masih seperti rumus yang pertama, "n" disini berarti jumlah keseluruhan data satistiknya.

3. Modus

Modus adalah data yang sering muncul pada sebuah data statistik. Sehinggaa untuk menentukannya kita hanya mencari nilai yang mana yang paling banyak.

Oke, supaya kita lebih mudah memahami bagaimana cara mencaro mean, median, dan modusnya. Berikut adalah contoh soal mencari mean, media, dan modus pada sebuah data tunggal.

Jika diketahui data tunggal seperti berikut...

1, 1, 2, 2, 3, 4, 4, 4, 4, 5, 5, 6 ,7 ,8

Maka tentukan mean, median, dan modusnya!

Jawab!

Pertama kita cari terlebih dahulu meannya, dengan cara kita jumlahkan semua data yang ada dan kita bagi dengan berapa jumlah data yang ada. Maka bisa kita tulis seperti ini...

(1+1+2+2+3+4+4+4+4+5+5+6+7+8) : 14 = 56 : 14 = 4

Maka mean/nilai rata-ratanya adalah 4


Kedua kita mencari Median. Dikarenakan jumlahnya genap yaitu ada 14 data yang ada. Maka kita menggunakan rumus Median khusus yang genap atau yang pertama. Sehingga jika kita menggunakan rumus yang genap, maka akan menjadi seperti dibawah ini.

Selanjutnya kita sederhanakan dulu satu persatu yaitu 14/2 jadi 7 dan 14/2 + 1 menjadi 8.



Kemudian kita cari berapa dari nilai data ke 7 dan ke 8 yang ada pada data tunggal di soal. Untuk menentukannya kita hanya perlu menghitung jumlah data yang ada dan tepat pada data ke 7 dan 8 itulah bilangan yang kita gunakan.

1, 1, 2, 2, 3, 4, (4), (4), 4, 5, 5, 6 ,7 ,8

Maka ditemukannlah bilangan 4 sebagai Data ke 7 dan bilangan 4 lagi sebagai data ke 8. Kemudian kita masukan kedalam rumus.


Sehingga ditemukanlah mediannya adalah 4.

Selanjutnya kita mencari modus atau nilai yang sering muncul pada data tunggal diatas. Untuk mencarinya cukup mudah, kita hanya mencari bilangan yang paling banyak dari data tunggal diatas.


1, 1, 2, 2, 3, 4, 4, 4, 4, 5, 5, 6 ,7 ,8

1 = 2x
2 = 2x
3 = 1x
4 = 4x
5 = 2x
6 = 1x
7 = 1x
9 = 1x

Sehingga ditemukanlah Modusnya adalah 4 karena muncul paling banyak yaitu empat kali dari data tunggal tersebut.

Nah itulah cara mencari Mean. Median, dan Modus pada data tunggal. Sebenarnya masih ada materi mengenai  Mean, Median, dan Modus dimana soal yang kita selesaikan adalah berupa data berkelompok bukan data tunggal seperti diatas. Akan saya bahas mengenai data berkelompok pada pembasahan selanjutnya.

Jika ada beberapa hal yang tidak kamu pahami, silahkan gunakan kolom komentar dibawah untuk bertanya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara mencari Mean, Median, dan Modus pada data tunggal"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel