Cara mengatasi Pentab One By Wacom tidak terdeteksi di windows 7 setelah install driver

Pentab (One By Wacom) adalah salah satu alat penting untuk menjadi seorang designer grafis. Karena dengan menggunakan alat ini, kita sebagai seorang designer dapat melakukan pekerjaan dengan cepat dan efisien dalam membuat sebuah design/illustrasi.



Dengan penggunaannya yang mudah layaknya menggambar di sebuah kertas dan tampil pada komputer, membuat alat ini banyak digunakan oleh kalangan designer termasuk saya sendiri. Tentunya dengan harga yang sangat terjangkau, namun kualitas sangat bagus.

Namun kenyataannya banyak sekali designer yang mengeluhkan Pentab One By Wacom ini tidak bisa digunakan dengan alesan yang bervariasi.Termasuk saya sendiri.

Ketika membeli Pentab ini saya berharap dapat membuat pekerjaan saya menjadi lebih cepat waktu pengerjaanya. Dan saya pikir tidak akan terjadi apa-apa dan lancar.

Faktanya ada satu kendala dimana Pentab ini hanya berjalan dan terhubung ketika drivernya tidak diinstall. Dengan kata lain Pentab ini tidak bisa terhuhbung ketika driver terinstall walaupun kabel USB sudah terhubung dengan laptop saya. Disini saya menggunakan windows 7.

Jika masalah ini juga terjadi pada kamu. Ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan sebelum menggunakan cara ekstrim yang saya lakukan ini. Berikut adalah cara mudah terlebih dahulu yang bisa kamu coba.

1. Pastikan kabel usb kamu tidak rusak,
    
Jika kendala kamu tetap tidak terhubung walaupun driver sudah diinstall ataupun belum, maka bisa jadi kendalanya ada pada kabel USB yang kamu gunakan. Silahkan coba menggunakan kabel USB lain.

Jika tetap tidak terhubung, silahkan coba pindah ke port USB lain pada komputer kamu. Bisa jadi port USBnya yang tidak berjalan. Dan tentunya pastikan Pentab kamu tidak rusak.

2. Ganti versie Driver

Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan mengubah versie Driver One By Wacom ke versie yang lainnya. Kamu bisa menggunakan versie yang dulu. 

Karena di beberapa kasus ada yang terbukti sukses dan bisa digunakan dengan lancar. Kamu bisa mencoba mengunduhnya secara gratis di google.

Pada permasalahan yang saya alami, cara diatas tidak work untuk laptop saya. Dimana Pentab tetap tidak ingin terhubung ketika driver sudah diinstall. Dan lampu indikator Pentabnya hanya berkedip dari yang harusnya terus stand by menyala yang artinya sudah terhubung dengan komputer.

Sudah saya cari cara mengatasinya di google dan di youtube tetap masih saja tidak bisa menemukannya, atau memang belum pernah ada orang yang mengulas permasalahan ini. 

Dan pada akhirnya saya  menemukan satu video yang dibuat oleh chanel yang tidak begitu populer atau bisa disebut oleh chanel yang upload video ala kadarnya saja yang memberi satu solusi ekstream dan sangat mudah bisa kita lakukan.

Dan cara ini terbukti sangat work untuk laptop saya, sehingga saya bisa menggunakannya dengan nyaman. Kamu jugsa bisa mencoba cara ini berikut.

1. Masuk ke Safe Mode 

Untuk masuk ke Safe Mode kita harus mematikan terlebih dahulu komputernya, kemudian nyalakan lagi dan langsung tekan-tekan tombol F8 pada keyboard sampai muncul tampilan seperti dibawah ini.



Jika kamu menggunakan OS lain mungkin untuk masuk ke Safe Mode bisa menggunakan tombol yang lain selain F8.

2. Pilih Disable Driver Signature Enforcement

Selanjutnya maka akan ada beberapa pilihan, silahkan kamu pilih Disable Driver dengan scroll kebawah dan tekan enter. Maka Komputer kamu akan langsung booting menuju tampilan windows seperti biasa. Dan pastikan Pentab kamu sudah dihubungkan terlebih dahulu dengan komputer kamu.

Dan silahkan kamu liat hasilnya. Pastikan Pentab sukses terhubung dengan komputer kamu.

Ada banyak orang yang kebingungan bagaimana cara mengatasi dimana Pentab One By Wacom tidak terdeteksi dan terhubung ketika sudah install driver. Kemudian mereka menggunakan cara ini dan terbukti ampuh. Termasuk saya.

Sayangnya untuk supaya Pentab bisa terhubung terus dengan komputer kamu, maka setiap komputer dimatikan dan dinyalakan kembali kita harus masuk ke Safe Mode lagi dan pilih lagi Disable Signature. Karena sudah saya coba jika tidak masuk ke Safe Mode lagi. Maka Pentab tidak ingin terhubung.

Nah itulah sedikit tips yang bisa kamu coba jika Pentab kamu mengalami kendala yang sama dengan saya. Sehingga kita bisa membuat design grafis dengan mudah dan nyaman kembali. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara mengatasi Pentab One By Wacom tidak terdeteksi di windows 7 setelah install driver"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel