Tutorial membuat game android sederhana tanpa coding dan pasang iklan admob

Screenshot aplikasi yang saya buat

Pernahkah kamu berpikir bagaimana caranya membuat sebuah game android? Dan tertarik ingin membuat sebuah game walaupun itu sederhana? Semua orang yang senang bermain game pasti pernah tertarik, namun yang sering menjadi kendala adalah tidak semua orang paham dunia coding dimana ini adalah basic dari sebuah pembuatan game.

Namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana membuat sebuah game android dimana kita membuatnya tanpa harus memahami dunia coding terlebih dahulu. Dengan kata lain disini kita hanya membuat inti permainan dari yang kita buat tersebut.
Lalu aplikasi apa yang akan saya gunakan?


Disini saya akan menggunakan sebuah website pembuat game yang belum orang banyak tahu yaitu website QuickAppNinja. Kamu bisa search di google situs ini dengan kata kunci tersebut.
Berikut adalah contoh game yang saya buat, kamu bisa mencoba menginstallnya berikut ini...


Website QuickAppNinja ini menyediakan layanan untuk pembuatan game sederhana yang bahkan bisa gunakan sebagai ladang bisnis. Karena kita bisa langsung memasang iklan admob kita didalam aplikasinya yang nantinya akan tayang iklannya dan upload gamenya ke Google Console supaya banyak yang unduh dan mendapatkan uang jika banyak yg klik iklan di aplikasinya.
Jadi selain membuat game kamu juga bisa mendapatkan pendapatan nantinya.

Lalu bagaimana cara pembuatan gamenya? Silahkan ikuti tutorial berikut ini.

  • Buka situs QuickAppNinja
Bukalah situs QuickAppNinja di google dan silahkan langsung daftar. Kamu bisa mendaftar dengan menggunakan akun google supaya cepat. Jika sudah daftar, maka kamu akan masuk ke tampilan seperti dibawah ini.



Silahkan kamu langsung klik Create New Game.

Pilih jenis game

Selanjutnya kamu akan masuk ke tampilan dimana kamu harus memilih jenis game sederhana yang kamu inginkan. Disini ada 4 pilihan yaitu seperti dibawah ini.



Untuk contoh, disini saya akan menggunakan jenis game Find Words. Maka klik “Use this Template” untuk memilih jenis game yang akan kita buat.

Jenis Find Words disini adalah game dimana kita harus mencari sebuah kata dari sebuah kolom yang terdapat huruf yang sengaja diacak. Dan kita hanya perlu menggeserkan jari kita diantara huruf-huruf tersebut sehingga mengurut menjadi sebuat kata.

Designing

Setelah memilih jenis game yang kita buat, maka sekarang kita langsung masuk ke tahap pembuatan gamenya. Tentunya yang pertama kita buat adalah tahap designing. 



Disini kamu tidak perlu melakukan tahap pengcodingan, karena disini kita hanya merubah warna-warna yang terdapat pada aplikasi yang kita buat saja. Karena tampilan dan tata letak dari aplikasinya sudah ada. Jadi kita hanya merubah warna-warna dari aplikasinya saja. Seperti warna teks dan lainnya.
Silahkan kamu ubah-ubah warnanya atau juga merubah latar awal dari aplikasinya dengan memasukan gambar atau apapun yang menurut kamu menarik.

Pada aplikasnya nanti akan ada Watermark dari QuickAppNinjanya pada halaman awal dari aplikasi yang kita buat. Karena disini kita menggunakan versie gratis dari QuickAppNinja. Jika kamu ingin menghilangkan Watermarknya, kamu bisa membayar dengan harga $9 kalau tidak salah. Dan aplikasnyapun akan selesai tanpa watermark.

Content

Jika tahap design sudah selesai, maka selanjutnya silahkan kamu klik tab Content.  Maka tampilannya akan menjadi seperti dibawah ini.



Nah disinilah kita membuat inti dari permainannya. Ini adalah tahap membuat permainan yang nanti kita mainkan pada aplikasinya jika sudah selesai dibuat. 

Pada sebuah permainan biasanya urutan tingkat kesulitannya adalah dari yang mudah sampai yang paling susah.  Maka perhatikan pada side kiri, disini kamu bisa membuat level-level dari permaiannya sebanyak yang kamu inginkan.  Dari mulai level 1 sampai ke level yang paling sulit.
Dikarenakan yang mudah terlebih dahulu, maka untuk level 1 kolom permainannya 3x3 terlebih dahulu seperti gambar diatas. Kemudian silahkan pikirkan kata demi kata yang hurufnya cukup untuk dimasukan kedalam kolom tersebut. Dan pada gambar diatas adalah contoh kata yang saya pikirkan dan jumlahnya pas dengan kolomnya.

Jika semua katanya sudah dimasukan, maka silahkan klik “Define Words” untuk memberikan jawaban pada level ini. Maka silahkan kamu beri jawabannya seperti dibawah ini.



Pastikan jawabannya muncul seperti yang saya tandai pada gambar diatas.
Selanjutnya kamu bisa langsung membuat level selanjutnya. Dan pastikan setiap naik level maka tingkat kesulitannyapun meningkat. Seperti contoh berikut ini.



  • Sounds
Jika semua levelnya sudah kamu buat dan rampung, maka selanjutnya kita klik tab sounds. Nah disinilah tahap pemberian suara effect jika mengeluarkan jawaban yang benar, salah, ataupun yang lainnya. Kamu juga bisa mengklik icon tanda panah seperti dibawah ini jika kamu punya sound effec sendiri. Dan silahkan upload.



  • Icon
Jika tahap sounds effect sudah selesai, maka silahkan kamu klik tab Icon maka akan muncul tampilan pemberian icon dari aplikasi kamu seperti dibawah ini.



Kamu bisa menggunakan icon yang sudah disediakan ataupun mengupload icon kamu sendiri dengan ukuran 1000x1000 px dengan cara klik Upload Your Own. Silahkan kamu upload iconnya.

  • Setting
Pada tahap ini kamu diwajibkan untuk memberi nama dari aplikasi yang kamu buat serta alamat email yang sering kamu gunakan. 



Silahkan kamu masukan nama yang kamu inginkan dengan tanpa simbol-simbol apapun. Jadi hanya menggunakan huruf.

Nah disinilah, hal menarik akan terjadi. Supaya kita bisa mendapatkan penghasilan dari aplikasi yang kita buat. Maka kita harus memasang iklan admob pada aplikasinya.

Disini pastikan kamu sudah mendaftar di situs admob google, atau jika belum silahkan daftar terlebih dahulu. Saya anggap kamu sudah mendaftar admob sebelumnya. Maka silahkan kamu buka situs admobnya dan klik icon profil ayng dipojok seperti dibawah ini dan copy kode publishernya.



Selanjutnya kita kembali ke tampilan Setting yang tadi dan silahkan pastekan pada bagian GDPR Compliance. Jika sudah selanjutnya kita masuk ke tab Monetization.

  • Monetization
Nah pada bagian inilah supaya aplikasi kita bisa bisa menampilkan iklan. Pastikan tampil dua kolom seperti gambar dibawah ini. Jika tidak tampil silahkan kamu geser ke kanan pada bagian Admob By Google.



Untuk mengisi tekbox tersebut, maka kita buka admobnya lagi dan pilih buat aplikasi baru pada bagian sisi kiri tampilan Admobnya. Maka akan tampil pertanyaan seperti berikut ini maka silahkan kamu pilih Tidak. Karena aplikasi kita belum diupload ke Play Store.



Kemudian silahkan masukan nama aplikasnya dan pilih Platform Android, serta jangan lupa centang bagian bawahnya.



Jika sudah, silahkan kamu buat unit iklan baru dan pilih jenis Banner. Maka tampilannya akan menjadi seperti dibawah ini.



Silahkan kamu isikan nama aplikasinya dan klik Buat Unit Iklan. Jika sudah, silahkan kamu pilih Selesai.

Kemudian silahkan kamu pilih Setelan aplikasi pada sisi kiri tampilan admob seperti dibawah ini dan Copy ID Aplikasinya. 



Selanjutnya balik lagi ke tab Monetization pada QuickAppNinja tadi dan pastekan pada bagian Admob App ID.

Lalu balik lagi ke Admobnya, dan silahkan masuk ke bagian unit iklan dan silahkan copy kode Pub Unit iklannya seperti dibawah ini.



Jika sudah dicopy silahkan kamu pastekan di tab Monetization  tepatnya pada bagian teksbox Banner Ad Unit Id. Sehingga menjadi seperti dibawah ini. Dan langsung saja klik Generate Game untuk proses akhirnya yaitu menjadikan game yang kita buat menjadi aplikasi yang bisa diinstall.



Terakhir, silahkan kamu tunggu proses generate-nya. Kira-kira 5 menit proses generate akan selesai. Sehingga jika selesai, maka akan menjadi seperti dibawah ini. 



Nah, sekarang kamu bisa langsung coba install aplikasinya dan siap diupload ke Google Console/Play Store.

Untuk proses bagaimana cara upload ke Play Storenya saya belum nyoba, dikarenakan biaya yang tidak sedikit yaitu $25 untuk mengupload aplikasi di Play Store. Akan tetapi, kita tidak dibatasi berapa jumlah aplikasi yang kita upload ke Play Store. Tetapi iklan sudah pasti tayang jika kamu mengikuti tutorialnya dengan benar...


Nah itulah tutorial membuat game sederhana yang bisa kamu coba. Karena tahap-tahapnyapun sangatlah mudah. Jika ada pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini ya. Semoga Bermanfaat...

0 Response to "Tutorial membuat game android sederhana tanpa coding dan pasang iklan admob"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel